Israel Bunuh 3 Wartawan Dengan Mengebom Bangunan Tempat Menginap, Dianggap Berpihak Pada Hizbullah
12:00
26 Oktober 2024

Israel Bunuh 3 Wartawan Dengan Mengebom Bangunan Tempat Menginap, Dianggap Berpihak Pada Hizbullah

Tiga orang jurnalis tewas setelah bangunan yang mereka tinggali saat bertugas dibom oleh Israel ada Jumat (25/10/2024) pagi.

Pasukan Israel atau IDF mengakui telah membunuh para wartawan tersebut karena menganggap media mereka berat sebelah.

Wissam Qassem, reporter outlet berita Lebanon Al Manar, serta dua jurnalis saluran TV Lebanon Al Mayadeen, Ghassan Najjar dan Mohamed Reda.

Pondokan mereka dihajar dengan roket saat sedang tidur di wilayah Hasbaya, Lebanon selatan.

Serangan dilakukan oleh serangan udara IDF yang menghantam pondokan yang digunakan oleh 18 orang jurnalis. Saat peristiwa tersebut, mereka sedang tidur.

Selain tiga wartawan tersebut, sejumlah jurnalis lainnya mengalami luka-luka demikian lapor Al Jazeera.

Mereka berasal dari sejumlah media antara lain Al Jazeera, Sky News Arabia dan TRT. Para wartawan ini sedang meliput peperangan Hizbullah-Israel.


Para wartawan pindah ke tempat perlindungan itu karena meningkatnya pemboman Israel di akomodasi mereka sebelumnya, menurut pernyataan dari bos mereka.

Serangan itu dilaporkan terjadi sekitar pukul 3 pagi waktu setempat (tengah malam GMT) saat para wartawan sedang tidur. 

Reporter di tempat kejadian mengatakan serangan itu secara khusus menghantam chalet tempat para wartawan Al Mayadeen dan Al Manar tinggal. Israel menganggap kedua outlet berita itu berpihak pada Hizbullah.

Rekaman dari lokasi kejadian menunjukkan bangunan-bangunan yang runtuh dan mobil-mobil yang rusak, yang diparkir di depan lokasi tersebut, beberapa di antaranya bertuliskan ‘Pers.’

Menteri Informasi Lebanon Ziad Makary telah mengutuk serangan udara tersebut, dan menyebutnya sebagai “kejahatan perang.”

“Ini adalah pembunuhan, setelah pemantauan dan pelacakan, dengan perencanaan dan persiapan sebelumnya, karena ada 18 wartawan yang hadir di lokasi tersebut yang mewakili tujuh lembaga media,” tulisnya di X (sebelumnya Twitter).

Serangan itu terjadi setelah serangan udara Israel menghancurkan kantor Al Mayadeen di pinggiran selatan Beirut pada hari Rabu. 

Api yang terekam di langit Teheran, Iran yang muncul setelah terdengar ledakan pada Sabtu (26/10/2024) dini hari. Api yang terekam di langit Teheran, Iran yang muncul setelah terdengar ledakan pada Sabtu (26/10/2024) dini hari. (X)

Bangunan tersebut telah dievakuasi. Tahun lalu, dua wartawan saluran tersebut tewas dalam serangan udara Israel saat meliput di Lebanon selatan.

Juga pada hari Jumat, misi penjaga perdamaian PBB di Lebanon menyatakan bahwa pasukan Israel telah menembaki pasukan mereka di sebuah pos pengamatan di Dhayra selatan, yang memaksa mereka meninggalkan lokasi tersebut.

Setidaknya 125 jurnalis telah tewas dalam perang Israel di Gaza selama setahun terakhir, menurut Komite Perlindungan Jurnalis.

Pada hari Rabu, Israel menuduh enam jurnalis yang bekerja untuk Al Jazeera di Gaza sebagai anggota Hamas dan Jihad Islam Palestina. 

Jaringan tersebut membantah tuduhan tersebut sebagai "tidak berdasar" dan menyerukan masyarakat internasional untuk melindungi para reporter tersebut.

Israel melancarkan serangan besar-besaran di Lebanon sebulan yang lalu, menghantam Beirut dengan gelombang serangan udara, termasuk satu serangan yang menewaskan pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah. Pasukan Pertahanan Israel juga telah melancarkan serangan darat ke negara tersebut.

Menurut Kementerian Kesehatan Lebanon, jumlah korban tewas akibat serangan Israel telah melampaui 2.500 orang.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #israel #bunuh #wartawan #dengan #mengebom #bangunan #tempat #menginap #dianggap #berpihak #pada #hizbullah

KOMENTAR