''Seperti Hari Pertama Perang'': Trauma dan Keputusasaan Warnai Setahun Serangan Hamas-Israel
Seorang pria duduk di antara reruntuhan bangunan di Kota Khan Younis, Jalur Gaza selatan, Rabu (17/7/2024). ANTARA FOTO/Xinhua/Rizek Abdeljawad/rwa.
14:48
8 Oktober 2024

''Seperti Hari Pertama Perang'': Trauma dan Keputusasaan Warnai Setahun Serangan Hamas-Israel

Setahun setelah serangan mematikan Hamas terhadap Israel yang memicu perang di Gaza, wilayah Palestina itu tidak dapat dikenali lagi dan penduduknya kelelahan karena pengungsian dan kekurangan, tanpa ada tanda-tanda akan berakhir.

"Rasanya seperti hari pertama perang terulang lagi", kata Khaled al-Hawajri, 46 tahun, saat pasukan Israel membombardir lingkungan tempat tinggalnya di Gaza pada hari Senin, bahkan saat Israel memperingati ulang tahun serangan Hamas.

"Tadi malam kami diteror oleh pemboman dari quadcopter dan peluru tank," kata Hawajri, yang telah mengungsi 10 kali bersama keluarganya yang beranggotakan tujuh orang tahun lalu.

"Kami telah bertahan selama setahun penuh di utara di bawah pemboman, teror, dan ketakutan di hati anak-anak saya," katanya, seraya menambahkan bahwa ia tetap tinggal di utara Gaza yang hancur karena "tidak ada tempat yang aman di seluruh Jalur Gaza".

Baca Juga: AS Kucurkan Dana Lebih dari Rp200 Triliun untuk Israel

Kota Gaza hampir tidak dapat dikenali lagi, dirusak oleh serangan udara dan pertempuran yang tiada henti.

Warga berjalan di sepanjang jalan berpasir yang tidak lagi memiliki trotoar, dengan bangunan yang hancur atau dibiarkan tanpa fasad, sementara tumpukan puing berserakan di jalan.

Dengan persediaan bahan bakar yang terbatas dan mahal, lalu lintas mobil hampir tidak ada. Kebanyakan orang berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan kereta keledai.

"Tidak ada listrik atau produk minyak bumi. Bahkan kayu bakar tidak tersedia. Makanan hampir tidak ada", kata Hussam Mansour yang berusia 64 tahun, berbicara dari sebuah jalan di Kota Gaza, yang dikelilingi oleh tumpukan puing dan pasir.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan 92 persen jalan di Gaza dan lebih dari 84 persen fasilitas kesehatannya telah rusak atau hancur dalam perang.

Baca Juga: Video Detik-Detik Warga Israel Berlarian saat Sirine Peringatan Serangan Rudal Berbunyi

Warga Palestina membawa beberapa barang yang diselamatkan ketika mereka menuju kamp pengungsi Jabalia di Jalur Gaza utara, Kamis (30/5/2024). [Omar AL-QATTAA / AFP]Warga Palestina membawa beberapa barang yang diselamatkan ketika mereka menuju kamp pengungsi Jabalia di Jalur Gaza utara, Kamis (30/5/2024). [Omar AL-QATTAA / AFP]

Mansour dan putra-putranya semuanya telah mengungsi, dan gedung apartemennya hancur dalam serangan udara.

"Sekarang ketika saya berjalan di jalan-jalan, saya tidak mengenali mereka lagi," katanya.

Seperti Hawajri dan Mansour, 2,4 juta penduduk Gaza telah mengalami kesulitan, tanpa tanda-tanda akan membaik, bahkan setelah Israel menugaskan kembali divisi-divisi ke utara negara itu, tempat pasukan memerangi sekutu Hamas di Lebanon, Hizbullah.

Sekitar 90 persen penduduk telah mengungsi setidaknya sekali, kata Perserikatan Bangsa-Bangsa.

"Tadi malam adalah salah satu malam tersulit dalam perang, seolah-olah perang baru saja dimulai!" kata Muhammad al-Muqayyid yang berusia 46 tahun, yang mengungsi dari kamp pengungsi Jabaliya di Gaza utara.

"Saya tidak pernah membayangkan perang akan berlangsung selama ini," katanya.

"Setahun telah berlalu dan kami telah melihat segala macam penderitaan -- penyakit, kelaparan, bahaya, dan kerugian."

Militer Israel telah memerangi Hamas di Gaza sejak serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel, yang mengakibatkan kematian 1.205 orang, sebagian besar dari mereka adalah warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi Israel.

Serangan militer balasan Israel di Gaza telah menewaskan sedikitnya 41.909 orang, sebagian besar warga sipil, menurut angka yang diberikan oleh kementerian kesehatan wilayah yang dikuasai Hamas.

PBB mengakui angka-angka tersebut dapat diandalkan.

Setahun kemudian, Israel belum mencapai salah satu tujuan utamanya: mengamankan kembalinya semua orang yang disandera pada 7 Oktober 2023.

Dari 251 orang yang ditangkap hari itu, 97 orang masih ditawan di Gaza, termasuk 34 orang yang menurut militer Israel telah tewas.

Militer Israel masih melakukan operasi di Gaza untuk membebaskan para sandera dan menghancurkan Hamas, yang berkuasa sejak 2007.

"Terjadi invasi darat tiba-tiba oleh tank, dan orang-orang bergegas keluar dari rumah mereka tanpa membawa apa pun, hanya membawa anak-anak mereka dan berlarian di jalan-jalan sambil menembaki mereka dengan peluru", kata Muqayyid, merujuk pada operasi militer Israel di Gaza utara pada hari Minggu.

Sementara itu, Hamas terus berjuang. Sayap bersenjatanya, Brigade Ezzedine Al-Qassam, mengatakan telah meluncurkan rentetan roket ke Tel Aviv pada hari Senin.

Samah Ali, seorang perempuan berusia 32 tahun yang mengungsi di kota Deir el-Balah di Gaza bagian tengah, mengatakan peluncuran roket dapat diprediksi pada hari ini.

"Tiba-tiba, kami mendengar suara roket diluncurkan, dan semua orang di kamp keluar untuk melihat dari mana roket ditembakkan," katanya, seraya menambahkan beberapa orang melarikan diri karena takut akan serangan balasan Israel.

"Pasti tentara pendudukan akan kembali dan menyerang."

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #seperti #hari #pertama #perang #trauma #keputusasaan #warnai #setahun #serangan #hamas #israel

KOMENTAR