''Pecundang Terbesar!'' Kamala Harris Luncurkan Serangan Tajam ke Donald Trump soal Manufaktur
Kamala Harris dan Donald Trump [Instagram]
14:56
26 September 2024

''Pecundang Terbesar!'' Kamala Harris Luncurkan Serangan Tajam ke Donald Trump soal Manufaktur

Wakil Presiden Kamala Harris menyebut Donald Trump sebagai "pecundang" yang gagal mengembangkan manufaktur dalam negeri di bawah pengawasannya dalam salah satu pidato terkuatnya yang menentang mantan presiden tersebut.

"Secara keseluruhan, hampir 200.000 pekerjaan manufaktur hilang selama masa jabatannya, dimulai sebelum pandemi melanda, menjadikan Trump salah satu pecundang terbesar sepanjang sejarah ekonomi," kata Harris dalam sambutannya pada hari Rabu yang menyalurkan hiperbola Trump sendiri.

Harris menggambarkan Trump sebagai orang kaya yang tidak peka yang hanya memperhatikan dirinya sendiri dan teman-temannya yang kaya.

Kamala Harris (Instagram/kamalaharris)Kamala Harris (Instagram/kamalaharris)

"Dan seperti yang dikatakan Andrea," kata Harris, merujuk pada pembicara sebelumnya di acara tersebut, "tidak semua orang diberi, di atas piring perak, $400 juta (Rp6 T) dan kemudian mengajukan kebangkrutan enam kali."

Baca Juga: Mencekam! Kantor Kampanye Kamala Harris di Arizona Ditembaki, Kasus Kedua dalam Beberapa Minggu

"Oh, saya mengatakan itu," sela dia. "Saya benar-benar mengatakan itu."

Ini adalah beberapa serangan paling langsung wakil presiden terhadap Trump sejak menjadi calon Demokrat — pada isu utama yang membebani pemilih yang belum menentukan pilihan.

Harris berada di Pennsylvania bagian barat untuk memaparkan rencananya dalam mendukung kelas menengah, yang disebutnya sebagai "tujuan utama kepresidenan saya." Visinya untuk "ekonomi peluang" mencakup keringanan pajak sebesar $6.000 (Rp91 juta) untuk orang tua baru dan bantuan uang muka sebesar $25.000 (Rp379,5 juta) untuk pembeli rumah pertama kali agar dapat memulai usaha di pasar perumahan yang penuh tantangan.

Ia juga menjanjikan keringanan pajak untuk sektor baja dan manufaktur lainnya serta investasi dalam program magang untuk perdagangan terampil. Harris menampilkan dirinya sebagai produk kelas menengah, mengingat ibunya duduk di meja Formica kuning itu, larut malam, dengan secangkir teh di tangan, dengan setumpuk tagihan di depannya, hanya berusaha memastikan ia melunasinya di akhir bulan.

Sementara Trump, Harris mencatat, menggunakan uang keluarga untuk meluncurkan kerajaan real estat yang bangkrut beberapa kali.

Baca Juga: Intelijen AS Tuding Iran Berencana Membunuh Donald Trump

"Anda lihat, bagi Donald Trump, ekonomi kita bekerja paling baik bagi mereka yang memiliki gedung pencakar langit besar, bukan mereka yang benar-benar membangunnya, bukan mereka yang memasang kabelnya, bukan mereka yang mengepel lantai. Yah, saya punya visi yang sangat berbeda," kata Harris.

Donald Trump (instagram/donaldtrump)Donald Trump (instagram/donaldtrump)

Harris mengkritik Trump atas janji kampanyenya yang muluk-muluk tentang menghidupkan kembali pabrik-pabrik, bagian penting dari promosinya pada tahun 2016.

Pandemi virus corona menghambat kemajuan Trump dalam hal itu, ia mengalami peningkatan yang stabil dalam pertumbuhan lapangan kerja di sektor manufaktur yang dimulai di bawah mantan Presiden Barack Obama, tetapi berbalik arah selama pandemi, yang mengakibatkan hilangnya lapangan kerja bersih sebanyak 188.000 di bidang ini di bawah pengawasan Trump.

Kampanye Trump mengabaikan pernyataan tentang manufaktur dalam pernyataannya tentang Harris.

"Tabungan pribadi menurun, utang kartu kredit meningkat, optimisme bisnis kecil berada pada rekor terendah, dan orang-orang berjuang untuk membeli rumah, bahan makanan, dan bensin. Setiap kali Kamala berbicara, semakin jelas bahwa HANYA Presiden Trump yang akan Membuat Amerika KAYA Lagi," kata sekretaris pers nasional Trump, Karoline Leavitt.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #pecundang #terbesar #kamala #harris #luncurkan #serangan #tajam #donald #trump #soal #manufaktur

KOMENTAR