Presiden AS Ucapkan Selamat: Kami Tak Sabar Gelar Kerja Sama Dengan Presiden Baru
Presiden AS Joe Biden 
16:10
15 Februari 2024

Presiden AS Ucapkan Selamat: Kami Tak Sabar Gelar Kerja Sama Dengan Presiden Baru

Lewat juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, presiden Joe Biden mengucapkan selamat atas terselenggaranya pesta demokrasi Pemilu 2024 di Indonesia.

“Kami mengucapkan selamat kepada masyarakat Indonesia atas besarnya partisipasi mereka dalam pemilu hari ini,” kata juru bicara Matthew Miller dikutip dari situs resmi Departemen Luar Negeri AS.

Dalam kesempatan tersebut, Biden juga mengungkapkan antusias menyambut hasil keputusan resmi Pemilu 2024-2029 yang akan disampaikan oleh lembaga penyelenggara Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Tak sampai disitu, ia bahkan menyatakan kesiap bekerja sama dengan pemerintahan baru Indonesia nantinya. Adapun pernyataan tersebut dilontarkan Biden seraya merayakan 75 tahun hubungan diplomatik, dan yang terjalin antara Amerika dan Indonesia.

Tepatnya sejak 28 Desember 1949, ketika Duta Besar AS saat itu, H. Merle Cochran, menyerahkan surat kepercayaannya kepada Presiden Soekarno.

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan Presiden terpilih dan pemerintah Indonesia berikutnya, serta badan legislatif, mengenai prioritas bersama yang bermanfaat bagi rakyat kedua negara,” demikian bunyi pernyataan Amerika Serikat.

Juru bicara Gedung Putih tak mengungkap kerjasama apa saja yang nantinya akan digelar antara Amerika dengan presiden baru Indonesia, namun menurut informasi yang beredar kedua negara ini kabarnya akan melanjutkan kerjasama kemitraan strategis Komprehensif.

Diantaranya seperti menjamin rantai pasokan mineral penting, memperkuat lingkungan investasi di Indonesia dan proses aksesi Indonesia menjadi anggota penuh Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD).

Amerika kabarnya akan mendanai misi dagang ke Indonesia yang berfokus pada pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk mendorong ekspor AS dalam bidang infrastruktur.

"Bersama dengan pemerintahan baru Indonesia, kami akan berupaya mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi warga negara kami dan mengatasi tantangan paling mendesak di abad ke-21," tegas Biden.

Media Asing Sorot Pemilu Indonesia

Selain presiden AS, sejumlah media asing juga ikut antusias menyambut pemilu 2024 di Indonesia.

Meski hasil akhir terpilihnya Presiden dan Wakil presiden 2024 belum disahkan, namun banyak media asing yang menyorot Calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto. Reuters bahkan membuat artikel berjudul 'Indonesia's Prabowo keeps strong lead in election poll but runoff looms'.

Senada dengan Reuters, The Guardian juga merilis artikel “Indonesia election: polls close after millions vote for new president”. Prabowo menjadi pusat perhatian lantaran Prabowo sejak awal digadang – gadang unggul dalam pemilu kali ini.

Hal tersebut terbukti dengan tiga hasil Quick Count yang menyebut bahwa Prabowo memperoleh sekitar 59 persen suara di beberapa TPS nasional, lebih unggul ketimbang dua paslon lainnya.

"Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memimpin dengan kuat dalam penghitungan awal pemilihan presiden Indonesia yang tidak resmi pada hari Rabu (14/2/2024), ini menunjukkan bahwa mantan jenderal tersebut mungkin dapat menghindari pemilihan putaran kedua," tulis APNews.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #presiden #ucapkan #selamat #kami #sabar #gelar #kerja #sama #dengan #presiden #baru

KOMENTAR