Perang Rusia-Ukraina Hari ke-702, Soal Pesawat Militer Jatuh di Belgorod Masih jadi Topik Panas
Puing pesawat Il-76 berisi 65 tawanan tentara Ukraina yang ditembak Kiev di Belgorod, Rusia. Berikut sejumlah peristiwa yang terjadi dalam perang Rusia vs Ukraina, yang telah memasuki hari ke-702 pada Jumat (26/1/2024). 
09:30
26 Januari 2024

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-702, Soal Pesawat Militer Jatuh di Belgorod Masih jadi Topik Panas

Berikut ini sejumlah peristiwa yang terjadi dalam perang Rusia vs Ukraina, yang telah memasuki hari ke-702 pada Jumat (26/1/2024).

Jatuhnya pesawat angkut militer Rusia di Belgorod masih menjadi topik panas yang dibahas oleh kedua pihak bertikai.

Pesawat angkut militer Rusia mengalami kecelakaan di perbatasan Belgorod pada Rabu (24/1/2024) kemarin.

Insiden tersebut, menewaskan 74 orang di dalamnya.

Moskow mengeklaim pesawat itu, mengangkut 65 tawanan perang Ukraina yang akan ditukar, dan pasukan Ukraina malah menembak jatuh pesawat itu.

Ketua Komite Pertahanan Duma Rusia, Andrey Kartapolov, mengatakan kepada anggota parlemen pada Kamis bahwa "pihak Ukraina secara resmi telah diperingatkan, dan 15 menit sebelum pesawat memasuki zona tersebut, Kyiv sudah diberi informasi lengkap."

Menanggapi pernyataan Kremlin, pejabat Ukraina, mesti tidak secara eksplisit, menyangkal pasukannya menembak jatuh pesawat angkut militer Rusia.

Ukraina hanya mengatakan ragu bahwa tawanan Ukraina berada di dalam pesawat tersebut.

Juru Bicara Intelijen Militer Ukraina, Andriy Yusov, menegaskan Kyiv belum menerima permintaan tertulis atau lisan dari Rusia untuk mengamankan wilayah udara dan sekitar Belogord.

Komisaris Hak Asasi Manusia (HAM) Ukraina, Dmytro Lubinets, mengatakan kepada Reuters bahwa daftar penumpang yang dibagikan di media sosial Rusia memiliki perbedaan.

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-702:

  • Pengadilan Moskow telah memenjarakan Igor Girkin, seorang kritikus ultra-nasionalis terkemuka terhadap Presiden Vladimir Putin.

    Girkin, merupakan mantan perwira Dinas Keamanan FSB Rusia.

    Ia ditangkap musim panas lalu di apartemennya dan didakwa dengan tuduhan “seruan ekstremisme”.
  • Darya Trepova (26) telah dijatuhi hukuman penjara selama 27 tahun karena membunuh seorang blogger militer pro-perang tahun lalu.

    Wanita Rusia itu divonis bersalah oleh pengadilan St Petersburg atas tuduhan termasuk terorisme sehubungan dengan kematian Vladlen Tatarsky.
  • Beberapa organisasi besar negara Ukraina melaporkan serangan siber terhadap sistem mereka, yang merupakan gelombang terbaru yang sumber dekat pemerintahnya menyalahkan intelijen Rusia.

    Perusahaan energi milik negara Ukraina, Naftogaz, mengatakan salah satu pusat datanya telah terkena “serangan siber skala besar.”
  • Majelis Parlemen Dewan Eropa (Pace) di Strasbourg dengan suara bulat mengadopsi resolusi tentang nasib anak-anak Ukraina yang dipindahkan secara paksa dan dideportasi oleh Rusia.

    Resolusi ini menyerukan parlemen nasional untuk mengadopsi resolusi yang “mengakui kejahatan ini sebagai genosida” dan meminta komunitas internasional untuk bekerja sama dengan Ukraina untuk melacak dan memulangkan anak-anak yang hilang.

    Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) di Den Haag mengeluarkan surat perintah penangkapan pada Maret 2023 terhadap Vladimir Putin karena mengawasi penculikan anak-anak Ukraina.
  • Menteri Luar Negeri Lituania, Gabrielius Landsbergis, mengunjungi Kyiv, sementara Vladimir Putin berada di Kaliningrad, eksklave Laut Baltik Rusia, yang berbatasan dengan Lituania.

    Kremlin mengatakan kunjungan tersebut tidak dimaksudkan sebagai pesan kepada anggota NATO.
  • Perdana Menteri Swedia, Ulf Kristersson, menanggapi keinginan Viktor Orbán dari Hongaria untuk melakukan pembicaraan lebih lanjut antara kedua negara mengenai permohonan Swedia untuk bergabung dengan NATO dengan menyarankan keduanya bertemu di Brussels.

    Orbán telah menyampaikan undangan agar diskusi tersebut berlangsung di Budapest.

    Ketua parlemen Hongaria, László Kövér, mengatakan tidak ada urgensi untuk menyelesaikan situasi ini, dan upaya partai oposisi untuk mengadakan sidang darurat parlemen untuk membahas masalah ini kemungkinan besar akan gagal.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Suci BangunDS

Tag:  #perang #rusia #ukraina #hari #soal #pesawat #militer #jatuh #belgorod #masih #jadi #topik #panas

KOMENTAR