Dari Pahlawan Menjadi Terpidana: Kisah Pilu Pria Yang Membangun Jembatan Untuk Desanya
ILUSTRASI: Jembatan yang dibangun untuk mobilitas warga desa (ANTARA/Reuters/Rupak De Chowdhuri/as)
16:44
19 September 2024

Dari Pahlawan Menjadi Terpidana: Kisah Pilu Pria Yang Membangun Jembatan Untuk Desanya

Seorang pria Tiongkok yang membangun jembatan ponton untuk sebuah desa terpencil dengan uangnya sendiri didenda beberapa kali dan akhirnya dijatuhi hukuman penjara karena membangun jembatan yang tidak sah.

Sebelum tahun 2005, Desa Zhenlin, di Provinsi Jilin, Tiongkok Utara, terputus sama sekali oleh Sungai Taoer, sehingga penduduk setempat harus menempuh perjalanan sekitar 70 kilometer ke jembatan terdekat. Namun, semuanya berubah ketika seorang penduduk desa bernama Huang Deyi, yang sebelumnya mengoperasikan feri kecil ke dan dari desa tersebut, memutuskan untuk melakukan apa yang tidak dilakukan oleh pemerintah daerah, membangun jembatan kecil di seberang sungai.

Jembatan ponton yang sederhana itu disambut baik oleh masyarakat, dan orang-orang dengan senang hati membayar sedikit tol kepada Huang untuk menggunakannya, karena jauh lebih murah dan tidak memakan waktu lama dibandingkan berkendara sejauh 70 km ke jembatan resmi terdekat.

Bisnis berjalan baik, dan pada tahun 2014, Huang Deyo bersama dengan 17 penduduk desa lainnya memperbaiki jembatan dengan mengelas 13 perahu logam sehingga dapat menahan kendaraan yang lebih berat, tetapi empat tahun kemudian, Otoritas Urusan Air Taonan datang mengetuk pintu, memerintahkan pembongkaran jembatan dan menuduh Huang dan keluarganya mengambil keuntungan secara ilegal darinya.

Baca Juga: Kim /Anders Jadi Ujian Berat Leo/Bagas di Babak 16 Besar China Open 2024

Hanya dengan membongkar jembatan tidak membebaskan Huang dari hukuman, karena pada tahun 2019 ia ditahan bersama dengan beberapa anggota keluarga dan didakwa dengan beberapa kejahatan, termasuk mengumpulkan total 44.000 yuan (Rp95 juta) dari kendaraan yang melintasi jembatannya antara tahun 2014 dan 2018. Investigasi selanjutnya mengungkapkan bahwa Huang telah menagih kendaraan lebih dari 52.000 yuan (Rp112 juta) sejak tahun 2005, dan ia awalnya dijatuhi hukuman 2 tahun penjara dan 2 tahun masa percobaan.

Huang Deyi mengajukan banding atas putusan pengadilan, mengakui bahwa jembatannya belum disetujui oleh otoritas setempat, tetapi berpendapat bahwa ia melakukannya hanya untuk membantu masyarakat setempat. Terkait dengan pemungutan tol, ia mengklaim bahwa apa yang disebut keuntungannya telah digelembungkan oleh jaksa, mengingat bahwa dua jembatan yang ia bangun di atas Sungai Taoer menghabiskan biaya lebih dari 130.000 yuan (Rp280 juta).

Pengajuan banding pertama pengusaha tersebut ditolak oleh pengadilan pada tahun 2021, tetapi ia mengajukan banding baru ke Pengadilan Rakyat Menengah Baicheng yang lebih tinggi pada bulan Juni 2023.

Kasus tersebut saat ini sedang ditinjau, tetapi ceritanya baru-baru ini memicu perdebatan sengit di media sosial Tiongkok, dengan beberapa orang mengklaim bahwa ia dan keluarganya pantas menerima hukuman karena memungut biaya tol kepada orang-orang karena menggunakan jembatan apung yang dibangun secara ilegal, dan yang lain mengatakan bahwa ia hanya memberikan layanan kepada masyarakatnya, mengambil tindakan ketika otoritas daerah tidak melakukannya.

“Tidak akan ada ruang bagi keluarga Huang untuk mendapat untung jika sudah ada jembatan di sana,” komentar seorang pengguna Weibo, sementara yang lain mengatakan bahwa penduduk setempat senang membayar tol jembatan, karena lebih murah dan lebih cepat daripada bepergian ke jembatan resmi terdekat. Di sisi lain, yang lain mempertanyakan keamanan jembatan, bertanya siapa yang akan bertanggung jawab jika terjadi kecelakaan.

Baca Juga: Tanding Sore Ini, Leo/Bagas Hadapi Wakil Terbaik Denmark di China Open 2024

Menyusul kontroversi dengan jembatan Huang Deyi, pihak berwenang berjanji untuk membangun jembatan di atas Sungai Taoer yang lebih dekat ke Desa Zhenlin, tetapi mereka belum memenuhi janji mereka.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #dari #pahlawan #menjadi #terpidana #kisah #pilu #pria #yang #membangun #jembatan #untuk #desanya

KOMENTAR