Orang Tua di Inggris Minta Pemerintah Beri Makan Siang Gratis untuk Semua Anak Sekolah Dasar
Anak-anak di Sekolah Dasar Monksdown di Liverpool telah mengkampanyekan makan siang gratis. (Mirror)
12:21
21 Pebruari 2024

Orang Tua di Inggris Minta Pemerintah Beri Makan Siang Gratis untuk Semua Anak Sekolah Dasar

– Sebagian besar orang tua di Inggris mendesak pemerintah untuk memberikan makan siang gratis untuk semua anak sekolah dasar, terlepas dari latar belakang ekonomi mereka. 

Hal ini menunjukkan keprihatinan mereka terhadap kesejahteraan anak-anak di tengah krisis biaya hidup yang melanda negara itu.

Menurut survei yang dilakukan oleh organisasi amal Save the Children, 71 persen orang tua di Inggris mendukung program makan siang gratis untuk semua anak sekolah dasar, sementara 20 persen tidak setuju, dan sembilan persen tidak yakin.

Dilansir dari mirror.co.uk, Rabu (21/2), survei ini melibatkan 1.000 orang tua dengan anak berusia empat sampai sebelas tahun yang bersekolah di Inggris.

Save the Children mengatakan bahwa program makan siang gratis bisa membantu mengurangi kemiskinan anak, meningkatkan kesehatan dan gizi anak, serta menghemat pengeluaran orang tua. 

Organisasi ini juga mengkritik pemerintah yang hanya memberikan makan siang gratis untuk anak sekolah dasar selama tiga tahun pertama, dan hanya untuk 20 persen siswa yang memenuhi syarat berdasarkan pendapatan rumah tangga.

“Anak-anak tidak boleh dipaksa untuk membayar harga dari krisis biaya hidup yang tidak mereka ciptakan. Makan siang gratis untuk semua anak sekolah dasar adalah salah satu cara untuk memastikan bahwa setiap anak mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar dan berkembang,” kata Becca Lyon, kepala kampanye kemiskinan anak di Save the Children.

Pemerintah Inggris menghadapi tekanan untuk meningkatkan bantuan sosial bagi keluarga miskin, terutama setelah inflasi mencapai lima koma empat persen pada November 2023, level tertinggi dalam 30 tahun terakhir. 

Banyak orang tua yang mengeluh tidak mampu membeli makanan, pakaian, dan kebutuhan dasar lainnya untuk anak-anak mereka.

Salah satu orang tua yang mengikuti survei, Sarah, mengatakan bahwa dia harus memilih antara membayar tagihan atau memberi makan anak-anaknya. 

Dia mengatakan bahwa makan siang gratis di sekolah sangat membantu, tetapi dia khawatir jika anak-anaknya tidak lagi mendapatkannya setelah tahun ketiga.

“Kami sering tidak punya cukup uang untuk membeli makanan. Saya harus meminjam dari teman atau keluarga, atau pergi ke bank makanan. Saya merasa malu dan tidak berdaya. Saya ingin anak-anak saya mendapatkan makanan yang sehat dan bergizi, tetapi saya tidak bisa memberikan itu kepada mereka,” kata Sarah.

Save the Children mengusulkan agar pemerintah Inggris mengalokasikan anggaran sebesar 1,4 miliar poundsterling atau sekitar 28,7 triliun rupiah per tahun untuk memberikan makan siang gratis untuk semua anak sekolah dasar. 

Organisasi ini juga meminta pemerintah untuk meningkatkan nilai kartu voucher makanan yang diberikan kepada keluarga miskin selama liburan sekolah.

Beberapa negara di dunia sudah menerapkan program makan siang gratis untuk semua anak sekolah, seperti Finlandia, Brasil, India, Estonia, Swedia, dan Skandinavia. 

Di Inggris sendiri, Walikota London Sadiq Khan telah mengumumkan program makan siang gratis untuk semua anak sekolah dasar negeri di ibu kota tersebut mulai September 2023.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #orang #inggris #minta #pemerintah #beri #makan #siang #gratis #untuk #semua #anak #sekolah #dasar

KOMENTAR