Jelang Festival Diwali, Maskapai India Terima Ratusan Ancaman Bom Palsu
Sebuah pesawat Air India bersiap mendarat di Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji Maharaj di Mumbai 
10:20
27 Oktober 2024

Jelang Festival Diwali, Maskapai India Terima Ratusan Ancaman Bom Palsu

 - Maskapai penerbangan India mengonfirmasi bahwa pihaknya telah menerima lebih dari 100 ancaman bom palsu, selama rentang waktu beberapa hari sebelum festival terbesar yaitu 'Diwali' berlangsung.

Ancaman tersebut mengakibatkan maskapai penerbangan India untuk menunda, mengubah rute dan melakukan pendaratan darurat sehingga menyebabkan kekacauan besar bagi industri penerbangan India.

Sanjay Lazar, seorang pakar penerbangan dan mantan awak Air India mengatakan, ancaman bom di penerbangan itu pertama kali dimulai sejak pertengahan Oktober.

"kami telah [menerima] 150 hingga 160 ancaman", kata Sanjay Lazar, mengutip CNN Word, Minggu (27/10/2024).

Ancaman bom palsu bukanlah fenomena baru di India – beberapa bandara menerima ancaman serupa pada bulan April dan Juni tahun ini. Namun, frekuensi dan tingkat gangguan yang terjadi dalam dua minggu terakhir ini belum pernah terjadi sebelumnya, sehingga para penyelidik harus berjuang keras untuk menentukan siapa yang berada di balik ancaman tersebut.

Polisi di Mumbai mengatakan Selasa lalu bahwa mereka telah menangkap seorang anak di bawah umur yang diduga mengunggah ancaman terhadap IndiGo Airlines di X, yang sebelumnya bernama Twitter. Polisi juga sedang memeriksa anak di bawah umur tersebut.

"Ada kemungkinan ia berperan dalam hal ini," kata seorang juru bicara.

Meski begitu, tidak ada penangkapan lebih lanjut yang dilakukan, dan lebih banyak ancaman telah masuk meskipun pihak berwenang meningkatkan langkah-langkah keamanan, mengancam hukuman hukum, menenangkan maskapai penerbangan, dan meyakinkan penumpang yang panik.


Menteri Penerbangan Sipil Kinjarapu Ram Mohan Naidu mengatakan "Meskipun ada ancaman palsu, kami tidak dapat menganggap enteng situasi ini," kata dia dalam konferensi pers pada hari Senin.

"Keselamatan dan keamanan orang-orang serta perjalanan yang nyaman ... selalu menjadi prioritas utama kami."

Epidemi ancaman palsu telah menargetkan penerbangan internasional dan domestik, yang menyebabkan kekacauan dalam perjalanan jarak jauh menuju tempat-tempat seperti New York. Meskipun satu penangkapan telah dilakukan minggu lalu,  pihak berwenang berjanji untuk menghukum pelaku dengan kemungkinan hukuman penjara, serentetan ancaman terus berlanjut, sering kali dikirim melalui email dan unggahan media sosial.

Satu maskapai penerbangan saja, perusahaan berbiaya rendah IndiGo Airlines, menerima hampir 30 ancaman bom dalam empat hari sejak Minggu, menurut pernyataan maskapai tersebut. Maskapai penerbangan India lainnya, termasuk Akasa Airlines, SpiceJet, dan Alliance Air, juga terkena dampaknya.

Hoaks yang paling terkenal menargetkan Air India minggu lalu, satu penerbangan menuju Chicago terpaksa melakukan pendaratan darurat di kota paling utara Kanada di Kutub Utara, sementara penerbangan lain menuju Singapura harus dikawal oleh jet tempur Singapura, dengan regu penjinak bom menunggu di bandara.

Dengan waktu kurang dari seminggu hingga Diwali, festival cahaya yang memicu lonjakan perjalanan setiap tahun karena jutaan warga India bepergian dengan pesawat domestik dan para anggota diaspora pulang dari luar negeri para ahli khawatir bahwa berita palsu yang terus berlanjut dapat menyebabkan kekacauan dalam perjalanan.

Editor: Sanusi

Tag:  #jelang #festival #diwali #maskapai #india #terima #ratusan #ancaman #palsu

KOMENTAR