Donald Trump Tuduh Imigran Haiti Culik Kucing untuk Dimakan, Ternyata Warga Negara AS
Donald Trump dan J.D. Vance (instagram/teamjdvance)
05:08
13 September 2024

Donald Trump Tuduh Imigran Haiti Culik Kucing untuk Dimakan, Ternyata Warga Negara AS

Pihak berwenang di Springfield, Ohio, tidak menemukan bukti yang mendukung klaim yang beredar di media sosial tentang imigran Haiti yang menculik dan memakan hewan peliharaan. Meskipun tidak ada laporan yang kredibel, informasi palsu tersebut telah dibagikan secara luas dan disebarkan oleh tokoh masyarakat, termasuk mantan Presiden Donald Trump dan Senator Ohio JD Vance.

Sebelumnya, Tn. Vance telah membuat pernyataan tentang imigran Haiti yang menyebabkan gangguan di Springfield dan baru-baru ini mengklaim bahwa ada laporan tentang hewan peliharaan yang diambil dan dimakan oleh orang-orang ''yang seharusnya tidak berada di negara ini''.

Selama debat dengan Wakil Presiden Kamala Harris, mantan Presiden Donald Trump juga menegaskan kembali klaim di atas. Meskipun pejabat kota membantah tuduhan tersebut, Trump bersikeras bahwa ia telah melihat orang-orang membuat klaim ini di televisi. Para pejabat telah mengonfirmasi bahwa klaim ini tidak berdasar dan tidak memiliki bukti yang kredibel.

"Di Springfield, mereka memakan anjing — orang-orang yang datang, mereka memakan kucing. Mereka memakan — mereka memakan hewan peliharaan orang-orang yang tinggal di sana dan inilah yang terjadi di negara kita, dan itu memalukan," kata Trump.

Baca Juga: Dukung Kamala Harris di Pilpres AS, Unggahan IG Taylor Swift Tembus 10 Juta Likes

Donald Trump (instagram/donaldtrump)Donald Trump (instagram/donaldtrump)

Sebuah video baru-baru ini menjadi viral yang mengklaim seorang imigran Haiti di Springfield membunuh dan memakan seekor kucing peliharaan. Sebuah penyelidikan oleh The Springfield News-Sun menunjukkan bahwa klaim tersebut mungkin dimulai dengan sebuah unggahan viral di grup Facebook lokal, yang kemudian disebarkan oleh orang lain, termasuk tokoh-tokoh terkenal. Namun, kasus tersebut berkaitan dengan sebuah insiden di Canton, Ohio, sekitar 170 mil (273 km) dari Springfield.

Pada tanggal 16 Agustus, seorang wanita di Ohio ditangkap dan didakwa dengan kekejaman terhadap hewan setelah diduga membunuh seekor kucing dengan menginjaknya dan kemudian memakannya di depan banyak saksi. Menurut laporan polisi, petugas menuduh bahwa Allexis Ferrell "menghancurkan kepala kucing itu dengan kakinya dan kemudian mulai memakan kucing itu." Departemen Kepolisian Canton juga merilis rekaman kamera tubuh wanita berusia 27 tahun yang ditangkap. Rumor segera beredar di media sosial bahwa dia adalah seorang imigran. Kasus ini juga menjadi bagian dari obrolan kampanye presiden daring.

Namun, insiden di Canton ini sama sekali tidak terkait dengan klaim palsu yang beredar tentang imigran Haiti di Springfield. Menurut laporan, Ferrell bukanlah imigran Haiti, tetapi warga negara Amerika. Dia lahir di Ohio dan lulus dari Sekolah Menengah Atas Canton McKinley pada tahun 2015. Dia didakwa dengan larangan terkait hewan peliharaan, kekejaman terhadap hewan, dan perilaku tidak tertib.

Foto seorang pria kulit hitam yang sedang memegang angsa juga telah disalahgunakan di media sosial untuk secara keliru mengklaim bahwa imigran Haiti sedang memakan angsa di Springfield. Namun, pria yang mengambil foto tersebut telah maju untuk meluruskan fakta.

Dia mengonfirmasi bahwa dia mengambil foto tersebut pada tanggal 28 Juli di Columbus dan mengunggahnya di Reddit karena pemandangan itu tidak biasa. CBS News telah memverifikasi lokasi foto tersebut dan mengonfirmasi bahwa foto tersebut tidak terkait dengan klaim palsu tentang imigran Haiti di Springfield.

Baca Juga: Sumber Kekayaan Dewi Perssik, Diduga Sindir Rizky Billar dengan Panggilan Kucing Kalibata

Selain Trump dan Vance, pengusaha miliarder Elon Musk juga telah membagikan meme yang merujuk pada klaim palsu tentang imigran Haiti di Springfield. Namun, Kepolisian Canton membantah klaim tersebut dan mengatakan kepada BBC, "Kami sama sekali tidak menangani pengaduan tentang imigran Haiti."

Kota Springfield juga mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa "tidak ada laporan yang dapat dipercaya" tentang hewan peliharaan yang disakiti oleh komunitas Haiti.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa, seorang juru bicara kepolisian Springfield mengatakan, "Menanggapi rumor baru-baru ini yang menuduh adanya aktivitas kriminal oleh populasi imigran di kota kami, kami ingin mengklarifikasi bahwa tidak ada laporan yang dapat dipercaya atau klaim khusus tentang hewan peliharaan yang disakiti, dilukai, atau disiksa oleh individu dalam komunitas imigran."

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #donald #trump #tuduh #imigran #haiti #culik #kucing #untuk #dimakan #ternyata #warga #negara

KOMENTAR