Ironi Startup Kesehatan Mental: Karyawan Dipecat Setelah Curhat Lingkungan Kerja Toxic di Reddit
Ilustrasi bos yang sedang memarahi karyawannya (Unsplash.com)
19:24
12 September 2024

Ironi Startup Kesehatan Mental: Karyawan Dipecat Setelah Curhat Lingkungan Kerja Toxic di Reddit

Reddit telah menjadi platform populer bagi karyawan untuk berbagi perjuangan pekerjaan, pengalaman kantor, dan masalah di tempat kerja. Berbagai subreddit telah muncul sebagai komunitas tempat karyawan dapat secara anonim berbagi cerita, mencari saran, dan terhubung dengan orang lain yang menghadapi tantangan serupa. Baru-baru ini, seorang mantan karyawan dari perusahaan rintisan kesehatan mental berbagi pengalamannya di Reddit, menjelaskan bagaimana dia diberhentikan dari jabatannya.

Dalam sebuah postingan, dia mengklaim bahwa dia dipecat setelah menyukai postingan LinkedIn yang membahas tempat kerja yang 'toxic'. Dia menggambarkan lingkungan kerja yang menantang dan melaporkan kesulitan dengan manajer dan CEO-nya, menggambarkan perilaku mereka sebagai bermusuhan dan beracun.

Karyawan tersebut menyatakan bahwa budaya kerja berdampak negatif pada kesejahteraan mentalnya, menyebabkan dia merasa kewalahan dan emosional pada saat-saat tertentu, bahkan sampai menangis di toilet kantor. Suatu hari, CEO tersebut diduga meneleponnya dan menuduhnya berbagi informasi palsu tentang perusahaan, yang menyebabkan pemecatannya.

''Manajer yang 'toxic', aturan dan dinamika yang aneh. Manajer itu benar-benar membuat hidup saya seperti neraka di tempat kerja. Dia adalah orang yang sangat bermusuhan dan selalu berpura-pura bodoh ketika CEO berbicara. CEO itu juga sangat beracun; benar-benar serigala berbulu domba. Racun itu mulai memengaruhi saya dengan sangat buruk hingga orang-orang di sekitar saya mengetahuinya. Ada kalanya saya menangis di toilet kantor. Seburuk itu. Saya dipecat karena saya menyukai postingan di LinkedIn yang membahas tentang tempat kerja yang 'toxic',"

Baca Juga: Biaya Hidup Mahal, Warga Jakarta Banyak Mengidap Gangguan Mental

"Ini adalah sesuatu yang sangat saya sukai (kesehatan mental karyawan, dll.) jadi menyukai postingan itu tampaknya tidak akan merugikan. Tidak hanya itu, postingan itu sendiri terdengar sangat sangat relevan. Hal berikutnya yang saya tahu adalah CEO saya menelepon saya dan memecat saya dengan mengatakan dia tidak dapat bekerja dengan saya karena tampaknya saya menyebarkan hal-hal yang salah tentang perusahaan,'' tulis postingan itu.

Postingannya mendapat perhatian besar di dunia maya, yang memicu berbagai macam tanggapan dari pengguna media sosial. Banyak yang mengatakan bahwa sungguh ironis bahwa sebuah perusahaan yang berfokus pada kesehatan mental diduga melanggengkan lingkungan kerja yang beracun.

Seorang pengguna menulis, ''perusahaan rintisan kesehatan mental. Sungguh ironis bahwa perusahaan itu berkarat.'' Yang lain berkomentar, ''Saya turut prihatin, tetapi Jujur terasa seperti berkah yang terselubung. Saya bertanya-tanya apa yang akan terjadi seandainya Anda mencoba berhenti dari pekerjaan ini.''

Yang ketiga berkata, ''Mereka membuktikan bahwa mereka beracun dengan memecat Anda.''

Baca Juga: Bogor Hadirkan Rumah Sakit Khusus Tangani Kecanduan Judi Online

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #ironi #startup #kesehatan #mental #karyawan #dipecat #setelah #curhat #lingkungan #kerja #toxic #reddit

KOMENTAR