Perang Rusia-Ukraina Hari ke-971: Zelensky Desak Negara Pro-Ukraina Ikut Kecam Korea Utara
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berbicara dalam konferensi pers bersama dengan Presiden AS Joe Biden di Ruang Perjanjian India di Gedung Kantor Eksekutif Eisenhower, di sebelah Gedung Putih, di Washington, DC, pada 12 Desember 2023. 
10:50
21 Oktober 2024

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-971: Zelensky Desak Negara Pro-Ukraina Ikut Kecam Korea Utara

Berikut ini perkembangan terkini perang Rusia dan Ukraina hari ke-971 pada Senin (21/10/2024).

Hari ini pukul 00.00 waktu setempat, ada banyak drone Shahed di wilayah udara Ukraina.

Selain itu, pada malam hari, Rusia melancarkan serangan terhadap Odessa, Kharkov, dan Krivoy Rog, seperti diberitakan Telegraph.

9 Orang Terluka dalam Serangan Rusia

Serangan Rusia di Kharkiv melukai sembilan orang dan memutus aliran listrik di sebagian kota, menurut laporan pejabat dan polisi setempat pada Minggu (20/10/2024) malam.

Di antara target tersebut adalah bangunan tempat tinggal, garasi, stasiun pengisian bahan bakar, rumah, dan mobil.

"Unit pertahanan udara Ukraina dikerahkan segera setelah tengah malam pada hari Senin (21/10/2024) untuk menangkis serangan udara Rusia yang menargetkan Kyiv," kata wali kota Vitali Klitschko yang mendesak orang-orang untuk tinggal di tempat perlindungan, seperti diberitakan The Guardian.

Ukraina Serang Pabrik Bahan Peledak, Jauh di Wilayah Rusia

Ukraina menyerang pabrik bahan peledak militer jauh di dalam wilayah Rusia serta infrastruktur penyimpanan di lapangan terbang militer Lipetsk-2 di wilayah dengan nama yang sama, menurut laporan Staf umum Kyiv pada Minggu.

Angkatan bersenjata Ukraina mengatakan ada ledakan setelah serangan terhadap pabrik Sverdlov di kota Dzerzhinsk, wilayah Nizhny Novgorod, tempat bahan kimia untuk amunisi artileri dan bom diproduksi dan bom disimpan, kata laporan itu.


Rencana itu sekitar 400 km (250 mil) di sebelah timur Moskow.

Rusia Tembak Jatuh 110 Drone Ukraina

Rusia mengatakan unit pertahanan udaranya menjatuhkan 110 pesawat nirawak Ukraina di wilayah Rusia, termasuk satu di wilayah Moskow, 43 di Kursk, dan 27 di Lipetsk.

Wali kota Moskow, Sergei Sobyanin, mengatakan puing-puing jatuh di distrik Ramensky di wilayah Moskow tanpa kerusakan atau korban jiwa – meskipun pejabat Rusia sering tidak mengungkapkan tingkat kerusakan sepenuhnya, jika ada.

Pertempuran Memanas di Kota Selydove

Pasukan Rusia telah bertempur di jalan-jalan dengan pasukan Ukraina di pinggiran kota Selydove di Ukraina timur, menurut para blogger pro-Rusia. 

Selydove berada di tenggara kota Pokrovsk di Donetsk, yang sedang didesak keras oleh pasukan Rusia untuk direbut.

Staf umum militer Ukraina, dalam laporan larut malam pada hari Minggu, mengatakan pasukan Ukraina telah menangkis 41 serangan Rusia di sekitar beberapa kota dan desa, termasuk Selydove, dan beberapa pertempuran terus berlanjut.

Zelensky: Rusia Luncurkan 800 Bom Udara

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, mengatakan Rusia telah meluncurkan sekitar 800 bom udara berpemandu dan lebih dari 500 pesawat nirawak serang di atas Ukraina dalam seminggu terakhir saja.

"Setiap hari, Rusia menyerang kota-kota dan komunitas kami. Itu adalah teror yang disengaja dari musuh terhadap rakyat kami," katanya, mengulangi seruan untuk dukungan udara berkelanjutan dari sekutu-sekutu negara itu, pada hari Minggu.

"Bersatu dalam pertahanan, dunia dapat melawan teror yang ditargetkan ini," lanjutnya.

Zelensky Minta Negara Pro-Ukraina Ikut Kecam Korea Utara

Zelensky mengatakan ia mengharapkan reaksi keras dari negara-negara yang telah mengakui Korea Utara semakin terlibat dalam perang Rusia melawan Ukraina.

"Ada banyak bukti satelit dan video bahwa Korea Utara tidak hanya mengirim peralatan ke Rusia, tetapi juga tentara untuk dipersiapkan untuk pengerahan pasukan," katanya.

"Kami mengharapkan reaksi yang normal, jujur, dan keras dari mitra kami mengenai hal ini," tambahnya.

Zelensky Tuduh Korea Utara Siap Kirim Ribuan Tentara ke Rusia

Zelensky minggu lalu menuduh Korea Utara mengerahkan perwira ke Rusia dan bersiap mengirim ribuan tentara ke dalam perang.

Keterlibatan pasukan reguler Korea Utara akan menjadi eskalasi perang yang serius, kata menteri luar negeri Prancis dan Ukraina pada konferensi pers bersama di Kyiv pada hari Sabtu.

Badan mata-mata Korea Selatan mengatakan pada Jumat, Korea Utara telah mengirim 1.500 pasukan khusus ke timur jauh Rusia untuk pelatihan. 

"Kami tidak dapat mengonfirmasi laporan bahwa Korea Utara telah mengirim pasukan ke Rusia sebelum kemungkinan pengerahan, tetapi mengatakan langkah seperti itu akan mengkhawatirkan jika benar," kata Menteri pertahanan AS, Lloyd Austin, mengatakan pada hari Sabtu (19/10/2024).

Kepala NATO, Mark Rutte, mengatakan pada Kamis (17/10/2024), belum ada bukti kehadiran tentara Korea Utara di Rusia.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Berita lain terkait Rusia dan Ukraina

Editor: Pravitri Retno W

Tag:  #perang #rusia #ukraina #hari #zelensky #desak #negara #ukraina #ikut #kecam #korea #utara

KOMENTAR