Buntut Terjadinya Ledakan, United Airlines Temukan Baut Lepas Pada Beberapa Pesawat Boeing 737 Max 9
Sebuah pesawat jet United Airlines Boeing 737 Max 9 dilarang terbang di San Juan, Puerto Rico, pada 7 Januari 2024. Sumber Foto: Miguel Rodriguez/Reuters
14:08
9 Januari 2024

Buntut Terjadinya Ledakan, United Airlines Temukan Baut Lepas Pada Beberapa Pesawat Boeing 737 Max 9

- Terjadi ledakan beberapa waktu lalu, United Airlines kini telah menemukan baut yang longgar dan beberapa masalah pemasangan lainnya pada beberapa pesawat Boeing 737 Max 9, katanya pada hari Senin.

Dilansir dari The Guardian, sebelumnya, Boeing telah dilarang terbang setelah panel meledakkan pesawat yang dioperasikan Alaska Airlines di tengah penerbangan selama akhir pekan.

Diketahui, masker oksigen tergantung di atap di samping jendela yang hilang dan sebagian dinding samping Alaska Airlines Penerbangan 1282.

Publikasi industri Air Current melaporkan bahwa United menemukan baut yang tidak sesuai pada bagian lain pada setidaknya lima panel yang sedang diperiksa setelah kecelakaan tersebut.

Mengenai masalah kelengkapan ini, Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) dan Boeing menolak berkomentar.

“Sejak kami memulai pemeriksaan awal pada hari Sabtu, kami telah menemukan kejadian yang nampaknya berkaitan dengan masalah pemasangan pada penutup pintu,” kata United.

“Misalnya baut yang perlu dikencangkan tambahan, temuan ini akan diperbaiki oleh tim Tech Ops kami untuk mengembalikan pesawat ke layanan dengan aman,” kata United dalam sebuah pernyataan.

Panel kabin pada pesawat baru Alaska Airlines Boeing 737 Max 9 meledak pada hari Jumat di ketinggian 16.000 kaki, memaksa pesawat melakukan pendaratan darurat tak lama setelah lepas landas dari Portland, Oregon.

Tidak ada cedera serius yang dilaporkan, namun sepotong badan pesawat dengan berat 63 pon (28,5 kg) ditemukan di halaman belakang rumah seorang guru di Oregon.

Pada Senin malam, Alaska Airlines merilis pernyataan yang menunjukkan bahwa teknisi pemeliharaan menemukan masalah saat memeriksa armada Boeing 737 Max 9 mereka.

“Laporan awal dari teknisi kami menunjukkan beberapa perangkat keras yang longgar terlihat di beberapa pesawat,” kata pernyataan itu.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #buntut #terjadinya #ledakan #united #airlines #temukan #baut #lepas #pada #beberapa #pesawat #boeing

KOMENTAR