Rusia Gempur Pokrovsk, Novogrodovka Lepas dari Tangan Pasukan Ukraina
Pasukan Ukraina di Donetsk 
20:20
9 September 2024

Rusia Gempur Pokrovsk, Novogrodovka Lepas dari Tangan Pasukan Ukraina

Rusia mulai melakukan serangan besar-besarannya ke wilayah Pokrovsk, Donetsk, Ukraina timur. Kota kecil yang menjadi benteng pertahanan strategis pasukan Kiev itu dibombardir dengan bom berpemandu dari pesawat udara.

Sementara Rusia mengklaim telah mengambilalih kota Novogrodovka, kota di sebelah tenggara Pokrovsk.

Ukrinform memberitakan pada Senin (9/9/2024), dalam 24 jam terakhir pertempuran paling sengit di garis depan terjadi di Pokrovsk. Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina menginformasikan paling tidak pasukannya menangkis sebanyak 39 serangan pasukan Vladimir Putin.

"Serangan di sekitar Pokrovsk utamanya terjadi di wilayah Zelene Pole, Vozdvyzhenka, Novotroitske, Hrodivka, Novohrodivka, Selydove, Marynivka dan Mykhailivka," demikian laporan Staf Umum Ukraina dalam unggahannya di facebook.

Demikian pula di Toretsk, wilayah timur Donetsk, tentara Moskow melakukan serangan besar-besaran dengan rudal, bom berpemandu, drone dan artileri darat.

Di sektor Kramatorsk, para pejuang Ukraina menggagalkan sepuluh upaya tentara Rusia untuk menerobos garis pertahanan di wilayah Andriivka, Mayske, Chasiv Yar, Bila Hora, Predtechyne, dan Klishchiivka.

Setidaknya, Rusia dikabarkan meluncurkan sebanyak 24 serangan. Mereka memusatkan upaya mereka di wilayah Pivnichne, Zalizne, dan New York, Toretsk, dan Nelipivka. Selain itu, para penjajah menyerbu posisi Pasukan Pertahanan di dekat Druzhba.

"Selama sehari terakhir, 164 bentrokan pertempuran tercatat," kata laporan itu.

Tercatat Rusia melancarkan 73 serangan udara terhadap posisi pasukan Ukraina dan daerah berpenduduk (menyebarkan 94 bom udara berpemandu), dan melakukan 4.770 serangan penembakan, termasuk lebih dari 190 dari beberapa sistem peluncuran roket.

Serangan udara dilakukan, khususnya, di daerah Petropavlivka dan Hlushkivka di wilayah Kharkiv; Druzhba, Vodiane, Novodonetske dan Oleksandropil di wilayah Donetsk; Kamianske dan Lobkove di wilayah Zaporizhzhia dan Odradokamianka di wilayah Kherson.

Novogrodovka Jatuh

Sementara itu, TASS memberitakan bahwa pasukan Rusia berhasil mengambilalih kota Novogrodovka dari tangan pasukan Ukraina.

"Pemukiman Novogrodovka di Republik Rakyat Donetsk telah dibebaskan oleh kelompok tempur Center. Prajurit Rusia mengalahkan tenaga kerja dan peralatan brigade mekanik ke-47 Ukraina, brigade infanteri ke-144, batalion penyerang ke-49, dan brigade pertahanan teritorial ke-109 di dekat Dzerzhinsk, Shcherbinovka, Kleban-Byk, Mikhailovka, Krasnoarmeysk, Grodovka, Galitsynovka, dan Dimitrov dari Republik Rakyat Donetsk," kata kementerian Pertahanan Rusia.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #rusia #gempur #pokrovsk #novogrodovka #lepas #dari #tangan #pasukan #ukraina

KOMENTAR