Israel Kelabakan setelah Dokumen Intelijen AS Terkait Serangan ke Iran Bocor
Dokumen intelijen sangat rahasia milik Amerika Serikat (AS) yang berisikan tentang rencana serangan Israel ke Iran bocor di media sosial. 
08:10
21 Oktober 2024

Israel Kelabakan setelah Dokumen Intelijen AS Terkait Serangan ke Iran Bocor

Para pejabat Israel mulai kelabakan setelah dokumen intelijen milik Amerika Serikat (AS) bocor di media sosial.

Dokumen intelijen tersebut berisikan tentang rencana Israel yang akan menyerang Iran.

Terdapat dua dokumen yang dibocorkan oleh akun Telegram “Middle East Spectator”, yang mengklaim berkas tersebut dikirim oleh sumber di Pentagon.

Dokumen pertama berjudul: “Israel: Angkatan Udara Melanjutkan Persiapan untuk Serangan terhadap Iran dan Melakukan Latihan Pengerahan Pasukan Besar Kedua”.

Berkas pertama ini menjelaskan berbagai kegiatan termasuk penanganan rudal balistik dan rudal udara-ke-permukaan.

Sementara dokumen kedua berjudul: “Israel: Pasukan Pertahanan Melanjutkan Persiapan Amunisi Utama dan Aktivitas UAV Rahasia yang Hampir Pasti untuk Serangan terhadap Iran”.

Seorang pejabat Israel mengatakan kepada Axios, lembaga pertahanan saat ini tengah menanggapi kebocoran tersebut dengan sangat serius.

Saat ini, pihak AS juga sedang menyelidiki kebocoran sepasang dokumen intelijen sangat rahasia itu di media sosial.


Ketua DPR AS, Mike Johnson pada hari Minggu mengatakan "penyelidikan sedang berlangsung dan saya akan mendapatkan pengarahan tentang hal itu dalam beberapa jam".

"Kami memantaunya dengan saksama," ucap Johnson, dikutip dari The Times of Israel.

Badan Intelijen Geospasial Nasional dan Kantor Direktur Intelijen Nasional tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Pentagon mengatakan sedang menyelidiki laporan kebocoran tersebut.

Seorang pejabat AS mengatakan dugaan kebocoran tersebut, meskipun sangat mengkhawatirkan, tidak akan memengaruhi rencana serangan terhadap Iran.

The New York Times melaporkan para pejabat secara pribadi mengakui dokumen tersebut asli, tetapi kemungkinan besar dokumen tersebut hanya mewakili sebagian informasi yang dimiliki AS mengenai rencana sekutu dekatnya tersebut.

Rincian Isi Dokumen

Dikutip dari Al Mayadeen, informasi rahasia tersebut merinci dugaan persiapan Angkatan Udara Israel untuk menyerang Iran

Dalam dokumen pertama, Angkatan Udara Israel melakukan latihan pengerahan kekuatan besar (LFE) kedua dari tanggal 15 Oktober hingga 16 Oktober, menindaklanjuti latihan LFE yang dilakukan pada tanggal 13 Oktober. 

Selain itu, Angkatan Udara menangani rudal balistik yang diluncurkan dari udara (ALBM) dan melakukan operasi perlindungan kendaraan udara tak berawak (UAV). 

Dalam konteks ini, 16 rudal ALBM Golden Horizon dan 40 rudal peluncuran udara Rocks, dan senjata lainnya sedang ditangani di Pangkalan Udara Hatserim, Pangkalan Udara Ramat David, dan Pangkalan Udara Ramon. 

Pengisian bahan bakar udara dan pesawat pengintaian lainnya juga dioperasikan selama waktu itu. 

Dokumen kedua menilai penanganan senjata, pertahanan udara, operasi udara, fasilitas nuklir dan rudal, pasukan khusus, dan Angkatan Laut oleh pasukan pendudukan Israel

Dianggap tingkat penanganan senjata ALBM sedang, sementara penanganan amunisi berpemandu presisi rendah.

Di samping itu, difokuskan pada penggunaan rudal berkemampuan nuklir, khususnya Jericho II, dan penggunaan fasilitas nuklir, dengan mengatakan bahwa tidak ada aktivitas signifikan yang tercatat pada 16 Oktober.

(Tribunnews.com/Whiesa)

Editor: Nanda Lusiana Saputri

Tag:  #israel #kelabakan #setelah #dokumen #intelijen #terkait #serangan #iran #bocor

KOMENTAR