Netanyahu Terobsesi Habisi Hamas saat Israel Tunggu Jawaban Yahya Sinwar soal Pertukaran Sandera
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berbicara di pangkalan militer Kirya di Tel Aviv pada 24 Desember 2023. --- Netanyahu berambisi habisi Hamas saat Israel menunggu tanggapan Hamas soal proposal gencatan senjata. 
06:00
7 Pebruari 2024

Netanyahu Terobsesi Habisi Hamas saat Israel Tunggu Jawaban Yahya Sinwar soal Pertukaran Sandera

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, berambisi untuk menghabisi pemimpin gerakan perlawanan Palestina, Hamas.

Ia mengatakan itu adalah tujuan Israel dalam perang dan tidak akan berhenti sebelum tujuan itu tercapai.

"Kita harus membunuh kepemimpinan Hamas. Perang tidak bisa berakhir sebelum hal ini terjadi," kata Netanyahu dalam pertemuan di markas besar Knesset (parlemen) di Yerusalem Barat, seperti dilaporkan Haaretz, Selasa (6/2/2024).

"Untuk mencapai tujuan ini akan memakan waktu berbulan-bulan, bukan bertahun-tahun," klaim Netanyahu yang yakin tujuannya akan tercapai dengan cepat.

Sebelumnya, Netanyahu menolak untuk menghentikan perang melalui gencatan senjata tanpa menghabisi Hamas.

Pada Senin (5/2/2024), Netanyahu meyakinkan komandan militer Israel untuk memberikan pukul keras pada Poros Perlawanan.

"Kemenangan penuh akan memberikan pukulan fatal terhadap poros kejahatan yang terdiri dari Iran, Hizbullah, Houthi, dan tentu saja Hamas," katanya.

Ia khawatir, ancaman keamanan terhadap Israel akan meningkat jika tidak menghancurkan Hamas.

Pada Desember lalu, Netanyahu juga menyatakan pendapatnya yang keras kepala untuk tidak menarik pasukannya dari Gaza, menyusul proposal gencatan senjata dari para mediator.

“Saya berkomitmen terhadap hal ini, para pejuang kami juga berkomitmen terhadap hal tersebut, dan mayoritas rakyat juga berkomitmen terhadap hal tersebut," katanya bulan lalu, dikutip dari Anadolu.

"Kami tidak akan puas dengan kemenangan yang kurang dari total,” lanjutnya.

Israel Menunggu Hamas Tanggapi Proposal Gencatan Senjata

Di sisi lain, anggota Knesset dari Partai Likud, Danny Danon, mengatakan dalam pertemuan itu bahwa sangat memalukan bagi Israel yang harus menunggu tanggapan Hamas terkait proposal gencatan senjata.

“Situasi kemarin, ketika seluruh negara sedang menunggu apa yang akan dikatakan (pemimpin Hamas di Gaza Yahya Sinwar), sungguh memalukan," katanya.

Danny Danon mencegah warga Palestina di Jalur Gaza selatan untuk kembali ke utara.

Ia menilai, pengusiran warga dari Jalur Gaza utara adalah satu-satunya pencapaian bagi Israel.

Hamas Palestina vs Israel

Segera setelah kelompok perlawanan Palestina, Hamas, meluncurkan Operasi Banjir Al-Aqsa untuk melawan pendudukan Israel dan kekerasan di Al-Aqsa pada Sabtu (7/10/2023), Israel mulai membombardir Jalur Gaza.

Kematian warga Palestina di Jalur Gaza mencapai 27.585 jiwa sejak Sabtu (7/10/2023) hingga Selasa (6/2/2024), 1.147 kematian di wilayah Israel, dan 375 kematian warga Palestina di Tepi Barat hingga Selasa (30/1/2024), dikutip dari Anadolu.

Israel memperkirakan, masih ada kurang lebih 137 sandera yang ditahan Hamas di Jalur Gaza, setelah pertukaran 105 sandera dengan 240 tahanan Palestina pada akhir November 2023.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Berita lain terkait Konflik Palestina vs Israel

Editor: Suci BangunDS

Tag:  #netanyahu #terobsesi #habisi #hamas #saat #israel #tunggu #jawaban #yahya #sinwar #soal #pertukaran #sandera

KOMENTAR