Ledakan Pager di Lebanon Timbulkan Keresahan, Mungkinkah Terjadi dengan Ponsel?
Bendera nasional Lebanon (kanan) dan bendera Hizbullah. [Dok.Antara]
20:48
18 September 2024

Ledakan Pager di Lebanon Timbulkan Keresahan, Mungkinkah Terjadi dengan Ponsel?

Lebanon diguncang serangkaian ledakan pada hari Selasa setelah ribuan pager, yang diduga digunakan oleh kelompok militan Hizbullah, meledak secara serentak di seluruh negeri. Ledakan terkoordinasi tersebut menewaskan sedikitnya sembilan orang dan menyebabkan lebih dari 3.000 orang terluka.

Ledakan terjadi di berbagai tempat umum, dengan laporan membanjiri toko kelontong, pasar jalanan, dan lokasi ramai lainnya. Rekaman video dari sebuah toko kelontong menunjukkan seorang pria sedang berbelanja ketika pager yang terpasang di pinggangnya tiba-tiba meledak, melemparkannya ke tanah. Para pengamat berlarian ketakutan saat kekacauan meletus di sekitar mereka.

Karena pager merupakan teknologi yang ketinggalan zaman, perhatian telah beralih ke perangkat yang lebih modern seperti telepon pintar, yang digunakan secara luas oleh miliaran orang di seluruh dunia. Mungkinkah kerusakan serupa terjadi pada telepon pintar?

Gagasan peretas yang mengubah telepon pintar menjadi bom memang menakutkan tetapi tidak mungkin. Kompleksitas dan perlindungan teknologi telepon pintar meminimalkan risiko.

Baca Juga: 9 Tewas dan 2.800 Terluka dalam Ledakan Pager di Lebanon, Hizbullah Sebut Israel Dalangnya

Penggunaan pager oleh Hizbullah bermula dari masalah keamanan. Lebih sederhana dan kurang terhubung, pager lebih sulit dilacak dan diretas. Namun, laporan menunjukkan bahan peledak mungkin telah tertanam di pager.

Laporan New York Times berspekulasi bahwa intelijen Israel telah memasukkan bahan peledak ke dalam pager yang dipesan dari produsen Taiwan, meskipun perusahaan tersebut membantah klaim tersebut. Jika benar, ini menunjukkan bahwa ledakan itu dipicu dari jarak jauh melalui cara-cara canggih.

Terkait telepon pintar, telepon pintar lebih rumit, dengan sistem perangkat lunak dan koneksi jaringan. Secara teori, peretas dapat mengeksploitasi kerentanan dalam firmware telepon pintar untuk menyebabkan panas berlebih atau malfungsi, tetapi serangan skala besar akan jauh lebih sulit dilakukan dibandingkan dengan pager.

Ini karena telepon pintar memiliki beberapa lapisan keamanan dan langkah-langkah keselamatan untuk mencegah baterai terlalu panas.

Ponsel pintar modern dilengkapi dengan mekanisme keamanan bawaan seperti sirkuit pengaturan suhu, yang secara otomatis memutus pengisian daya saat perangkat terlalu panas. Sistem pendingin canggih seperti ruang uap dan lapisan grafit juga tersedia, untuk memastikan bahwa panas berlebih hilang.

Baca Juga: Mati Lampu Pasca Topan Yagi: Warga Hainan Tak Bisa Beli Roti, Uang Digital Terkunci di Ponsel!

Akibatnya, meskipun telepon pintar terkadang dapat mengalami malfungsi dan terlalu panas, telepon pintar jarang meledak. Dalam kasus yang jarang terjadi saat telepon pintar terbakar, hal itu sering kali disebabkan oleh kerusakan fisik atau cacat produksi, bukan gangguan yang disengaja.

Bahkan jika peretas dapat memanipulasi baterai ponsel pintar dari jarak jauh untuk menghasilkan panas, kemungkinan terjadinya ledakan massal sangatlah kecil. Dalam kebanyakan kasus, ponsel akan menjadi terlalu panas dan mungkin membengkak, bocor, atau terbakar kecil, tetapi ledakan sebesar insiden pager Hezbollah tidak mungkin terjadi.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #ledakan #pager #lebanon #timbulkan #keresahan #mungkinkah #terjadi #dengan #ponsel

KOMENTAR