Terduga Penembak Donald Trump Berencana Rekrut Tentara Afghanistan untuk Perang di Ukraina
Donald Trump (Instagram/@realdonaldtrump)
18:16
16 September 2024

Terduga Penembak Donald Trump Berencana Rekrut Tentara Afghanistan untuk Perang di Ukraina

Seorang pria berusia 58 tahun yang ditahan terkait dengan dugaan upaya pembunuhan terhadap mantan presiden Donald Trump mengatakan dalam sebuah wawancara pada tahun 2023 bahwa ia berencana untuk merekrut calon tentara Afghanistan melalui Pakistan untuk berperang di Ukraina melawan Rusia.

Ryan Wesley Routh, yang diduga oleh pihak berwenang berencana untuk menyerang calon presiden dari Partai Republik tersebut saat ia bermain golf, menyampaikan pernyataan tersebut kepada The New York Times.

Selama wawancara dengan sebuah surat kabar pada tahun 2023, Routh juga mengatakan bahwa ia sedang mencari rekrutan untuk Ukraina dari antara tentara Afghanistan yang telah melarikan diri dari Taliban. Ia mengatakan bahwa ia berencana untuk memindahkan mereka, dalam beberapa kasus secara ilegal, dari Pakistan dan Iran ke Ukraina. Ia mengatakan bahwa puluhan orang telah menyatakan minatnya.

"Kami mungkin dapat membeli beberapa paspor melalui Pakistan karena negara itu sangat korup," katanya seperti dikutip oleh New York Times.

Baca Juga: Terungkap! Senjata AK-47 Ditemukan Dekat Lokasi Trump, Elon Musk Bereaksi Keras

Ia telah menunjukkan pandangan pro-Ukraina dalam pernyataan publiknya karena itu ia diwawancarai oleh beberapa organisasi berita, termasuk The New York Times dan Semafor pada tahun 2023.

Routh adalah seorang pekerja lepas yang membangun rumah terjangkau di Hawaii yang terkadang mengkritik mantan presiden tersebut.

Ini adalah upaya kedua terhadap kehidupan Trump dalam dua bulan. Pada bulan Juli, serangan yang mengancam jiwa terhadap Trump yang berusia 78 tahun selama rapat umum di Pennsylvania mengejutkan seluruh negara. Ia melukai telinga kanannya setelah penembak muda itu melepaskan beberapa tembakan ke arahnya di rapat umum kampanye.

Selama serangan hari Minggu, Trump berada di jalur, beberapa ratus meter jauhnya, ketika personel Dinas Rahasia melihat Routh bersembunyi di semak-semak dan melepaskan tembakan, kata pejabat penegak hukum seperti dikutip oleh New York Times.

Ia melarikan diri dari tempat kejadian dengan sebuah kendaraan dan ditahan selama penghentian lalu lintas, dan sebuah senapan dengan teropong ditemukan dari semak-semak, bersama dengan sebuah kamera dan dua ransel, laporan itu menambahkan.

Baca Juga: Donald Trump: Saya Benci Taylor Swift!

Routh, yang diduga oleh pihak berwenang berencana menyerang mantan presiden tersebut saat ia bermain golf, memposting komentar di akun X yang terkait dengannya yang merujuk pada upaya pembunuhan terhadap Trump pada bulan Juli, CNN melaporkan.

Dalam posting terpisah, Routh menandai Presiden Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris, mendorong mereka untuk mengunjungi mereka yang terluka di rapat umum tersebut.

"Anda dan Biden harus mengunjungi orang-orang yang terluka di rumah sakit dari rapat umum Trump dan menghadiri pemakaman petugas pemadam kebakaran yang terbunuh. Trump tidak akan pernah melakukan apa pun untuk mereka," tulisnya dalam posting yang ditujukan kepada Harris.

Routh, yang memiliki catatan kriminal yang panjang dari North Carolina, sering memposting tentang politik dan secara eksklusif menyumbang kepada kandidat Demokrat dan berbagai tujuan yang dimulai sejak tahun 2019, New York Post melaporkan.

Ia juga mengecam Trump dalam posting pada tanggal 22 April di X di mana ia menyatakan, "DEMOKRASI ada dalam pemungutan suara dan kita tidak boleh kalah." Ia menyarankan Biden, 81, dalam posting X pada tanggal 22 April ketika ia masih mencalonkan diri untuk pemilihan ulang, untuk menjalankan kampanye untuk menjaga "Amerika tetap demokratis dan bebas."

Ia mengklaim Trump ingin "memperbudak orang Amerika melawan tuannya." Sementara itu, Oran Routh, putra dari pria yang dituduh mencoba membunuh Trump, mengatakan ayahnya telah melakukan perjalanan ke Ukraina dan mengajukan diri untuk memberikan apa yang digambarkan putranya sebagai bantuan "kemanusiaan" kepada pasukan yang mempertahankan negara dari pasukan Rusia yang menyerbu pada tahun 2022, The Guardian melaporkan.

Oran mengatakan bahwa ayahnya sangat peduli dengan perjuangan Ukraina.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #terduga #penembak #donald #trump #berencana #rekrut #tentara #afghanistan #untuk #perang #ukraina

KOMENTAR