Ron DeSantis Mundur dari Pilpres AS 2024, Beralih Dukung Trump
Gubernur Florida Ron DeSantis (kiri) menggelar rapat penanganan Covid-19 dan badai bersama dengan mantan Presiden AS Donald Trump di Belleair, tahun 2020.(AFP via GETTY IMAGES/SAUL LOEB)
11:48
22 Januari 2024

Ron DeSantis Mundur dari Pilpres AS 2024, Beralih Dukung Trump

- Gubernur Florida Ron DeSantis pada Minggu (21/1/2024) menyatakan mundur dari pemilihan presiden Amerika Serikat atau pilpres AS 2024, dan beralih mendukung Donald Trump.

Pengunduran diri DeSantis ini terjadi dua hari menjelang pemilihan primary calon presiden dari Partai Republik di New Hampshire.

Dengan demikian, tinggal tersisa mantan Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley dalam persaingan dengan Trump untuk memenangi nominasi Partai Republik.

Dikutip dari Reuters, mundurnya DeSantis terhitung mengejutkan karena dia banyak dipandang sebagai alternatif paling menjanjikan dari Partai Republik selain Trump.

Adapun Trump sedang terjerat empat tuntutan pidana, tetapi mengaku tidak bersalah di semua kasus tersebut.

Para pendukung DeSantis juga lebih cenderung beralih ke Trump dibandingkan Haley yang lebih moderat.

Di New Hampshire, sekitar dua pertiga pendukung DeSantis menyebut Trump sebagai pilihan kedua mereka, kata Andrew Smith, direktur Pusat Survei Universitas New Hampshire.

Dalam video yang diunggah di X (sebelumnya bernama Twitter), DeSantis mendukung Trump sambil menyampaikan perpisahan kepada Haley.

“Dia (Trump) saya dukung karena kita tidak bisa kembali ke barisan lama Partai Republik di masa lalu: bentuk korporatisme yang dikemas ulang diwakili oleh Nikki Haley,” kata DeSantis.

Sementara itu, Trump saat berkampanye di Rochester, New Hampshire, Minggu (21/1/2024) malam memuji DeSantis.

Meski tahun lalu Trump menyerang DeSantis habis-habisan, dia kini berharap dapat bekerja sama untuk mengalahkan petahana Presiden Joe Biden dari Partai Demokrat saat pilpres AS 2024.

Tag:  #desantis #mundur #dari #pilpres #2024 #beralih #dukung #trump

KOMENTAR