Tentara Ukraina Semakin Lemah, Rusia Pelan Tapi Pasti Bergerak Melampaui Avdiivka
Tentara Ukraina yang ditarik mundur dari medan perang Avdiivka. Kota itu jatuh ke tangan Rusia setelah pertempuran selama empat bulan 
13:40
3 Maret 2024

Tentara Ukraina Semakin Lemah, Rusia Pelan Tapi Pasti Bergerak Melampaui Avdiivka

Pasukan Rusia dilaporkan terus merangsek ke wilayah lebih dalam Ukraina melalui Avdiivka.

Sejumlah lokasi mulai lepas pasca jatuhnya Avdiivka ke tangan Rusia pada bulan lalu.

Terus rontoknya wilayah Ukraina tersebut akibat tentara Kiev yang sudah kehabisan senjata dan mereka telah kelelahan mempertahankan wilayahnya.

The New York Times memberitakan garis parit yang jarang dan belum sempurna memenuhi wilayah barat Avdiivka yang coba dipertahankan oleh Ukraina" yang "tidak memiliki banyak benteng tambahan yang dapat membantu memperlambat tank Rusia dan membantu mempertahankan jalan-jalan utama dan medan yang penting.

Para pejabat AS mengatakan secara pribadi bahwa mereka mengkhawatirkan bahwa Ukraina tidak memperkuat garis pertahanannya dengan cukup awal atau cukup baik, dan bahwa mereka sekarang mungkin menghadapi konsekuensi ketika unit-unit Rusia maju secara perlahan tapi pasti melampaui Avdiivka.

Meski demikian, media asal AS tersebut menyebut bahwa komando Ukraina memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan pertahanan di wilayah ini.

“Tetapi pertahanan Ukraina di luar Avdiivka menunjukkan benteng dasar yang terbuat dari tanah, sering kali dilengkapi dengan parit penghubung bagi pasukan infanteri untuk mencapai posisi tembak yang paling dekat dengan musuh,” kata surat kabar itu.

Sumber NYT juga mengungkapkan bahwa para pejabat Ukraina mungkin terlalu fokus pada operasi ofensif yang gagal tahun lalu.

Menurut para pejabat AS, faktor psikologis mungkin juga mempengaruhi situasi ini.
Jika pasukan Ukraina secara intensif menambang wilayah tertentu untuk menghalangi gerak maju pasukan Rusia, maka ini merupakan pengakuan diam-diam bahwa mereka tidak mungkin melakukan operasi ofensif di wilayah yang sama di masa depan.

Namun Pasi Paroinen, seorang analis di Black Bird Group, yang menganalisis citra satelit dan konten media sosial dari medan perang, mengatakan “tidak ada hal signifikan yang terjadi” sejak kunjungan Zelenskyy.

Menurut analis tersebut, di luar Avdiivka, “ada posisi baru yang sedang dipersiapkan, namun posisi tersebut belum merupakan garis pertahanan yang tangguh” dan skalanya tidak sebanding dengan benteng Rusia di selatan Ukraina.

Sebagaimana dicatat NYT, penundaan pembangunan benteng berarti bahwa pasukan Ukraina kemungkinan besar harus memperkuat pertahanan mereka di bawah serangan Rusia, sehingga membuat tugas ini jauh lebih sulit.

Serangan Terus Terjadi

Sementara Ukrainska Pravda mengungkapkan pada Sabtu kemarin pasukan Rusia terus melakukan penyerangan.

Pasukan Rusia melakukan 22 upaya untuk menerobos pertahanan Ukraina di front Novopavlivka, dan pasukan Ukraina berhasil menggagalkan 14 serangan Rusia di front Avdiivka pada hari Sabtu (2/3/2024) petang.

Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina di Facebook menyebutkan pasukan Rusia melancarkan 1 serangan rudal dan 48 serangan udara serta mengerahkan sistem roket peluncuran ganda sebanyak 60 kali untuk menyerang posisi tentara Ukraina dan pemukiman sipil di seluruh Ukraina.

Meski dibombardir Rusia, Pasukan Ukraina mengklaim tidak ada perubahan signifikan yang terjadi di front Volyn dan Polissia.

Pada garis depan Sivershchyna dan Slobozhanshchyna, pasukan Rusia melakukan serangan udara di sekitar Svesa (Oblast Sumy); mereka juga melakukan serangan mortir dan artileri di lebih dari 30 pemukiman Ukraina, termasuk Kliusy (Oblast Chernihiv); Bachivsk, Velyka Berizka, Pokrovka, Basivka dan Pavlivka (Oblast Sumy); dan Mala Vovcha, Basove, Vovchansk, Starytsia dan Udy (Oblast Kharkiv)

Di front Kupiansk, pasukan Rusia melancarkan 4 serangan terhadap posisi Ukraina di sekitar Tabaivka (Oblast Kharkiv) dan melakukan serangan udara di dekat Berestove (juga Oblast Kharkiv). Lebih dari 15 pemukiman Ukraina, termasuk Dvorichna, Berestove dan Pishchane (Oblast Kharkiv), berada di bawah tembakan mortir dan artileri Rusia.

Di front Lyman, pasukan Ukraina berhasil menghalau 7 serangan Rusia di dekat Terny dan Yapolivka (Oblast Donetsk), di mana pasukan Rusia yang didukung pesawat berusaha menerobos pertahanan Ukraina. Sekitar 15 pemukiman Ukraina berada di bawah tembakan mortir dan artileri Rusia, termasuk Nevske dan Bilohorivka (Oblast Luhansk) dan Terny, Yapolivka, Torske dan Rozdolivka (Oblast Donetsk).

Di front Bakhmut, pasukan Ukraina berhasil menghalau 11 serangan Rusia di sekitar Bohdanivka, Ivanivske, Klishchiivka dan Andriivka (Oblast Donetsk), tempat Rusia berupaya meningkatkan posisi taktis mereka. Pesawat Rusia menyerang daerah di sekitar Pivnichne (Oblast Donetsk), dan lebih dari 10 pemukiman sipil berada di bawah tembakan artileri dan mortir Rusia, termasuk Chasiv Yar, Andriivka dan Vasiukivka (Oblast Donetsk).

Di front Avdiivka, pasukan Ukraina berhasil menghalau 14 serangan Rusia di dekat Berdychi, Orlivka, Tonenke dan Nevelske (Oblast Donetsk).

Pasukan Rusia melakukan serangan udara di sekitar New-York (Oblast Donetsk) dan mengerahkan mortir dan artileri untuk menyerang sekitar 15 pemukiman sipil, termasuk Kostiantynivka, Novobakhmutivka, Krasnohorivka, Orlivka dan Pervomaiske (Donetsk Oblast).

Di front Novopavlivka, pasukan Ukraina terus menahan Rusia di sekitar Krasnohorivka, Heorhiivka, Pobieda dan Novomykhailivka (Oblast Donetsk), di mana pasukan Rusia melakukan 22 upaya untuk menerobos pertahanan Ukraina.

Pasukan Rusia melakukan serangan udara di sekitar Heorhiivka, Vodiane, Urozhaine dan Bohoiavlenka (Oblast Donetsk) dan menggunakan mortir dan artileri untuk menyerang lebih dari 20 pemukiman sipil, termasuk Krasnohorivka, Heorhiivka, Paraskoviivka, Kostiantynivka, Vuhledar dan Blahodatne (Oblast Donetsk).

Di front Orikhiv, pasukan Rusia melakukan serangan yang gagal di dekat Robotyne (Oblast Zaporizhzhia) dan mengerahkan pesawat untuk menyerang daerah di sekitar Staromaiorske (Oblast Donetsk) dan Verbove, Mala Tokmachka dan Robotyne (Oblast Zaporizhzhia). Sekitar 20 pemukiman sipil, termasuk Huliaipole, Malynivka, Mala Tokmachka, Rivnopil dan Piatykhatky

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #tentara #ukraina #semakin #lemah #rusia #pelan #tapi #pasti #bergerak #melampaui #avdiivka

KOMENTAR