Ukraina Sebut Amunisi dan Senjata dari Korea Utara Lebih Banyak Digunakan Rusia di Medan Perang
Uji coba rudal hipersonik Hwasong-8 milik Korea Utara beberapa waktu lalu. 
11:00
16 September 2024

Ukraina Sebut Amunisi dan Senjata dari Korea Utara Lebih Banyak Digunakan Rusia di Medan Perang

Kepala Intelijen Militer Ukraina Letnan Jenderal Kyrylo Budanov mengkhawatirkan pasokan amunisi dan senjata dari Korea Utara untuk pasukan Rusia.

"Masalah terburuk yang kita hadapi adalah masalah yang datang dari Korea Utara," kata Letnan Jenderal Kyrylo Budanov dalam konferensi Keamanan Eropa Yalta, yang diselenggarakan oleh Yayasan Victor Pinchuk, di Kyiv pada Sabtu (14/9/2024).

Dikutip dari Newsweek, Rusia juga telah meminta dukungan militer dari Iran dengan menggunakan pesawat nirawak Shahed rancangan Iran secara luas  untuk memerangi kraina.

Amerika Serikat telah mengonfirmasi bahwa Rusiabaru-baru ini menerima rudal balistik dari negara Timur Tengah tersebut dalam fase baru dukungan untuk upaya perang.

Korea Utara juga telah menyalurkan senjata dan amunisi ke Rusia karena dampak perang yang melelahkan di Ukraina telah menguras persediaan Rusia.

Meskipun saat ini industri pertahanan Rusia terus memproduksi peralatan baru yang langsung dikirim ke garis depan medan perang.

"Korea Utara telah mengirimkan ribuan kontainer amunisi untuk upaya perang Rusia," kata pejabat AS dan Korea Selatan.

"Amunisi yang dipasok oleh Korea Utara sangat buruk bagi kami dan sejauh ini tidak ada yang dapat kami lakukan mengenai hal itu," kata Budanov melalui seorang penerjemah.

Ukraina dapat melihat pasokan Korea Utara memasuki negara itu, imbuhnya, dan angkatan bersenjata Rusia kemudian merasakan dampaknya hanya dalam beberapa hari kemudian.

Menurut dia Korea Utara jauh lebih maju dibandingkan negara lain, seperti Iran atau China, dalam hal menghadirkan ancaman terhadap Ukraina.

China  telah membantah tuduhan  telah mendukung dorongan militer Rusia.

"Jumlah persenjataan yang datang dari Korea Utara melampaui dukungan yang diterima Rusia dari negara  lain," kata Budanov.

Newsweek telah menghubungi Kementerian Pertahanan Rusia untuk memberikan komentar melalui email.

Korea Utara terus maju dengan program pengembangan rudalnya, meskipun adanya sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Ukraina secara konsisten melaporkan Rusia menembakkan rudal Pyongyang, termasuk rudal balistik jarak pendek KN-23, di negara yang dilanda perang itu sejak akhir tahun 2023.

Pada bulan Februari, dinas keamanan SBU Kyiv mengatakan Rusia telah menembakkan lebih dari 20 rudal Hwasong-11, yang juga dikenal sebagai KN-23 dan KN-24, ke Ukraina sejak akhir Desember, yang menewaskan sedikitnya dua lusin warga sipil saat itu.

Robert Koepcke, wakil asisten menteri luar negeri AS, mengatakan pada awal September tahun ini bahwa Rusia telah menggunakan sedikitnya 65 rudal Korea Utara di Ukraina.

Namun, ada banyak informasi dan intelijen yang bisa diperoleh dari penempatan rudal Korea Utara oleh Rusia di Ukraina.

Fabian Hinz, seorang peneliti di lembaga pemikir Institut Internasional untuk Studi Strategis, mengatakan kepada Newsweek di awal tahun.

Program senjata Pyongyang (sebutan Korea Utara) diselimuti kerahasiaan, kata Hinz, yang berarti penggunaan rudalnya di Ukraina dapat mengungkapkan rincian berharga tentang akurasinya, cara rudal itu melaju, dan cara rudal itu bertahan dalam kondisi pertempuran.

Budanov juga merujuk pada kampanye serangan Kyiv (Ukrain) terhadap target di seberang perbatasan, termasuk fasilitas militer seperti pangkalan udara yang menampung pesawat yang digunakan Moskow untuk menyerang wilayah Ukraina.

Otoritas Kremlin melaporkan serangan pesawat nirawak yang sering terjadi di wilayah perbatasannya, sementara pesawat nirawak Ukraina juga telah mencapai target utama yang jaraknya ratusan mil jauhnya di Rusia.

Kyiv juga telah melancarkan serangan mendadak ke wilayah Kursk Rusia selama lebih dari lima minggu, dan Moskow belum mampu sepenuhnya mencabut cengkeraman tetangga baratnya terhadap sejumlah pemukiman di daerah tersebut.

"Keyakinan masyarakat bahwa mereka tinggal di negara yang aman telah hancur. Itulah pencapaian utama dari semua serangan besar ini," kata Budanov.

Kyiv tidak diizinkan menggunakan senjata jarak jauh Barat untuk melakukan serangan mendalam, sebuah kebijakan yang membuat pejabat Ukraina kecewa.

Sinyal dari AS dan Inggris dalam beberapa hari terakhir mengindikasikan pembatasan ini mungkin akan dicabut. 

Editor: Hasanudin Aco

Tag:  #ukraina #sebut #amunisi #senjata #dari #korea #utara #lebih #banyak #digunakan #rusia #medan #perang

KOMENTAR