Pro-Kontra Pengamanan Trump: Dinas Rahasia vs. Sheriff Florida
Mantan Presiden AS, Donald Trump. [Dok.Antara]
19:20
18 September 2024

Pro-Kontra Pengamanan Trump: Dinas Rahasia vs. Sheriff Florida

Kepala Secret Service memberi tahu Donald Trump dalam sebuah pertemuan tertutup bahwa pengaturan keamanan baru yang signifikan akan diperlukan jika ia ingin terus bermain golf, The New York Times melaporkan pada hari Selasa.

Trump bertanya kepada Ronald Rowe, penjabat direktur Secret Service, dalam sebuah pertemuan pada hari Senin apakah aman baginya untuk terus bermain, kata surat kabar itu. Rowe mengatakan Secret Service menganggap lapangan golf di Joint Base Andrews di Maryland lebih mudah diamankan karena merupakan lapangan militer.

Pertemuan itu terjadi sehari setelah Secret Service menggagalkan upaya pembunuhan kedua yang tampak terhadap Trump dalam waktu kurang dari dua bulan. Pada hari Minggu, agen Secret Service menembaki Ryan Wesley Routh, calon pembunuh, ketika mereka melihat laras senjatanya menyembul melalui pagar di lapangan golf Trump di West Palm Beach, Florida, dan petugas polisi setempat kemudian menangkapnya.

Insiden tersebut telah menimbulkan pertanyaan dalam lingkup Trump dan di antara para anggota parlemen tentang apakah perlindungan Trump sudah memadai.

Baca Juga: Bocah 11 Tahun Diamankan usai Pamer Satu Set Senjata Api, Rencanakan Eksekusi Pembunuhan di 2 Sekolah

"Mantan Presiden Trump menerima tingkat perlindungan tertinggi yang dapat diberikan oleh Dinas Rahasia AS, dan kami akan terus mengevaluasi dan menyesuaikan langkah-langkah perlindungan dan metodologi khusus kami berdasarkan setiap lokasi dan situasi," kata juru bicara Dinas Rahasia Melissa McKenzie pada hari Selasa.

Trump pada hari Selasa mengatakan kepada Fox News "kami telah lama meminta lebih banyak orang" dan bahwa perlindungan Dinas Rahasia tambahan akan segera diberikan.

"Saya pikir kami mendapatkannya sekarang. Seseorang mengatakan kepada saya bahwa mereka akan menyediakan lebih banyak orang sekarang," kata Trump kepada pewawancara Sean Hannity melalui telepon.

Namun, Sheriff West Palm Beach Ric Bradshaw mengatakan kepada wartawan pada hari Minggu bahwa pengamanan Trump tidak seketat pengamanan presiden yang sedang menjabat.

Sejak insiden tersebut, baik Demokrat maupun Republik saling menuduh menggunakan retorika yang terlalu panas yang memicu kekerasan politik.

Baca Juga: VIDEO EKSKLUSIF: Penyergapan Dramatis Pria Bersenjata yang Bidik Trump di Florida!

Sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan dalam jumpa pers pada hari Selasa bahwa komentar calon wakil presiden dari Partai Republik JD Vance tentang Wakil Presiden Kamala Harris yang tidak menghadapi percobaan pembunuhan adalah berbahaya.

"Perbedaan besar antara kaum konservatif dan liberal adalah ... tidak ada yang mencoba membunuh Kamala Harris dalam beberapa bulan terakhir," kata Vance pada hari Senin.

Jean-Pierre mengatakan bahwa bahasa tersebut dapat membahayakan Harris.

"Ketika Anda membuat komentar seperti itu, yang terjadi hanyalah ... membuka kesempatan bagi orang untuk mendengarkan Anda dan mungkin menganggap Anda sangat serius, jadi sangat berbahaya untuk menyebarkan retorika seperti itu," katanya.

Trump dijadwalkan berpidato di sebuah acara kampanye di Michigan pada Selasa malam dalam acara politik publik pertamanya sejak percobaan pembunuhan yang tampak terjadi pada akhir pekan.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #kontra #pengamanan #trump #dinas #rahasia #sheriff #florida

KOMENTAR