Detik-Detik Helikopter Ka-29 Rusia Kejar USV Maritim MAGURA Ukraina di Dekat Krimea
Tangkapan layar helikopter Ka-29 Rusia kejar USV Ukraina, MAGURA V5 
17:30
25 Oktober 2024

Detik-Detik Helikopter Ka-29 Rusia Kejar USV Maritim MAGURA Ukraina di Dekat Krimea

Sebuah video memperlihatkan aksi pengejaran helikopter Ka-29 Rusia terhadap unmanned surface vehicle (USV) atau drone kapal Ukraina, yang dilaporkan berjenis MAGURA.

Mengutip Kyiv Post, video tersebut dibagikan oleh koresponden militer Ukraina, Andrii Tsaplienko, yang ia peroleh dari channel Telegram Rusia.

Insiden yang kemungkinan terjadi di dekat Krimea ini melibatkan empat USV Ukraina, menurut laporan.

Drone kapal MAGURA yang dimaksud dalam video tersebut telah dimodifikasi dan dipersenjatai dengan rudal udara R-73.

Namun, drone tersebut tidak dapat menembakkan rudal dari jarak dekat.

Sebagaimana dijelaskan oleh saluran YouTube LampInfo, rudal R-73 memiliki "zona mati" sekitar 300 meter.

Artinya, drone tersebut tidak dapat menyerang target dalam jarak tersebut.

Tangkapan layar helikopter Ka-29 Rusia kejar USV Ukraina, MAGURA V5 Tangkapan layar helikopter Ka-29 Rusia kejar USV Ukraina, MAGURA V5 (Telegram Andrii Tsaplienko)

Jika helikopter Rusia berada dalam jarak lebih dari 300 meter, helikopter tersebut berpotensi berada dalam jangkauan tembakan rudal.


Selama pengejaran, helikopter Ka-29 Rusia terlihat menembakkan seluruh persenjataannya, termasuk yang dilaporkan sebagai senapan mesin 7,62 mm, meriam otomatis GSHG-7,62, dan meriam penerbangan GSH-23L 23 mm.

MAGURA V5 (Maritime Autonomous Guard Unmanned Robotic Apparatus) adalah kendaraan permukaan tanpa awak Ukraina yang digunakan untuk pengintaian dan penghancuran target musuh.

Drone ini diketahui digunakan oleh Direktorat Intelijen Utama (HUR) Kementerian Pertahanan, khususnya oleh unit khusus "Group13."

MAGURA V5 mampu melakukan berbagai operasi maritim, termasuk misi pengawasan, pengintaian, patroli, dan pertempuran.

Kendaraan permukaan nirawak (USV) ini memiliki panjang 5,5 meter dan lebar 1,5 meter, dengan kecepatan jelajah 40,7 kilometer per jam, kecepatan maksimum 77,8 kilometer per jam, dan jangkauan sekitar 833 kilometer.

Berkat lambung hidrodinamis dan kemampuan manuvernya, MAGURA V5 menunjukkan kemampuan siluman.

Sebuah studi oleh ilmuwan Polandia menyimpulkan bahwa drone MAGURA V5 Ukraina mampu menghancurkan lebih banyak kapal Rusia dibandingkan drone angkatan laut lainnya dalam Perang Rusia-Ukraina.

Keberhasilan MAGURA V5 Menyerang Kapal Rusia

Mengutip The War Zone, pada 1 Februari 2024, beberapa drone MAGURA V5 menyerang dan menenggelamkan korvet rudal kelas Tarantul-III, Ivanovets, milik Rusia di Laut Hitam dekat Danau Donuzlav di Krimea.

MAGURA V5 MAGURA V5 (Militer Ukraina)

Kemudian, pada 14 Februari 2024, beberapa drone MAGURA V5 digunakan untuk menyerang dan menenggelamkan kapal pendaratan besar Tsezar Kunikov di dekat Alupka di Krimea, lapor BBC.

Tenggelamnya kapal tersebut telah dikonfirmasi oleh sumber-sumber Rusia.

Pada 5 Maret 2024, drone MAGURA V5 digunakan dalam serangan yang menenggelamkan kapal patroli Sergey Kotov di dekat Selat Kerch, lapor Reuters.

Pada 30 Mei 2024, Direktorat Utama Intelijen mengonfirmasi penghancuran dua kapal Rusia jenis KC-701 Tuna dengan bantuan drone serang laut MAGURA V5.

Terbaru, pada 10 Agustus 2024, drone ini menghancurkan kapal cepat Rusia KS-701 Tunets di dekat pemukiman Chornomorske, menurut media Ukraina, Ukrainska Pravda.

(Tribunnews.com, Tiara Shelavie)

Editor: Sri Juliati

Tag:  #detik #detik #helikopter #rusia #kejar #maritim #magura #ukraina #dekat #krimea

KOMENTAR