Seekor Orca Terlihat Memangsa Hiu Putih Besar di Lepas Pantai Afrika Selatan
Seekor Orca Terlihat Membunuh Hiu Putih Besar Di Lepas Pantai Afrika Selatan./Sumber Foto: The Guardian
20:18
2 Maret 2024

Seekor Orca Terlihat Memangsa Hiu Putih Besar di Lepas Pantai Afrika Selatan

 

 - Telah terjadi peristiwa besar yang membuat para ilmuwan terkejut, dimana dalam waktu kurang dari dua menit, seekor paus pembunuh (Orca) menyerang dan memakan hiu putih besar sebelum berenang dengan hati korban di mulutnya.

Dilansir dari The Guardian, Sabtu (2/3), para ahli mengatakan peristiwa di lepas pantai Teluk Mossel di Afrika Selatan memberikan wawasan baru mengenai perilaku predator orca.

Meskipun orca sebelumnya telah didokumentasikan berburu hiu, lumba-lumba, dan bahkan paus sendirian, peristiwa yang baru dilaporkan ini diperkirakan merupakan pertama kalinya seekor orca memburu ikan predator terbesar di dunia.

“Paus pembunuh, atau orca, biasanya bekerja sama saat berburu, meski mereka bisa berburu sendirian,” kata Dr Alison Towner, dari Rhodes University, yang memimpin penelitian mengenai penemuan tersebut.

“Aspek yang tidak biasa adalah menyaksikan Starboard, paus pembunuh, berburu hiu putih sendirian dan dalam jangka waktu yang sangat cepat,” tambahnya.

Peristiwa yang terjadi pada 18 Juni 2023 ini didokumentasikan dalam African Journal of Marine Science, ini adalah urutan yang tidak akan keluar dari tempatnya dalam film Spielberg.

Tim melaporkan bagaimana sebuah kapal diluncurkan tak lama setelah jam 2 siang sebagai tanggapan atas penampakan Starboard dan paus pembunuh lainnya yang dikenal sebagai Port.

Saat kapal melintasi air untuk mengikuti pasangan tersebut, para peneliti menggambarkan bagaimana bau hati ikan hiu dan pemandangan burung camar rumput laut yang sedang menyelam mengindikasikan adanya pembunuhan baru-baru ini.

Serangan selanjutnya terjadi dengan cepat, yaitu pada pukul 15.02 seekor hiu putih remaja muncul di permukaan air, Starboard muncul tepat setelahnya.

Paus tersebut mencengkeram sirip dada kiri hiu dan mendorong ke depan bersama hiu tersebut beberapa kali sebelum akhirnya mengeluarkan isi perutnya”, kata laporan tersebut.

“Beberapa menit kemudian Starboard terlihat dengan sepotong hati berdarah berwarna peach di mulutnya,” tambahnya.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #seekor #orca #terlihat #memangsa #putih #besar #lepas #pantai #afrika #selatan

KOMENTAR