Panik, Jerman Janji Usut Rekaman Suara yang Bocor soal Rencana Bombardir Jembatan Krimea Rusia
Kanselir Jerman Olaf Scholz memberikan pernyataan pers di Kantor Kanselir di Berlin pada 15 November 2023 setelah pengadilan tinggi Jerman memutuskan menentang pemerintah dalam kasus yang berpusat pada apakah pemerintah telah melanggar aturan utang. 
13:00
3 Maret 2024

Panik, Jerman Janji Usut Rekaman Suara yang Bocor soal Rencana Bombardir Jembatan Krimea Rusia

Kanselir Jerman, Olaf Scholz berjanji akan segera melakukan penyelidikan terkait rekaman suara rahasia militer mengenai perang Ukraina yang beredar di media sosial Rusia.

Dengan tersebarnya rekaman tersebut, membuat Jerman malu.

Dalam kunjungannya ke Roma, Scholz mengatakan kebocoran tersebut dalam kondisi yang sangat serius dan saat ini penyelidikan sedang dilakukan.

"Sekarang sedang diklarifikasi dengan sangat hati-hati, sangat intensif dan sangat cepat," katanya, dikutip dari The Guardian.

Dalam rekaman suara yang berdurasi 38 menit dan bertanggal 19 Februari, mengungkapkan para petugas mendiskusikan rincian operasional dan penargetan rudal jarak jauh Taurus buatan dalam negeri, yang sedang dipertimbangkan Jerman untuk dikirim ke Ukraina, dikutip dari Al Mayadeen.

Para petugas juga membahas cara untuk mempertahankan penyangkalan yang masuk akal.

Tujuannya agar Jerman dapat menyentuh 'garis merah' tanpa melewatinya secara langsung.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Jerman mengatakan kepada Agence France-Presse, saat ini belum bisa memastikan keaslian rekaman suara tersebut.

“Saat ini kami belum bisa memastikan apakah ada perubahan pada versi rekaman atau transkripsi yang beredar di media sosial,” kata mereka.

Tanggapan Pejabat Rusia

Mengetahui rekaman audio tersebut bocor, Kementerian Luar Negeri Rusia menuntut Jerman menjelaskan kebenarannya.

“Kami menuntut penjelasan dari Jerman," tegasnya.

Sementara Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan rekaman tersebut menargetkan kekalahan Rusia.

"Ukraina dan para pendukungnya tidak ingin mengubah arah mereka sama sekali, dan ingin memberikan kekalahan strategis pada Rusia di medan perang," katanya.

Menurut mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev, yang sekarang menjadi wakil ketua Dewan Keamanan, saat ini Jerman akan kembali menjadi musuh Rusia.

“Saingan lama kami Jerman kembali berubah menjadi musuh bebuyutan kami," katanya.

Tanggapan Pejabat Jerman

Ketua komite pertahanan di parlemen Jerman, Marie Agnes Strack Zimmerman mengatakan saat ini Jerman hanya akan meningkatkan keamanannya.

“Kami sangat perlu meningkatkan keamanan dan kontra intelijen, karena kami jelas rentan di wilayah ini,” katanya kepada kelompok media Funke.

Sementara perwakilan kelompok oposisi konservatif Jerman, Roderich Kiesewetter menuduh Rusia menggunakan mata-mata dalam peperangan ini.

"Rusia tentu saja menunjukkan betapa besarnya penggunaan spionase dan sabotase sebagai bagian dari perang hibrida,” katanya.

Ia juga memperingatkan bahwa akan ada kemungkinan rekaman audio lainnya yang akan bocor.

“Diperkirakan akan lebih banyak lagi yang disadap dan dibocorkan untuk mempengaruhi keputusan, mendiskreditkan dan memanipulasi orang," jelasnya.

(Tribunnews.com/Farrah Putri)

Artikel Lain Terkait Konflik Rusia vs Ukraina

Editor: Sri Juliati

Tag:  #panik #jerman #janji #usut #rekaman #suara #yang #bocor #soal #rencana #bombardir #jembatan #krimea #rusia

KOMENTAR