Israel Tarik Brigade Baru dari Jalur Gaza Utara, Sisa Pasukan Terjun Payung dan Lapis Baja
Pasukan Israel mengevakuasi seorang tentara yang terluka selama operasi di Jalur Gaza pada 31 Januari 2024. --- Israel tarik brigade baru dari Jalur Gaza utara. 
05:20
22 Februari 2024

Israel Tarik Brigade Baru dari Jalur Gaza Utara, Sisa Pasukan Terjun Payung dan Lapis Baja

Media Israel, Yedioth Ahronoth, mengungkapkan tentara Israel menarik brigade baru dari Jalur Gaza.

Penarikan ini terjadi setelah Israel menarik Brigade 646 dari Pasukan Infanteri Givati.

Yedioth Ahronoth mengatakan, 3,5 brigade tetap berada di Khan Yunis, setelah 7 brigade hadir di sana pada awal agresi terhadapnya sekitar 3 bulan lalu.

Dia menjelaskan jumlah pasukan Israel di Jalur Gaza saat ini adalah yang terendah sejak dimulainya agresi darat, karena mendekati akhir bulan kelima.

"Hanya tersisa dua brigade di barat Khan Yunis, yaitu pasukan terjun payung dan bekas brigade lapis baja, serta satuan pasukan khusus yang menduduki Kompleks Medis Nasser," lapor Yedith Ahronoth.

Brigade Givati ​​​​bertanggung jawab atas pengepungan kamp pengungsi di sebelah barat Khan Yunis dan mengusir 100.000 warga Palestina ke wilayah Al-Mawasi.

Media itu menyebut perpanjangan agresi Israel terhadap Khan Yunis bertujuan memberikan tekanan dalam negosiasi gerakan Hamas untuk membebaskan para sandera dan mencapai gencatan senjata jangka panjang.

Hingga hari ke-138 berturut-turut, pendudukan Israel melanjutkan agresinya terhadap Jalur Gaza, dengan dukungan Amerika dan Eropa.

Kemarin, Selasa (20/2/2024), Israel mengatakan mulai menarik Brigade Cadangan ke-646 setelah berada di Jalur Gaza selama beberapa bulan terakhir.

Israel mengklaim penarikan Brigade Cadangan ke-646 dilakukan setelah menyelesaikan misinya melawan Hamas.

Di akhir misi di kamp pusat, Brigade Cadangan ke-646 terus melanjutkan agresinya di Khan Yunis, selatan Jalur Gaza. 

Tentara Israel yang Tewas dan Terluka

Tentara Israel mengumumkan terbunuhnya seorang tentara dari Batalyon 932 Brigade Nahal dalam pertempuran melawan Hamas di Jalur Gaza utara.

Tiga lainnya terluka dalam pertempuran itu, menurut laporan militer Israel pada Selasa.

Hari ini, Brigade Al-Qassam mengumumkan penembakan seorang tentara Israel di lingkungan Zaytoun di Kota Gaza, yang menyebabkannya terluka.

Hamas Palestina vs Israel

Segera setelah gerakan perlawanan Palestina, Hamas, meluncurkan Operasi Banjir Al-Aqsa untuk melawan pendudukan Israel dan kekerasan di Al-Aqsa pada Sabtu (7/10/2023), Israel mulai membombardir Jalur Gaza.

Jumlah kematian warga Palestina di Jalur Gaza mencapai 29.195 jiwa dan 69.170 lainnya terluka sejak Sabtu (7/10/2023) hingga Rabu (21/2/2024), 1.147 kematian di wilayah Israel, dan 375 kematian warga Palestina di Tepi Barat hingga Selasa (30/1/2024), dikutip dari Xinhua News.

Israel memperkirakan masih ada kurang lebih 136 sandera yang ditahan Hamas di Jalur Gaza, setelah pertukaran 105 sandera dengan 240 tahanan Palestina pada akhir November 2023.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Berita lain terkait Konflik Palestina vs Israel

Editor: Ayu Miftakhul Husna

Tag:  #israel #tarik #brigade #baru #dari #jalur #gaza #utara #sisa #pasukan #terjun #payung #lapis #baja

KOMENTAR