Pakai Alat Pijat Elektrik di Mata, Pria Tiongkok Alami Katarak dan Dislokasi Lensa
Ilustrasi operasi mata (Pixabay)
16:16
3 Oktober 2024

Pakai Alat Pijat Elektrik di Mata, Pria Tiongkok Alami Katarak dan Dislokasi Lensa

Seorang pria Tiongkok yang sering menggunakan alat pijat di wajah dan matanya harus menjalani operasi setelah mengalami dislokasi lensa dan katarak pada usia 42 tahun.

Tuan Luo, seorang penggemar kebugaran dari Wuhan, di Tiongkok Tengah, membeli alat pijat bertenaga baterai atas rekomendasi seorang instruktur kebugaran yang mengatakan kepadanya bahwa alat itu akan memberikan keajaiban pada otot-ototnya yang lelah.

Setelah pergi ke pusat kebugaran setiap dua hari, Luo mencari cara untuk bersantai, dan alat pijat itu terbukti sangat efektif. Begitu efektifnya sehingga pada suatu saat, pria berusia 42 tahun itu memutuskan untuk menggunakannya pada matanya juga. Karena jadwal kerjanya yang padat, mata Luo selalu terasa lelah dan kering, jadi dia mengira bahwa alat pijat itu akan memberikan efek yang sama pada matanya seperti pada otot-ototnya.

“Saya menyetel alat pijat ke pengaturan rendah dan menggunakannya pada titik-titik akupunktur di sekitar mata saya selama lima menit setiap kali,” kata Tuan Luo kepada dokter di Rumah Sakit Mata Aier Universitas Wuhan.

Baca Juga: Kemensos Hadirkan Bhakti Sosial Operasi Katarak di Kepulauan Tanimbar untuk Tingkatkan Kualitas Hidup

Awalnya, semuanya tampak baik-baik saja. Tn. Luo merasa lebih rileks setelah menggunakan pistol pijat pada matanya, tetapi setelah sekitar seminggu, ia menyadari bahwa penglihatannya menjadi kabur. Ia panik dan pergi ke rumah sakit tempat dokter mata mendiagnosisnya dengan dislokasi lensa dan katarak.

Penglihatan pria itu telah memburuk secara signifikan hanya dalam beberapa hari, dan setelah mengungkapkan metode relaksasi matanya kepada dokter, ia mengetahui bahwa semua gejala tersebut disebabkan oleh trauma yang dialaminya.

Sun Ming, Wakil Kepala Dokter dari departemen katarak dan presbiopia rumah sakit tersebut, memberi tahu Tn. Luo bahwa getaran frekuensi tinggi dari pistol pijat tersebut sebanding dengan pukulan cepat berintensitas rendah. Ia menjelaskan bahwa mata sangat sensitif terhadap trauma fisik dan dapat dengan mudah mengalami dislokasi lensa, kekeruhan, dan bahkan ablasi retina, yang semuanya menyebabkan masalah penglihatan yang parah.

Tn. Luo harus menjalani operasi dengan bantuan laser untuk memperbaiki kerusakan pada matanya, tetapi kasusnya disajikan sebagai kisah peringatan bagi siapa pun yang ingin menggunakan pistol pijat pada wajah mereka.

Baca Juga: Pakai Metode SICS, Ratusan Orang di Jateng dan Sulteng Ikut Operasi Katarak Gratis

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #pakai #alat #pijat #elektrik #mata #pria #tiongkok #alami #katarak #dislokasi #lensa

KOMENTAR