Israel Targetkan Asosiasi al-Qard al-Hassan di Lebanon
Tim penyelamat berada di Kota Nabatiyeh, Lebanon, yang diserangan Israel pada hari Rabu, (16/10/2024). Militer Israel telah memperingatkan bahwa mereka menargetkan Asosiasi al-Qard al-Hassan, yang mereka klaim sebagai lengan pembiayaan Hizbullah di Lebanon. 
15:20
21 Oktober 2024

Israel Targetkan Asosiasi al-Qard al-Hassan di Lebanon

Militer Israel telah memperingatkan bahwa mereka menargetkan Asosiasi al-Qard al-Hassan, yang mereka klaim sebagai lengan pembiayaan Hizbullah di Lebanon.

Militer Israel meminta warga yang tinggal di dekat lokasi milik al-Qard al-Hassan – lembaga perbankan dengan cabang di Beirut dan seluruh negeri – untuk meninggalkan rumah mereka atau menghadapi risiko dibom, Al Jazeera melaporkan.

Juru bicara IDF, Daniel Hagari, memerintahkan penduduk Lebanon untuk mengungsi dari daerah yang dekat dengan fasilitas tersebut.

"Kami akan menyerang sejumlah target dalam beberapa jam ke depan," kata Hagari dalam jumpa pers, Minggu (20/10/2024) malam waktu setempat.

"Dalam beberapa jam ke depan, kami akan mengeluarkan peringatan evakuasi kepada warga Lebanon di Beirut dan lokasi lainnya agar mengungsi dari lokasi yang digunakan untuk mendanai kegiatan Hizbullah," lanjutnya.

Al-Qard al-Hassan adalah istilah keuangan Islam, yang merujuk pada pinjaman tanpa bunga.

Peminjam membayar kembali jumlah pokok pinjaman dan tidak diharuskan membayar bunga.

Nama "al-Qard al-Hassan" sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti "pinjaman baik," dan mencerminkan prinsip untuk membantu orang lain tanpa memungut bunga, sesuai dengan nilai-nilai Islam.


Asosiasi al-Qard al-Hassan Lebanon dikatakan berada di bawah unit sosial dewan eksekutif Hizbullah.

Mereka mengkhususkan diri dalam memberikan pinjaman dan mengelola dana masyarakat amal sesuai dengan hukum Islam.

Organisasi ini sering kali fokus pada pemberdayaan ekonomi dan sosial, berusaha untuk mengurangi kemiskinan dan mendukung pengembangan komunitas.

Kegiatan yang dilakukan bisa mencakup program pelatihan, penyediaan modal untuk usaha kecil, serta dukungan dalam bentuk bantuan sosial.

Al-Qard al-Hassan berupaya untuk menciptakan sistem keuangan yang lebih inklusif dan beretika, mendukung mereka yang mungkin tidak memiliki akses ke layanan perbankan tradisional.

Layanan asosiasi tersebut dilaporkan sangat populer dan telah memberikan kontribusi terhadap dukungan publik terhadap Hizbullah.

Didirikan pada tahun 1981, asosiasi tersebut dikatakan memiliki sekitar 200.000 pelanggan.

Departemen Keuangan AS menjatuhkan sanksi terhadap asosiasi tersebut pada tahun 2016 sebagai bagian dari upaya antiterorisme yang menargetkan Hizbullah.

Sebuah lembaga pemikir intelijen yang terkait dengan Israel mengatakan sanksi AS tidak menghalangi pertumbuhan asosiasi tersebut, yang meningkatkan jumlah pinjaman yang diberikannya dari $317 juta pada tahun 2016 menjadi $476 juta pada tahun 2018.

Al-Qard al-Hassan menyampaikan kepada nasabahnya pada hari Minggu bahwa pihaknya telah mengambil semua prosedur yang diperlukan sejak awal perang untuk menjaga simpanan dan barang berharga Anda dan dapat memastikan bahwa Anda tidak perlu khawatir bahwa barang-barang tersebut aman.

Tidak ada rincian mengenai lokasi situs yang akan menjadi sasaran, lapor Al Araby.

Perang Israel-Hamas

Berikut ini ringkasan perkembangan terkini perang Israel-Hamas:

  • Pejabat PBB telah meminta otoritas Israel sejak Jumat "untuk segera memfasilitasi akses kami ke Gaza Utara, untuk mendukung penyelamatan puluhan orang yang terjebak di bawah reruntuhan", kata badan kemanusiaan PBB, OCHA.
  • Hizbullah mengatakan pihaknya menembakkan roket ke tiga pangkalan militer di Israel utara dan unit pertahanan udaranya menjatuhkan pesawat tak berawak Israel pada hari Sabtu (19/10/2024).
  • Pasukan penjaga perdamaian PBB tetap berada di Lebanon selatan meskipun buldoser tentara Israel dengan sengaja menghancurkan menara observasi penjaga perdamaian PBB dan pagar pembatas, kata UNIFIL.
  • Media Israel melaporkan bahwa kepala Shin Bet, dinas keamanan Israel, bertemu dengan kepala intelijen Mesir di Kairo untuk menghidupkan kembali perundingan guna membebaskan tawanan yang masih ditahan di Gaza.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Bobby Wiratama

Tag:  #israel #targetkan #asosiasi #qard #hassan #lebanon

KOMENTAR