Persaingan Ketat Antar Geng Narkoba di Prancis, Seorang Remaja Ditikam 50 Kali Lalu Dibakar Hidup-hidup
Ilustrasi terbakar. [Istimewa]
17:08
7 Oktober 2024

Persaingan Ketat Antar Geng Narkoba di Prancis, Seorang Remaja Ditikam 50 Kali Lalu Dibakar Hidup-hidup

Kota Marseille di Prancis Selatan kembali diguncang oleh gelombang kekerasan yang terkait dengan perdagangan narkoba. Salah satu insiden paling mengejutkan minggu ini, adalah pembunuhan sadis seorang remaja berusia 15 tahun yang ditikam sebanyak 50 kali dan dibakar hidup-hidup.

Kejadian tragis ini terjadi pada Rabu, dan oleh jaksa Marseille, Nicolas Bessone, digambarkan sebagai bentuk kebiadaban yang belum pernah terjadi sebelumnya. Remaja malang tersebut tewas dalam serangan brutal yang dipicu oleh persaingan antar geng narkoba di Marseille, yang telah menyebabkan 17 kematian sepanjang tahun ini.

Marseille, kota terbesar kedua di Prancis namun juga salah satu yang termiskin, telah lama bergulat dengan kekerasan terkait narkoba. Dalam beberapa tahun terakhir, kota pelabuhan yang kaya akan sejarah ini menjadi ajang perebutan kekuasaan antar klan seperti DZ Mafia dan Yoda, yang berusaha menguasai pasar narkoba yang sangat menguntungkan.

Kasus ini menarik perhatian publik ketika Bessone menyatakan bahwa para pelaku dan korban kekerasan narkoba di Marseille semakin muda. Bahkan, pelaku dalam pembunuhan ini termasuk anak-anak di bawah umur yang direkrut melalui media sosial untuk melakukan aksi kriminal, termasuk pembunuhan.

Baca Juga: Ulasan Novel Latifah Bertemu Hantu, Konfliknya Serba Nanggung

Remaja yang menjadi korban dalam kasus ini awalnya direkrut oleh seorang tahanan berusia 23 tahun dari penjara Luynes, selatan Aix-en-Provence. Ia diminta untuk menakut-nakuti saingan geng dengan membakar pintu rumahnya dan dijanjikan bayaran sebesar 2.000 euro ( setara dengan Rp33 juta). Tahanan tersebut mengaku sebagai anggota DZ Mafia.

Namun, misi remaja tersebut berakhir tragis ketika ia ditemukan oleh anggota geng saingan. Mereka memeriksa tubuhnya dan menemukan senjata api. Sebagai hukuman, mereka menikamnya sebanyak 50 kali dan kemudian membawanya ke kompleks perumahan Fonscolombes, di mana ia dibakar hidup-hidup.

Berdasarkan hasil autopsi, remaja tersebut tewas dalam kondisi yang sangat mengenaskan. Temannya, yang juga berusia 15 tahun, berhasil melarikan diri dari tempat kejadian.

Kekerasan semakin memuncak ketika tahanan yang sama kembali menggunakan media sosial untuk merekrut seorang remaja lain berusia 14 tahun, yang diberi tugas untuk membunuh anggota geng Blacks sebagai balas dendam.

Remaja tersebut dijanjikan bayaran sebesar 50.000 euro. Ia pun mempekerjakan Nessim Ramdane, seorang pemain sepak bola berusia 36 tahun yang juga bekerja sebagai sopir untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Baca Juga: Israel Kelabakan Digempur Iran, Prancis Siap Kirim Senjata Tambahan Untuk Netanyahu

Namun, upaya tersebut berakhir tragis ketika Ramdane ditembak mati oleh remaja tersebut. Menurut jaksa, remaja itu meminta Ramdane untuk menjemput mereka dan menunggu, namun ketika Ramdane tidak menurut, remaja tersebut menembaknya di bagian belakang kepala. Sang pelaku kemudian mengaku bahwa tembakan tersebut terjadi secara tidak sengaja.

Marseille telah lama menjadi kota yang dilanda kekerasan terkait narkoba, dengan angka kematian akibat perdagangan narkoba mencapai rekor 49 orang tahun lalu. Jaksa Aix-en-Provence, Franck Rastoul, memperingatkan akan bahaya besar yang ditimbulkan oleh perdagangan narkoba.

"Kerusakan yang ditimbulkan oleh perdagangan narkoba yang merongrong fondasi masyarakat kita." ucapnya.

Editor: Bella

Tag:  #persaingan #ketat #antar #geng #narkoba #prancis #seorang #remaja #ditikam #kali #lalu #dibakar #hidup #hidup

KOMENTAR