Jerman hingga Rumania Dukung Ukraina, Rusia-Iran Semakin Kuat
Tank Rusia terbakar dibom pasukan Ukraina di Donetsk. Tak hanya Rusia dan Ukraina yang masih berselisih, gaung koalisi masing-masing negara juga semakin memanas 
21:20
8 September 2024

Jerman hingga Rumania Dukung Ukraina, Rusia-Iran Semakin Kuat

- Tak hanya Rusia dan Ukraina yang masih berselisih, gaung koalisi masing-masing negara juga semakin memanas.

Terbaru Jerman melalui Menteri Luar Negeri-nya Annalena Baerbock mengkritik Partai Sosial Demokrat di negara bagian federal Brandenburg pada 7 September, karena melemahkan bantuan militer ke Ukraina, Welt melaporkan.

Diplomat itu menyampaikan pernyataan tersebut selama pertemuan cabang lokal partainya di Brandenburg.

Menurut laporan tersebut, Baerbock mengarahkan kritiknya kepada Menteri Presiden Brandenburg Dietmar Woidke, yang mengepalai cabang SPD di negara bagian Jerman timur tersebut.

Ia juga menyatakan kekecewaannya, dengan menyatakan bahwa ia sebelumnya percaya pada jaminan Woidke bahwa dukungan untuk Ukraina akan tetap teguh.

"Tiba-tiba, saya mendengar pertanyaan skeptis: Apakah SPD, yang menjadi asal muasal kanselir, benar-benar menanggapi pertanyaan tentang dukungan militer dengan jawaban yang ambigu dan netral?" kata Baerbock.

Pejabat itu juga mengkritik partai Alternatif untuk Jerman (AfD) karena mendukung kebijakan Rusia dan diktator Vladimir Putin alih-alih membantu Ukraina.

Bantuan militer Jerman untuk Ukraina

Proposal anggaran terbaru untuk tahun 2025 tidak mencakup peningkatan bantuan militer ke Ukraina, surat kabar Jerman Frankfurter Allgemeine Sonntagszeitung melaporkan pada 17 Agustus, seperti diberitakan The New Voice of Ukraine.

Menurut surat kabar tersebut, permintaan baru dari Kementerian Pertahanan Jerman tidak akan lagi disetujui karena pembatasan ketat yang diberlakukan oleh Kanselir Olaf Scholz dan Kementerian Keuangan.

Pada hari yang sama, juru bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina Heorhiy Tykhyi menyatakan bahwa klaim tentang pemerintah Jerman yang diduga menghentikan bantuan militer ke Ukraina tidak benar dan manipulatif.

Ia menambahkan bahwa tingkat dukungan dari Berlin ke Kyiv untuk tahun 2025 baru akan diketahui setelah anggaran disetujui, yang diharapkan tidak lebih awal dari November tahun ini.

Menanggapi pertanyaan dari publik, Kementerian Keuangan Jerman menyatakan bahwa bantuan bilateral ke Ukraina sebagian akan ditransfer ke program internasional di masa mendatang.

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengumumkan pada 28 Agustus bahwa Berlin akan terus memberikan bantuan militer kepada Ukraina baik dari anggarannya sendiri maupun melalui kerja sama dengan negara-negara G7. Rancangan anggaran untuk tahun 2025 mencakup €4 miliar ($4,4 miliar) untuk dukungan militer bilateral kepada Ukraina, kata pejabat tersebut.

Rumania Protes

Diberitakan Pravda, Kementerian Luar Negeri Rumania telah memprotes pelanggaran wilayah udara negaranya oleh pesawat tak berawak Rusia pada Minggu malam, 8 September.

"Kementerian Luar Negeri mendesak penghentian serangan berulang terhadap penduduk Ukraina dan infrastruktur sipil, serta eskalasi situasi keamanan yang tidak bertanggung jawab oleh Federasi Rusia, khususnya di perbatasan antara Rumania dan Ukraina," tambahnya.

Kementerian Luar Negeri Rumania mencatat bahwa pihaknya telah memberi tahu sekutu-sekutunya dan struktur NATO mengenai insiden tersebut dan terus melakukan kontak dengan mereka.

Kementerian Pertahanan Rumania sebelumnya telah mengonfirmasi bahwa mereka telah mengerahkan jet tempur F-16 karena pelanggaran wilayah udara dan juga sedang mencari puing-puing pesawat tak berawak yang mungkin jatuh di wilayah negara itu.

Pada malam hari, penduduk daerah perbatasan Rumania juga menerima peringatan adanya ancaman udara.

Rusia-Iran Semakin Kuat

Sky News mengabarkan, Sekutu Barat mungkin akan membalas dengan sanksi jika Iran telah menyediakan senjata balistik kepada Rusia - dan hal itu juga dapat meyakinkan mereka untuk melonggarkan pembatasan yang mencegah Ukraina menggunakan rudal jarak jauh di dalam wilayah Rusia.

Kepala CIA telah memperingatkan bahwa setiap langkah Iran untuk memasok Rusia dengan rudal balistik untuk perangnya di Ukraina akan menjadi "eskalasi dramatis" - tetapi sumber Ukraina mengatakan hal ini telah terjadi.

Ini adalah bagian dari pola kerja sama yang semakin erat antara Moskow dan Teheran, yang telah menyaksikan rezim Iran mentransfer sejumlah besar pesawat tak berawak pembunuh, amunisi, dan peluru artileri dengan imbalan uang tunai dan bantuan dari Rusia untuk meningkatkan teknologi militer dan kemampuan manufakturnya sendiri.

Ini termasuk dugaan pemberian senjata Barat yang disita oleh Kremlin kepada Iran, seperti rudal antitank N-LAW.

"Ini adalah jalan dua arah," kata Bill Burns, direktur CIA , dalam penampilan publik pertamanya bersama mitranya dari Inggris , Sir Richard Moore, di sebuah acara di London pada akhir pekan.

"Rusia mampu melakukan sejumlah hal untuk membantu rudal balistik Iran - agar lebih berbahaya jika digunakan terhadap teman dan mitra kami di Timur Tengah."

Pejabat Barat telah lama memperingatkan tentang potensi Iran untuk mulai memasok rudal balistik ke Rusia.

Grant Shapps, saat menjabat menteri pertahanan, memberi isyarat dalam wawancaranya dengan House Magazine pada bulan Maret, bahwa transfer telah terjadi setelah kantor berita Reuters melaporkan bahwa sekitar 400 amunisi tersebut telah ditransfer.

Kemudian pada hari Sabtu, beberapa organisasi berita - termasuk Sky News, mengutip sumber Ukraina - melaporkan bahwa Iran telah memasok Rusia lebih dari 200 rudal balistik jarak pendek Fatah-360.

Iran belum berkomentar dan sebelumnya telah membantah tuduhan tersebut.

Rezim tersebut sebelumnya menahan diri untuk menawarkan persediaan besar rudal berpemandu presisi, di tengah ancaman sanksi Barat lebih lanjut dan isolasi internasional.

Namun, perhitungannya tampaknya telah berubah setelah berakhirnya sanksi Dewan Keamanan PBB pada Oktober lalu yang dirancang untuk mengekang program rudal balistik Iran sebagai bagian dari perjanjian nuklir utama tahun 2015 dengan negara-negara besar dunia yang telah dibatalkan sejak saat itu.

Sir Richard Moore, kepala MI6 , berbicara bersama Tn. Burns, mengisyaratkan jika Iran telah mulai memasok rudal balistik ke Rusia maka mustahil untuk menyembunyikannya setelah digunakan.

"Jika sesuatu terjadi di medan perang, hal itu akan menjadi sangat jelas, sangat cepat," katanya.

"Serangan itu meledak, menewaskan warga sipil Ukraina, menghancurkan infrastruktur mereka dan... Anda harus mengingatkan diri sendiri bahwa inilah yang dipilih Iran. Iran memilih untuk membantu Rusia melakukan hal-hal semacam ini."

Bukan hanya Iran, Korea Utara juga telah menambah persediaan rudal dan amunisi Rusia yang semakin menipis untuk digunakan di Ukraina .

China adalah sekutu lainnya - dengan kekuatan untuk memberikan dukungan yang berpotensi mengubah permainan.

(Tribunnews.com/Chrysnha)

Editor: Febri Prasetyo

Tag:  #jerman #hingga #rumania #dukung #ukraina #rusia #iran #semakin #kuat

KOMENTAR