Bayang-Bayang Kebencian? Penikaman Bocah Jepang di Tiongkok Picu Ketegangan
Ilustrasi penikaman (Shutterstock).
20:00
20 September 2024

Bayang-Bayang Kebencian? Penikaman Bocah Jepang di Tiongkok Picu Ketegangan

Seorang anak yang terdaftar di sebuah sekolah Jepang di kota Shenzhen, Tiongkok, meninggal setelah ditikam pada hari Rabu, pejabat mengonfirmasi pada hari Kamis, serangan kedua di dekat pusat pendidikan Jepang di Tiongkok dalam beberapa bulan terakhir.

Pihak berwenang Tiongkok mengatakan bocah lelaki berusia 10 tahun itu adalah warga negara Jepang yang lahir dari ayah Jepang dan ibu Tiongkok, dan ia ditikam dalam perjalanan ke sekolah sekitar pukul 8 pagi (0000 GMT) pada hari Rabu oleh penyerang berusia 44 tahun bermarga Zhong.

Ia meninggal pada Kamis dini hari, menteri luar negeri Jepang Yoko Kamikawa mengatakan kepada wartawan di Tokyo.

"Para ahli medis melakukan segala upaya untuk menyelamatkan hidupnya, dan pihak Tiongkok akan memberikan bantuan yang diperlukan kepada keluarganya untuk mengurus urusannya," Lin Jian, juru bicara kementerian luar negeri Tiongkok, mengatakan pada konferensi pers rutin di Beijing.

Baca Juga: Graham Arnold Kelar, Giliran 'Nyawa' Pelatih 10 Piala Ini di Tangan Shin Tae-yong

"Menurut informasi yang tersedia saat ini, ini adalah kasus individual dan insiden semacam itu dapat terjadi di negara mana pun," tambahnya.

Pada Kamis sore, orang-orang meletakkan karangan bunga di gerbang sekolah di daerah Shekou yang makmur di Shenzhen, yang merupakan rumah bagi sebagian besar komunitas asing dan sekolah internasional di kota itu.

"Sebagai orang Tionghoa, kami menentang perilaku ini, kami menentang ajaran kebencian," kata seorang pria yang mengidentifikasi dirinya sebagai warga biasa Shenzhen.

"Banyak dari kami telah berada di bawah ajaran kebencian seperti itu untuk waktu yang lama, yang menyebabkan konsekuensi yang sangat jahat," tambahnya.

Serangan itu terjadi pada hari peringatan sebuah insiden pada tahun 1931 yang memicu perang antara Tiongkok dan Jepang, tanggal yang sensitif di saat hubungan diplomatik berada dalam bahaya memburuk.

Baca Juga: Orangtua Aqila Sempat Diancam Sebelum Korban Hilang dan Ditemukan Tewas

"Saya sebenarnya tidak tahu tanggal 18 September adalah hari bagi orang Tiongkok untuk membalas dendam atas hal-hal dalam Perang Dunia Kedua," kata seorang ayah Jepang dengan dua anak di Shenzhen, yang meminta untuk hanya diidentifikasi dengan nama belakangnya, Suzuki, karena masalah keamanan.

"Saya telah tinggal di sini selama tujuh tahun dan tidak tahu bahwa kita perlu berhati-hati sebagai orang Jepang saat tinggal di Tiongkok."

Jepang telah meminta China untuk memberikan penjelasan terperinci tentang fakta-fakta tersebut dan mengambil langkah-langkah keamanan yang kuat, kata Kamikawa kepada wartawan sebelumnya hari itu.

"Saya menanggapi insiden itu dengan sangat serius," tambahnya.

"Ini seharusnya tidak pernah terjadi di negara mana pun. Khususnya, saya dengan tulus menyesalkan bahwa tindakan tercela ini dilakukan terhadap seorang anak yang sedang dalam perjalanan ke sekolah."

Kamar dagang Jepang setempat telah meminta pemerintah Jepang untuk memastikan keselamatan warga negaranya di daerah tersebut, kata organisasi itu dalam sebuah pernyataan.

Itu adalah serangan kedua di dekat fasilitas pendidikan Jepang di China dalam beberapa bulan terakhir. Pada bulan Juni, seorang pria menyerang sebuah bus yang digunakan oleh sebuah sekolah Jepang di kota Suzhou di bagian timur, yang mengakibatkan kematian seorang warga negara China yang mencoba melindungi seorang ibu Jepang dan anaknya dari penyerang.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #bayang #bayang #kebencian #penikaman #bocah #jepang #tiongkok #picu #ketegangan

KOMENTAR