Harapan AS Bisa Damaikan Israel dengan Hamas dan Hizbullah, Tak Dukung Serangan IDF ke Lebanon
Gambar yang diambil dari kota selatan Tyre ini menunjukkan asap mengepul dari lokasi serangan udara Israel yang menargetkan desa Rmadiyeh di selatan Lebanon, pada 7 Oktober 2024. - Tentara Israel mengatakan pada 7 Oktober bahwa mereka telah mengerahkan divisi lain untuk berpartisipasi dalam operasi di Lebanon -- menjadikannya pengelompokan pasukan ketiga dengan kekuatan divisi yang digunakan dalam pertempuran darat melawan Hizbullah. (Photo by KAWNAT HAJU / AFP) 
11:10
24 Oktober 2024

Harapan AS Bisa Damaikan Israel dengan Hamas dan Hizbullah, Tak Dukung Serangan IDF ke Lebanon

Penasihat Komunikasi Keamanan Nasional AS, John Kirby mengatakan, pemerintahan Presiden Joe Biden tidak akan terlibat dalam upaya diplomatik bila tidak ada peluang gencatan senjata di Gaza dan Lebanon.

Seperti yang diketahui, saat ini Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken tengah melakukan perjalanan ke Timur Tengah untuk mendamaikan Israel dengan Hamas dan Hizbullah.

Di Timur Tengah, Blinken melakukan pertemuan dengan para pejabat Israel.

Blinken juga bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman untuk membahas upaya gencatan senjata di Gaza dan Lebanon.

Kirby menolak menjelaskan secara rinci tentang pertemuan Blinken dengan pejabat Israel itu.

Akan tetapi, Kirby mengatakan "mereka melakukan percakapan yang baik dan konstruktif, khususnya terkait Gaza saat dia berada di Israel".

"Tetapi masih banyak pekerjaan yang harus kita lakukan," tambahnya, dikutip dari The Jerusalem Post.

Ketika ditanya apakah pemerintah masih menggambarkan serangan Israel di Lebanon sebagai serangan yang ditargetkan, Kirby menjawab bahwa dirinya tak akan "memberikan skor" di setiap serangan yang dilakukan Israel.


Israel, kata Kirby, memiliki hak untuk mempertahankan diri terhadap ancaman yang masih ditimbulkan Hizbullah terhadap rakyat Israel.

Kirby juga mengatakan bahwa pemerintah tidak mendukung serangan harian ke wilayah yang padat penduduk dan hal itu "masih terjadi hingga saat ini".

"Kami masih melancarkan serangan harian ke daerah-daerah yang padat penduduk, dan kami telah melakukan pembicaraan itu," kata Kirby.

"Menteri Blinken telah melakukan pembicaraan yang sama ketika ia berada di Israel selama beberapa hari terakhir. Kami akan terus mendesak Israel mengenai hal itu," lanjutnya.

Lalu ketika ditanya mengenai dukungan berkelanjutan pemerintah terhadap operasi Israel di Gaza, Kirby menjawab pihaknya pun telah memperingatkan Israel tentang korban sipil.

"Kami tetap mendesak Israel untuk selalu waspada, selalu waspada, terhadap korban sipil dan kerusakan infrastruktur sipil, dan kami akan terus bekerja sama dengan mereka untuk mencapai tujuan itu," tegasnya.

Dukungan Prancis kepada Lebanon

Negara-negara adikuasa bertemu di Paris pada hari Kamis dengan tujuan untuk memberikan bantuan kemanusiaan mendesak ke Lebanon, dukungan kepada pasukan keamanannya, dan mendorong gencatan senjata.

Akan tetapi, AS fokus pada usahanya sendiri, para diplomat mengatakan mereka mengharapkan sedikit kemajuan konkret.

Prancis memiliki hubungan historis dengan Lebanon dan telah bekerja sama dengan Washington dalam upaya mengamankan gencatan senjata.

Namun pengaruhnya terbatas sejak Israel melancarkan serangan besar-besaran terhadap Hizbullah yang didukung Iran pada bulan September yang mengakibatkan ribuan orang mengungsi dan lebih dari 2.000 orang tewas.

Dikutip dari Reuters, Paris tergesa-gesa menyelenggarakan konferensi tersebut sebagai sarana untuk menunjukkan pengaruhnya masih besar di bekas protektoratnya.

Tetapi meski ada 70 delegasi dan 15 organisasi internasional yang hadir, hanya sedikit menteri utama yang hadir.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken memilih untuk melakukan lawatan terakhir ke Timur Tengah sebelum pemilihan bulan depan dan akan melewatkan pertemuan di Paris meskipun berada di London pada hari Jumat, dan malah mengirim seorang wakil untuk menggantikannya.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud, yang negaranya enggan terlibat di Lebanon, juga tidak akan hadir.

Menurut dokumen kerangka kerja yang dikirimkan kepada delegasi, konferensi tersebut bertujuan untuk menegaskan kembali perlunya menghentikan permusuhan berdasarkan resolusi 1701 Dewan Keamanan PBB tahun 2006.

Dengan resolusi itu, Prancis menyerukan agar Lebanon selatan bebas dari pasukan atau senjata apa pun selain milik negara.

Lebanon juga ingin memobilisasi masyarakat internasional untuk membantu 500.000-1 juta orang yang mengungsi.

Lebanon mengatakan bahwa mereka membutuhkan $250 juta per bulan untuk mengatasi krisis ini.

Ia juga akan berupaya meningkatkan dukungan bagi Angkatan Bersenjata Lebanon (LAF), yang dianggap sebagai penjamin stabilitas internal, tetapi juga penting untuk pelaksanaan 1701.

Itu berpusat pada memastikan gaji dibayarkan, makanan dan perlengkapan medis disediakan, serta peralatan dan pelatihan diberikan dengan tujuan LAF meningkatkan jumlahnya dan akhirnya dikerahkan ke selatan, kata para pejabat.

Tim penyelamat berada di Kota Nabatiyeh, Lebanon, yang diserangan Israel pada hari Rabu, (16/10/2024). Tim penyelamat berada di Kota Nabatiyeh, Lebanon, yang diserangan Israel pada hari Rabu, (16/10/2024). (The Times of Israel / AFP / Abbas Fakih)

"Penting bagi kita untuk mampu maju dan memberikan tanggapan yang konkret," kata seorang pejabat kepresidenan Prancis kepada wartawan menjelang konferensi.

Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati dan menteri utama yang terlibat dalam upaya bantuan akan datang, tetapi baik Israel, yang Perdana Menterinya Benjamin Netanyahu mengkritik inisiatif tersebut, maupun Iran tidak diundang.

Paris juga mendesak para aktor Lebanon -- meskipun ada keengganan dari beberapa pihak -- untuk membantu dengan memajukan pemilihan presiden guna mengisi kekosongan kekuasaan selama dua tahun sebelum gencatan senjata.

Apa yang dapat dicapai di bidang politik masih belum jelas, kata para diplomat, meskipun Prancis memuji kontak langsungnya dengan Hizbullah dan Iran sebagai keuntungan penting dibandingkan upaya mediasi AS.

Koordinasi antara Paris dan Washington sangatlah rumit.

Utusan khusus AS, Amos Rothstein berada di Beirut pada hari Senin dan mengatakan bahwa AS sedang menyusun formula untuk mengakhiri perang untuk selamanya.

Pihaknya juga menyarankan bahwa sekadar berkomitmen pada resolusi PBB sebelumnya tidak akan cukup.

Ia tidak menyebutkan Paris, meskipun Rothstein bertemu dengan penasihat diplomatik Presiden Emmanuel Macron pada hari Rabu.

"Prancis menginginkan gencatan senjata dan yakin bahwa Hizbullah tidak akan dilenyapkan. Prancis tidak ingin kehilangan apa yang telah diinvestasikannya dalam hubungan ini," kata seorang diplomat Timur Tengah.

"AS menginginkan penghancuran Hizbullah dan mendorong Israel untuk bertindak lebih jauh," lanjutnya.

Para pejabat Eropa mengkritik bahwa Washington tidak menyerukan gencatan senjata segera dan khawatir pemerintah tidak akan mengubah posisi itu sebelum pemilu pada tanggal 5 November.

"Tidak jelas apa yang ingin dicapai Prancis dengan (konferensi) ini," kata seorang diplomat Barat.

"Prancis geram dengan AS karena membiarkan operasi Israel berlanjut dan AS ingin menjaga jarak dengan Prancis," ungkapnya.

(Tribunnews.com/Whiesa)

Editor: Sri Juliati

Tag:  #harapan #bisa #damaikan #israel #dengan #hamas #hizbullah #dukung #serangan #lebanon

KOMENTAR