Ramai Seruan Boikot, FamilyMart Mengakhiri Kerjasama dengan Perusahaan Israel
FamilyMart by Japan Today
07:27
6 Februari 2024

Ramai Seruan Boikot, FamilyMart Mengakhiri Kerjasama dengan Perusahaan Israel

- Pemegang saham terbesar FamilyMart Co Ltd, Itochu Corporation, akan mengakhiri nota kesepakatan (MoU) dengan Elbit Systems, sebuah perusahaan pertahanan Israel.

Hal ini dilakukan setelah adanya seruan untuk memboikot FamilyMart, menyusul pemberitaan tahun lalu mengenai anak perusahaannya, Itochu Aviation.

Itochu Aviation diberitakan telah menandatangani MoU dengan Nippon Aircraft Supply dan Elbit Systems, untuk mengimpor teknologi pertahanan dari Israel ke Jepang demi keamanan nasional negara tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, FamilyMart Malaysia mengatakan bahwa mereka mengetahui adanya seruan boikot terhadap perusahaan karena berita tersebut.

FamilyMart Malaysia mengatakan bahwa mereka diberitahu oleh perusahaan induknya, FamilyMart Co Ltd Jepang bahwa Itochu Aviation mengakhiri MoU tersebut, seperti yang diberitakan oleh berita-berita di Jepang.

"Keputusan ini dibuat untuk mendukung dukungan pemerintah Jepang terhadap perintah Mahkamah Internasional baru-baru ini, yang mencakup pencegahan tindakan genosida di jalur Gaza."

"FamilyMart Malaysia menegaskan kembali, bahwa kami tidak mendukung kekerasan atau pembunuhan."

"Kami juga tidak berkontribusi, menyumbang atau berurusan dengan Israel," kata perwakilan FamilyMart Malaysia, seperti yang dikutip dari New Straits Times.

Pada tanggal 26 Januari, dilaporkan bahwa Mahkamah Internasional (ICJ) memerintahkan Israel untuk mencegah tindakan genosida terhadap warga Palestina, dan lebih banyak membantu warga sipil.

Namun, pengadilan dunia tidak memerintahkan gencatan senjata seperti yang diminta oleh penggugat, Afrika Selatan.

Afrika Selatan sebelumnya telah meluncurkan sebuah aplikasi dengan ICJ, untuk menyelidiki dugaan tindakan genosida yang dilakukan oleh Israel di Gaza.

Negara yang telah menjadi pendukung perjuangan Palestina selama beberapa dekade ini, dalam permohonan tersebut juga mendorong adanya deklarasi yang mendesak bahwa Israel telah melanggar kewajibannya dalam hal Konvensi Genosida 1948.

Mereka juga meminta pengadilan untuk meminta Israel segera menghentikan semua tindakan, dan langkah-langkah yang melanggar kewajibannya.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #ramai #seruan #boikot #familymart #mengakhiri #kerjasama #dengan #perusahaan #israel

KOMENTAR