Helikopter Israel Jatuh Misterius di Rafah, Black Hawk Rontok Meski Tanpa Ditembak 2 Tewas 7 Sekarat
Helikopter UH-60 Black Hawk Milik Unit 699 Militer Israel jatuh di Gaza pada Selasa (10/9/2024) 
13:10
12 September 2024

Helikopter Israel Jatuh Misterius di Rafah, Black Hawk Rontok Meski Tanpa Ditembak 2 Tewas 7 Sekarat

Helikopter tempur Israel jatuh di Gaza. Dilaporkan banyak korban setelah helikopter Israel jatuh di Gaza pada Rabu (11/9/2024).

Investigasi awal oleh tentara Israel menyatakan bahwa kecelakaan itu 'tidak disebabkan oleh tembakan musuh'.

Dua tentara Israel tewas dan beberapa lainnya terluka dalam kecelakaan helikopter di Gaza selatan pada 11 September dini hari.

“Pada malam hari, helikopter Owl [Black Hawk] milik Angkatan Udara, sebagai bagian dari misi mengevakuasi seorang pejuang yang terluka untuk perawatan medis di sebuah rumah sakit, jatuh di wilayah Rafah saat mendarat,” kata tentara Israel dalam sebuah pernyataan.

"Tampaknya kecelakaan itu tidak disebabkan oleh tembakan musuh. Penyebab kecelakaan masih diselidiki. Tidak ada perubahan dalam aktivitas operasional Angkatan Udara," tambah pihak Angkatan Darat, mengutip penyelidikan awal.

Kedua prajurit yang tewas bertugas di Unit 669 Angkatan Udara Israel. Keluarga mereka telah diberi tahu, menurut pernyataan tersebut.

Tujuh orang lainnya terluka akibat kecelakaan itu.

Helikopter itu terbang ke kota paling selatan Gaza, Rafah, dengan membawa tim medis, setelah seorang tentara terluka parah dalam pertempuran dengan pasukan perlawanan Palestina. Helikopter itu menghantam tanah saat mendarat di perkemahan tentara di Rafah, dan mengalami kerusakan parah.

Kecelakaan itu terjadi saat Israel melanjutkan serangan brutalnya terhadap warga Palestina di Jalur Gaza .

“Pesawat pendudukan mengebom sebuah rumah milik keluarga Abu Shalouf di daerah Al-Mawasi dekat Rafah, yang menyebabkan tewasnya empat warga dan melukai 15 lainnya,” kantor berita WAFA melaporkan pada 11 September.

Sehari sebelumnya, Israel melakukan apa yang digambarkan oleh Pertahanan Sipil Gaza sebagai “salah satu pembantaian paling kejam” sejak dimulainya perang.

Setidaknya 40 warga Palestina tewas dan sedikitnya 60 orang terluka dalam serangan terhadap "zona aman" yang telah ditentukan di Al-Mawasi, Gaza selatan, tempat warga Palestina yang mengungsi di tenda-tenda perkemahan telah berulang kali menjadi sasaran Israel selama beberapa bulan terakhir.

Pertahanan Sipil mengatakan bahwa seluruh keluarga dan lebih dari selusin tenda hilang sepenuhnya setelah serangan Israel. Ditambahkannya, warga Palestina yang terpotong-potong ditemukan dari kawah setinggi sembilan meter yang terbentuk di tanah akibat serangan tersebut.

 


Helikopter IDF jatuh di Rafah, dua tentara tewas

Perwira (purnawirawan) Daniel Alloush, 37, dari Tel Aviv dan Prajurit (purnawirawan) Tom Ish-Shalom, 38, dari Ness Harim disebutkan sebagai prajurit yang tewas dalam kecelakaan tersebut.

Sebuah helikopter IDF jatuh dalam kecelakaan yang masih belum dapat dijelaskan di Rafah , menewaskan dua tentara, termasuk pilot utama, dan melukai tujuh tentara di dalamnya.

Perwira (purnawirawan) Daniel Alloush, 37, dari Tel Aviv, dan Prajurit (purnawirawan) Tom Ish-Shalom, 38, dari Ness Harim, keduanya bertugas di Unit 669, disebutkan sebagai prajurit yang tewas dalam kecelakaan tersebut.

Selain itu, seorang pilot wanita dan pria, seorang mekanik dari Skuadron 123, seorang dokter, dan seorang prajurit tempur cadangan yang bertugas di Unit 669 mengalami luka serius. Seorang dokter tempur yang bertugas di Unit 669 dan seorang mekanik dari Skuadron 123 cadangan mengalami luka sedang.

Pilot wanita tersebut merupakan bagian dari kru yang mengevakuasi Qaid Farhan Alkadi dari Jalur Gaza.

Kecelakaan itu terjadi setelah tengah malam saat upaya menyelamatkan seorang prajurit yang terluka di lapangan dengan pasukan Unit 669.

Selanjutnya, kecelakaan terjadi saat helikopter berada dekat dengan tanah.

 

IDF akan selidiki kecelakaan tersebut

Selain itu, IDF mengatakan bahwa tidak ada pasukan musuh yang menyerang helikopter tersebut dan bahwa alasan kecelakaan akan diklarifikasi dalam penyelidikan yang sedang berlangsung.

IDF mengatakan bahwa mereka telah melakukan ratusan misi penyelamatan yang sukses di Gaza, menyelamatkan sekitar 1.700 tentara secara keseluruhan tanpa insiden hingga saat ini.

Pemimpin Persatuan Nasional MK Benny Gantz menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban melalui postingan di X/Twitter.

"Dalam perang ini, Angkatan Udara dan Korps Medis berhasil menyelamatkan nyawa ratusan prajurit dalam penyelamatan yang berani dan cepat, terkadang di tengah tembakan," tulisnya.

Ia lebih lanjut mencatat bahwa "kemampuan yang ditunjukkan oleh Unit 669 dan unit lainnya," di samping "keberanian para pejuang dan tim medis," mengurangi "waktu yang dihabiskan untuk menyelamatkan yang terluka dan membawa mereka ke rumah sakit," yang menyelamatkan banyak nyawa.

Angkatan Udara Israel di bawah komando Mayjen Tomer Bar dan Komandan Komando Selatan IDF Mayjen Yaron Finkelman tiba di lokasi kecelakaan beberapa jam kemudian.

Mayjen Tomer Bar menyatakan: "Tadi malam, saat melakukan operasi penyelamatan nyawa seorang pria yang terluka parah dari Jalur Gaza, kami secara tragis kehilangan dua orang cadangan—beberapa di antaranya adalah prajurit terbaik kami—dalam kecelakaan helikopter Black Hawk IDF dari Skuadron 123 selama fase pendaratan. Selain itu, delapan tentara terluka, beberapa di antaranya sangat serius."

"Setelah meninjau lokasi kecelakaan dan menjenguk korban luka di Soroka Medical Center, kami menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga korban dan akan terus memberikan dukungan kepada korban luka. Ini adalah kecelakaan operasional yang melibatkan helikopter yang jatuh saat misi penting untuk mengevakuasi korban luka. Di lapangan, pasukan Divisi ke-162 bertindak dengan tekad untuk menyelamatkan nyawa," tambahnya.

"Selama 11 bulan terakhir perang, Angkatan Udara telah mengevakuasi lebih dari 1.800 orang yang terluka, termasuk dari dalam Jalur Gaza".

 

 

 

 

 

SUMBER: THE CRADLE, THE JERUSALEM POST

Tag:  #helikopter #israel #jatuh #misterius #rafah #black #hawk #rontok #meski #tanpa #ditembak #tewas #sekarat

KOMENTAR