FBI Selidiki Kebocoran Intelijen Terkait Rencana Israel untuk Serang Iran, Apa Itu 'Five Eyes'?
Foto logo Biro Investigasi Federal AS (FBI) 
23:30
23 Oktober 2024

FBI Selidiki Kebocoran Intelijen Terkait Rencana Israel untuk Serang Iran, Apa Itu 'Five Eyes'?

Federal Bureau of Investigation atau disingkat FBI menyelidiki kebocoran intelijen terkait rencana Israel untuk menyerang Iran.

Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih, John Kirby mengatakan pemerintahan Biden tidak yakin apakah kebocoran atau peretasan menyebabkan dokumen rahasia muncul secara daring di Telegram.

FBI telah meluncurkan penyelidikan terhadap rilis tidak sah dokumen rahasia yang menjelaskan persiapan Israel untuk kemungkinan serangan balasan terhadap Iran.

Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih, John Kirby, mengatakan pada hari Senin bahwa pemerintahan Biden masih belum yakin apakah informasi rahasia tersebut bocor atau diretas.

Tetapi para pejabat belum memiliki indikasi apa pun pada saat ini tentang "dokumen tambahan seperti ini yang masuk ke domain publik".

 

 


 

 

FBI mengonfirmasi penyelidikan tersebut untuk pertama kalinya pada hari Selasa dan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka "bekerja sama erat dengan mitra kami di Departemen Pertahanan dan Komunitas Intelijen". Mereka tidak memberikan komentar lebih lanjut .

Dokumen-dokumen tersebut dikaitkan dengan Badan Intelijen Geospasial Nasional dan Badan Keamanan Nasional dan mencatat bahwa Israel masih memindahkan aset militer ke suatu tempat untuk melakukan serangan militer sebagai tanggapan atas serangan rudal balistik Iran pada tanggal 1 Oktober. 

Dokumen-dokumen tersebut dapat dibagikan dalam "Five Eyes", aliansi intelijen yang terdiri dari AS, Inggris Raya, Kanada, Selandia Baru, dan Australia.

Ditandai sebagai rahasia tingkat tinggi, dokumen tersebut pertama kali muncul secara daring pada hari Jumat pada aplikasi perpesanan Telegram dan dengan cepat menyebar di antara saluran Telegram yang populer di kalangan warga Iran.

Dokumen pertama berjudul “Israel: angkatan udara melanjutkan persiapan untuk menyerang Iran dan melakukan latihan pengerahan pasukan besar kedua” dan yang kedua berjudul “Israel: pasukan pertahanan melanjutkan persiapan amunisi utama dan aktivitas UAV rahasia yang hampir pasti untuk menyerang Iran”.

Kirby mengatakan pada hari Senin bahwa pemerintahan Biden tetap “sangat terganggu” oleh rilis yang tidak sah tersebut.


AS Selidiki Kebocoran Rencana Balasan Israel

Pemerintah AS sedang menyelidiki pelepasan dokumen rahasia yang tidak sah yang merinci rencana Israel untuk potensi serangan militer terhadap Iran, menurut Ketua DPR Mike Johnson.

Dokumen tersebut, yang dikaitkan dengan Badan Intelijen Geospasial Nasional (NGA) dan Badan Keamanan Nasional (NSA), diunggah di saluran Telegram bernama “Middle East Spectator” minggu lalu dan menilai pergerakan militer Israel dalam menanggapi serangan rudal Iran pada tanggal 1 Oktober.

Dokumen yang bocor, yang ditandai sebagai "Sangat Rahasia," menunjukkan bahwa Israel telah menempatkan kembali aset militernya, mungkin sebagai persiapan untuk serangan balasan terhadap Iran

Materi-materi ini dilaporkan dibagikan dalam aliansi intelijen "Five Eyes"—yang terdiri dari Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia, dan Selandia Baru—yang menimbulkan kekhawatiran tentang pelanggaran intelijen yang sensitif.

Berbicara di acara State of the Union di CNN, Johnson mengonfirmasi bahwa penyelidikan atas kebocoran tersebut sedang berlangsung. 

"Ada pengarahan rahasia... kami mengikutinya dengan saksama," kata Johnson, menolak memberikan perincian lebih lanjut tentang situasi tersebut.

Gedung Putih dan Departemen Kehakiman (DOJ) sama-sama menahan diri untuk tidak memberikan komentar publik. 

Namun, seorang pejabat AS yang berbicara kepada Associated Press menyatakan bahwa dokumen yang bocor tersebut tampak sah. 

Sampai saat ini, penyelidikan difokuskan pada bagaimana materi tersebut diperoleh, apakah melalui peretasan atau kebocoran internal oleh anggota komunitas intelijen AS.

Dokumen tersebut, yang pertama kali dibagikan di Telegram, dilaporkan menunjukkan analisis citra yang dilakukan oleh NGA, yang merekam aktivitas militer Israel

Kebocoran tersebut menimbulkan kekhawatiran tentang keamanan intelijen yang sangat sensitif dan potensi dampaknya terhadap hubungan AS-Israel.

Pentagon menyatakan bahwa mereka mengetahui laporan tersebut tetapi menolak berkomentar lebih lanjut. Pejabat Israel juga tetap bungkam mengenai insiden tersebut.

SUMBER: The Guardian, defence-blog

Editor: Muhammad Barir

Tag:  #selidiki #kebocoran #intelijen #terkait #rencana #israel #untuk #serang #iran #five #eyes

KOMENTAR