Iran Bantah Terlibat dalam Serangan Drone Mematikan di Tower 22 Yordania
Gambar satelit selebaran yang dirilis pada 29 Januari 2024 oleh Planet Labs PBC dan diambil pada 12 Oktober 2023 menunjukkan pemandangan pangkalan, yang dikenal sebagai Menara 22, yang dioperasikan oleh pasukan AS sebagai bagian dari koalisi internasional melawan ISIS ( ISIS) kelompok jihad, dekat perbatasan Yordania dengan Irak dan Suriah di Distrik Rwaished timur laut. Serangan drone pada 28 Januari 2024 di pangkalan perbatasan di timur laut Yordania, menewaskan tiga tentara AS. 
17:10
30 Januari 2024

Iran Bantah Terlibat dalam Serangan Drone Mematikan di Tower 22 Yordania

Iran membantah tuduhan Amerika Serikat (AS) dan Inggris bahwa Teheran terlibat dalam serangan pesawat tak berawak (drone) mematikan di Tower 22 di Yordania.

IRNA melaporkan insiden yang terjadi pada Minggu (28/1/2024) itu menewaskan tiga personel militer AS.

"Seperti yang telah kami nyatakan dengan jelas sebelumnya, kelompok Perlawanan Islam di Irak di kawasan ini menanggapi kejahatan perang dan genosida yang dilakukan oleh rezim Zionis yang membunuh anak-anak dan mereka tidak menerinta perintah dari Republik Islam Iran," papar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Nasser Kanani.

“Klaim ini dibuat dengan tujuan politik tertentu untuk membalikkan realitas di kawasan,” katanya kepada IRNA, Senin (29/1/2024).

"Kelompok-kelompok ini memutuskan dan bertindak berdasarkan prinsip dan prioritas mereka sendiri serta kepentingan negara dan rakyatnya," lanjutnya.

Al Arabiya melaporkan Presiden AS Joe Biden dan Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron menyalahkan kelompok yang didukung Iran atas serangan di dekat perbatasan dengan Suriah, dilansir Al Jazeera.

Misi Iran untuk AS sebelumnya sudah mengeluarkan pernyataan yang menegaskan bahwa Iran tidak ada hubungannya dan tidak terkait dalam serangan pangkalan AS.

Serangan tersebut merupakan eskalasi besar konflik yang terjadi di Timur Tengah, di mana melancarkan serangan ke Gaza.

Sudah ada 26.000 nyawa warga Palestina direnggut Pasukan Pertahanan Israel (IDF) sejak 7 Oktober 2023.

Perlawanan Islam di Irak, sebuah organisasi payung kelompok bersenjata yang didukung Iran, telah mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Serangan pesawat tak berawak di Tower 22, sebuah pangkalan pendukung logistik, menandai hilangnya nyawa orang Amerika untuk kali pertama akibat tembakan musuh sejak dimulainya perang di Gaza.

Profil Tower 22

Tower 22 berlokasi di titik strategis di Yordania, yakni sisi paling timur laut, yang berbatasan antara Suriah dan Irak.

Informasi publik tentang Tower 22, pos terdepan AS ini terbatas, kata Times of Israel

Namun, menurut laporan media, Tower 22 berfungsi sebagai pusat pasokan untuk garnisun al-Tanf AS di dekatnya yang terletak di seberang perbatasan Suriah.

Al-Tanf berperan penting dalam perang melawan ISIS dan mengambil peran sebagai bagian dari strategi AS untuk membendung pembangunan militer Iran di Suriah timur.

Setidaknya 350 tentara Angkatan Darat dan Angkatan Udara AS juga ditempatkan di sana.

Namun, tidak jelas jenis senjata yang disimpan, pertahanan udara yang digunakan, dan apa yang sebenarnya salah, hingga jadi target serangan.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Febri Prasetyo

Tag:  #iran #bantah #terlibat #dalam #serangan #drone #mematikan #tower #yordania

KOMENTAR