Perang Rusia-Ukraina Hari ke-732: Inggris, Italia, Kanada Kembali Bantu Zelensky
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memberi isyarat saat ia menyampaikan konferensi pers akhir tahun di Kyiv pada 19 Desember 2023. --- Berikut ini update perang Rusia-Ukraina hari ke-732. 
10:10
25 Pebruari 2024

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-732: Inggris, Italia, Kanada Kembali Bantu Zelensky

Berikut ini perkembangan terkini perang Rusia dan Ukraina hari ke-732 pada Minggu (25/2/2024).

Pertempuran skala besar terus berlanjut di sepanjang garis depan, ketika Rusia terus berusaha untuk maju setelah mencaplok Avdiivka di Ukraina timur.

Meskipun peningkatan jumlah serangan terlihat di hampir semua arah, wilayah Marinka adalah yang terpanas.

Hari ini pukul 03.00 waktu setempat, tujuh drone penyerang Rusia kembali terlihat di langit Ukraina.

Mereka terbang di atas wilayah Kirovograd, Nikolaev dan Zaporozhye.

Sebelumnya, pukul 00.00 waktu setempat, beberapa UAV terdeteksi di wilayah udara Ukraina di wilayah Dnepropetrovsk, tetapi bergerak ke arah yang berbeda yaitu ke utara dan timur, dikutip dari Telegraf.

Inggris Habiskan 280 Juta Euro untuk Ukraina

Inggris mengalokasikan 280 juta Euro untuk pembelian amunisi dan merevitalisasi rantai pasokan senjata untuk Ukraina yang menipis.

“Ukraina tidak akan mampu memenangkan perang melawan Federasi Rusia tanpa dukungan komunitas internasional," kata Menteri Pertahanan Inggris, Grant Shepps, Sabtu (24/2/2024).

"Itulah sebabnya kami terus melakukan segala kemungkinan agar Angkatan Bersenjata dapat berjuang untuk meraih kemenangan," lanjutnya.

Ia mengaku ingin membantu Ukraina mengalahkan Rusia.

"Bersama-sama, kita akan memastikan kekalahan Putin dan kemenangan demokrasi, tatanan internasional, dan rakyat Ukraina," tambahnya, dikutip dari Suspilne.

Pemerintah Inggris juga menandatangani kontrak bernilai jutaan dolar antara badan pengadaan Kementerian Pertahanan dan perusahaan Inggris, Cook Defense Systems.

Kontrak itu bertujuan untuk pembelian ratusan suku cadang untuk perbaikan tank Ukraina dan kendaraan lapis baja lainnya.

Komisi Eropa Beri Sinyal Aksesi Ukraina ke UE

Komisi Eropa akan memberikan kerangka umum kondisi untuk dimulainya negosiasi dengan Ukraina mengenai keanggotaan Uni Eropa pada pertengahan Maret 2024.

"Kami telah memulai proses penyaringan. Ada banyak pekerjaan dan jadwal yang panjang. Saya mendorong Anda untuk mengikuti rekomendasi Komisi Eropa. Untuk bagiannya, Komisi Eropa akan memberikan kerangka umum untuk negosiasi aksesi Ukraina pada pertengahan Maret," kata Ketua Komisi Eropa, von der Leyen, di Ukraina, Sabtu.

Ia mengatakan Ukraina akan menerima tahap pertama sebesar 4,5 miliar euro dalam program empat tahun sebesar 50 miliar euro dari UE pada Maret 2024.

Zelensky Jalin Perjanjian Keamanan dengan Kanada dan Italia

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, dan Perdana Menteri Italia, Giorgia Meloni, menandatangani perjanjian keamanan bilateral antar pada Sabtu.

Zelensky juga menandatangani perjanjian bilateral di bidang keamanan dengan Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau.

Menurutnya, dokumen-dokumen ini memberikan landasan yang kuat bagi kemitraan keamanan jangka panjang antar negara.

Perjanjian keamanan dengan Italia menetapkan komponen utama kewajiban keamanan Italia, khususnya mengenai bantuan militer dan keuangan jangka panjang selama masa berlakunya (10 tahun — red).

Sementara itu, Kanada akan menyediakan lebih dari 3 miliar dolar Kanada dalam bentuk bantuan keuangan makro dan pertahanan ke Ukraina oleh Kanada pada tahun 2024.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Berita lain terkait Rusia dan Ukraina

Editor: Nanda Lusiana Saputri

Tag:  #perang #rusia #ukraina #hari #inggris #italia #kanada #kembali #bantu #zelensky

KOMENTAR