Rumah Sakit Dibom Israel, Petugas Medis Berusaha Menolong Pasien di Ruangan Ortopedi RS Al Nasser
RUMAH SAKIT DIBOM- Beredar viral video yang memperlihatkan para petugas medis berusaha keras untuk menolong sejumlah pasien di rumah sakit Nasser. Rumah sakit Nasser di bombardir israel, pasukan IDF mengarahkan tembakan ke dalam rumah sakit. Dalam video berdurasi 1 menit 23 detik, di dalam rumah sakit tampak berdebu setelah bom di arahkan ke dalam rumah sakit. Tampak seorang petugas medis berusaha memapah seorang pasien yang terluka berjalan menyusuri lorong. Di tempat lain, beberapa orang lainnya be
15:50
15 Pebruari 2024

Rumah Sakit Dibom Israel, Petugas Medis Berusaha Menolong Pasien di Ruangan Ortopedi RS Al Nasser

Beredar viral video yang memperlihatkan para petugas medis berusaha keras untuk menolong sejumlah pasien di rumah sakit Nasser.

Rumah sakit Nasser di bombardir israel, pasukan IDF mengarahkan tembakan ke dalam rumah sakit.

Dalam video berdurasi 1 menit 23 detik, di dalam rumah sakit tampak berdebu setelah bom di arahkan ke dalam rumah sakit.

Tampak seorang petugas medis berusaha memapah seorang pasien yang terluka berjalan menyusuri lorong.

Di tempat lain, beberapa orang lainnya berusaha menarik tempat tidur pasien untuk keluar dari ruangannya yang berdebu setelah baru saja dibom oleh Israel.

Dua orang petugas medis berusaha keras untuk memindahkan pasien tersebut.

Mereka harus melewati lorong yang telah rusak. Tampak runtuhan atap gedung setelah rumah sakit itu dibom Israel.

Mereka berjalan sambil mendorong tempat tidur pasien melewati lorong berdebu.

Tampak dari atas lorong ada beberapa kabel dan atap yang rusak usai dibom Israel.

Di tempat lainnya yang sudah gelap di mana listrik telah mai, para petugas medis berusaha mencari pasien lain dengan menggunakan penerangan seadanya dari lampu sorot handphone.

Mereka menemukan satu orang pasien dan mengangkutnya dengan menggunakan kain selimut dan segera membawanya ke tempat yang masih ada terang dengan lampu listrik.

Sebagian area di rumah sakit Nasser telah rusak usai dihantam bom Israel.

"Israel baru saja mengebom departemen ortopedi Rumah Sakit Al Nasser. Pengeboman yang ditargetkan DI DALAM RUMAH SAKIT. Banyak cedera dilaporkan sejauh ini!"

Israel Tembaki Rumah Sakit Nasser, Perintahkan Mengungsi, Banyak Pasien Kritis di Dalam RS

Banyak warga Palestina yang berjalan pindah ketika Israel memerintahkan evakuasi Rumah Sakit Nasser yang terkepung. Para saksi mata mengatakan Israel menembaki fasilitas kesehatan terbesar di Gaza selatan, yang telah dikepung selama berminggu-minggu.

Lusinan warga Palestina terlihat meninggalkan Rumah Sakit Nasser yang terkepung di kota Khan Younis di selatan Gaza setelah pasukan Israel memerintahkan evakuasi dari kompleks tersebut, namun para pejabat kesehatan mengatakan ribuan orang, termasuk pasien yang sakit kritis, masih berada di dalam.

Rekaman video yang dibagikan kepada Al Jazeera menunjukkan kerumunan pengungsi, yang berlindung di dalam rumah sakit, berangkat pada hari Rabu. Seorang dokter yang mengenakan pakaian rumah sakit berwarna hijau berjalan di depan kerumunan, dan beberapa membawa bendera putih.

Pasukan Israel memerintahkan evakuasi kompleks tersebut pada hari Selasa. Dalam sebuah postingan yang dibagikan di platform media sosial X pada hari Rabu, tentara Israel mengatakan, “Hamas terus melakukan aktivitas militer” di rumah sakit, sebuah klaim yang tidak berdasar yang dibuat Israel mengenai fasilitas kesehatan Gaza lainnya yang telah digerebek selama berbulan-bulan.

Militer Israel – yang menggunakan drone dan pengeras suara untuk memberitahu orang-orang agar meninggalkan Rumah Sakit Nasser – mengatakan pihaknya membuka “rute aman” untuk memungkinkan warga sipil keluar, sementara petugas medis dan pasien dapat tetap berada di dalam.

Namun, para saksi mata dan LSM medis Doctors Without Borders (Medecins Sans Frontieres, atau MSF) mengatakan mereka yang berlindung di dalam takut untuk keluar setelah ada laporan bahwa ada orang yang ditembak saat keluar. Tentara Israel juga menembaki orang-orang di dalam rumah sakit, termasuk seorang dokter dan perawat.

Lebih dari 2.500 orang masih berada di dalam kompleks tersebut, termasuk pengungsi, pasien, petugas medis dan keluarga mereka, kata juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza Dr Ashraf al-Qudra pada Rabu malam.

Situasi di rumah sakit sudah kritis tetapi 24 jam terakhir telah membuat keadaan di lapangan menjadi lebih “menakutkan”, kata Guillemette Thomas dari MSF kepada Al Jazeera.

“Situasinya sangat kritis bagi pasien dan kami khawatir dengan masa depan mereka,” katanya. Sekitar 400 pasien berada dalam kondisi kritis di rumah sakit, tambahnya.

Juru bicara Organisasi Kesehatan Dunia Tarik Jasarevic mengatakan Israel telah menolak akses badan PBB tersebut ke Rumah Sakit Nasser sejak 29 Januari.

“Kami mencoba beberapa kali untuk pergi ke sana, tetapi permintaan kami ditolak. Kami mendengar laporan sekitar 400 pasien masih berada di sana, 10 orang tewas, dan sebuah gudang hancur,” katanya kepada Al Jazeera.

Dr Ahmed al-Moghrabi, kepala operasi plastik di Rumah Sakit Nasser, merekam pesan dari dalam fasilitas tersebut ketika perintah evakuasi Israel masuk.

“[Tentara Israel] mengirim seorang sandera dengan tangan diborgol ke rumah sakit dan memintanya memberi tahu kami bahwa kami harus mengungsi. Dan ketika orang-orang mulai mengungsi, mereka melepaskan tembakan dan menembaki orang-orang tersebut. Dan mereka juga membunuh sandera [yang mereka kirim ke dalam],” katanya.

Berbicara kepada Al Jazeera pada Rabu malam, dia mengatakan ribuan orang, termasuk pasien yang sakit kritis, ditahan di pos pemeriksaan Israel ketika mereka mencoba melarikan diri dari daerah tersebut. Dia juga menggambarkan situasi di rumah sakit sebagai “berbahaya”.

Rumah Sakit Nasser, fasilitas kesehatan terbesar di Gaza selatan, telah dikepung selama tiga minggu. Mayat beberapa orang yang tewas akibat tembakan penembak jitu Israel di kompleks rumah sakit telah tergeletak di tanah selama berhari-hari karena terlalu tidak aman untuk dijangkau.

Setidaknya tiga orang telah dibunuh oleh penembak jitu Israel di dekat fasilitas tersebut dalam 48 jam terakhir, menurut kementerian kesehatan Palestina.


Israel Siapkan Pembantaian Baru

Tentara Israel telah memerintahkan ribuan warga Palestina yang mencari perlindungan di Rumah Sakit Al-Nasser, fasilitas medis skala besar terakhir di Gaza, untuk mengungsi pada tanggal 14 Februari, setelah berminggu-minggu terjadi pertempuran di sekitarnya.

Hamas mengeluarkan pernyataan tentang bencana yang akan terjadi akibat evakuasi warga Palestina ini.

“Kami memperingatkan situasi bencana kemanusiaan yang menimpa para pengungsi, staf medis, dan korban luka di Rumah Sakit Nasser di Khan Yunis, ketika tentara pendudukan kriminal melakukan pengepungan terhadap rumah sakit tersebut,” bunyi pernyataan itu.

Evakuasi Rumah Sakit Al-Nasser berarti akan ada pembantaian baru seperti yang terjadi sebelumnya di Rumah Sakit Al Shifa, kata Hamas.

Kelompok perlawanan Palestina memperingatkan bahwa mereka yang dirawat di rumah sakit kekurangan kebutuhan dasar hidup.

Kelompok perlawanan Palestina menambahkan bahwa mereka yang berada di rumah sakit kekurangan kebutuhan dasar hidup, termasuk obat-obatan dan makanan. Mereka juga mengutuk tembakan langsung ke rumah sakit yang dilakukan pasukan Israel, termasuk penembak jitu yang ditempatkan di sekitar kompleks, “yang menyebabkan kematian sejumlah warga di dalamnya.”

Anggota biro politik Hamas, Dr. Bassem Naeem, mengatakan kelompok itu “dihubungi oleh PBB bahwa mereka diberitahu oleh Israel bahwa pasukan Israel berencana menyerbu Rumah Sakit Nasser di Khan Yunis, yang berarti pembantaian baru seperti Rumah Sakit Shifa. .”

Naeem menambahkan, Al-Nasser Medical Complex merupakan rumah sakit terbesar kedua di Jalur Gaza setelah Al-Shifa. Dia mengatakan bahwa rumah sakit tersebut telah dikepung selama tiga minggu, dan mencatat bahwa banyak warga sipil telah terbunuh oleh tembakan penembak jitu Israel, sementara yang lain meninggal akibat penolakan Israel untuk memberikan pasokan medis kepada staf rumah sakit.

“Serangan ini berarti pembantaian baru terhadap rakyat kita dan sistem kesehatan, yang terjadi meskipun ada keputusan Mahkamah Internasional (ICJ) dan semua seruan internasional untuk menghentikan genosida ini,” kata Naeem.

“Kami sangat memperingatkan langkah ini dan menyerukan intervensi internasional yang mendesak untuk menghentikan pembantaian ini, yang tidak mendukung rencana deeskalasi apa pun.”

Tentara Israel menggunakan drone dan pengeras suara untuk memberi tahu orang-orang di rumah sakit: “Evakuasi sekarang, kalian binatang!”

Pasukan Israel juga mengirim seorang sandera Palestina yang diborgol ke rumah sakit untuk menyampaikan perintah evakuasi, yang menurut saksi mata kemudian terbunuh oleh tembakan penembak jitu Israel.

Badan-badan kemanusiaan mengatakan situasinya terlalu tidak aman untuk mengambil jenazah warga Palestina yang ditinggalkan di luar kompleks rumah sakit.

Koordinator proyek Médecins Sans Frontières (MSF), Jacob Burns, yang bekerja di rumah sakit Khan Yunis hingga awal Januari, mengatakan, “Kondisinya sangat, sangat sulit, dengan seringnya masuknya korban luka, datang ke ruang gawat darurat di mana tidak ada tempat tidur, dan pasien di lantai, dan dokter yang bekerja dalam kondisi sulit.”

“Pertempuran telah membuat akses ke Rumah Sakit Eropa [di Khan Yunis] menjadi terlalu berbahaya, dan di Rafah, tidak ada cukup tempat tidur bahkan untuk orang-orang yang sudah berada di sana,” kata Burns. “Membayangkan bahwa Anda dapat mengevakuasi ratusan pasien adalah hal yang tidak mungkin.”

Tentara Israel mengklaim perintah evakuasinya tidak ditujukan kepada pasien dan staf.

Pengepungan Israel terhadap Rumah Sakit Al-Shifa menyebabkan fasilitas medis tersebut berada dalam situasi yang mengerikan, karena banyak orang, termasuk pasien dialisis dan bayi prematur, meninggal karena kurangnya listrik dan pengobatan.

(Sumber: X, Al Jazeera, The Cradle)

Tag:  #rumah #sakit #dibom #israel #petugas #medis #berusaha #menolong #pasien #ruangan #ortopedi #nasser

KOMENTAR