Ukraina Tak Punya Duit untuk Produksi Senjata, Utang Pemerintah Menggunung
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan, negaranya saat ini tidak memiliki uang untuk memproduksi senjatanya sendiri setelah didera perang terus-menerus melawan Rusia. 
12:30
28 Agustus 2024

Ukraina Tak Punya Duit untuk Produksi Senjata, Utang Pemerintah Menggunung

- Perang terus-menerus melawan Rusia dengan eskalasi perang yang makin meningkat membuat perekonomian Ukraina morat-marit. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan, negaranya saat ini tidak memiliki uang untuk memproduksi senjatanya sendiri.

Dia juga mengkritik lambatnya aliran bantuan dari negara-negara Barat yang selama ini sangat diharapkan segera dikirim ke negaranya.

“Menurut pendapat saya, ada titik penting di mana kita sudah mulai bergerak maju – produksi dalam negeri. Drone, artileri, maksud saya sistem dan amunisi secara terpisah, rudal."

"Sebuah program yang mahal dan kita perlu menginvestasikan uang untuk hal ini. Ada tidak ada uang dalam anggaran kami hingga saat ini,” kata Zelensky pada sebuah acara konferensi pers hari Selasa, 27 Agustus 2024.

Volodymyr Zelenskiy juga menyampaikan keinginannya meningkatkan pasokan bantuan militer Barat, serta mempercepat alirannya ke Ukraina.

“Misalnya, pemungutan suara di Kongres dan perjanjian. Mereka punya cukup uang untuk menyampaikan paket-paket ini, tapi [prosesnya] melambat,” tambah Zelenskiy.

Negara-negara Barat telah meningkatkan bantuan militer dan keuangan mereka ke Ukraina sejak dimulainya operasi militer Rusia pada tahun 2022. Kremlin telah memperingatkan agar negara-negara Barat tidak melanjutkan pengiriman senjata ke Kiev, dengan mengatakan hal ini akan menyebabkan eskalasi konflik lebih lanjut.

Sejak Ukraina menjadi negara merdeka pada tahun 1991, utang publik negara tersebut terus bertambah.

Menurut Kementerian Keuangan, utang luar negeri Ukraina kini berjumlah 103,79 miliar dolar AS, sedangkan utang dalam negeri berjumlah 40,52 miliar dolar AS . Total utang publik telah mencapai 152,16 miliar dolar AS.

Utang Ukraina Tembus 88,4 Persen dari PDB

Ukraina baru-baru ini menerima hibah senilai 3,9 miliar dolar AS dari Amerika Serikat melalui Bank Dunia untuk pengeluaran sosial yang tidak dapat ditanggung oleh negara tersebut sendiri.

Hal ini menunjukkan situasi keuangan yang buruk di negara tersebut, terutama dalam hal tingkat utang. Menurut data IMF dan laporan anggaran Kementerian Keuangan Ukraina, utang negara Ukraina berjumlah 152,2 miliar dolar AS pada bulan Juli, suatu rekor 88,4 persen dari PDB.

Peningkatan terbesar terjadi pada utang luar negeri Ukraina, yang meningkat sebesar 59,5 miliar dolar AS hingga mencapai 103,7 miliar dolar.

Dengan mempertimbangkan jumlah utang luar negeri dan jumlah penduduk Ukraina saat ini yang berjumlah 38 juta jiwa, setiap warga negara Ukraina kini berhutang sekitar 2.728 dolar AS ke negara asing.

Demikian pula, utang dalam negeri naik 14,4 miliar dolar AS menjadi 40,5 miliar dolar AS.

Di bawah pemerintahan Zelensky, utang negara meningkat sebesar 74 miliar dolar AS, sedikit lebih rendah dibandingkan utang yang ditanggung oleh lima presiden Ukraina sebelumnya.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy__OKS Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy. Perang terus-menerus melawan Rusia dengan eskalasi perang yang makin meningkat membuat perekonomian Ukraina morat-marit.

Pekan lalu, lembaga pemeringkat internasional S&P menurunkan peringkat kredit mata uang asing jangka panjang dan pendek Ukraina menjadi SD/SD (Selective Default) – setelah negara tersebut gagal melakukan pembayaran obligasi.

Hal ini terjadi setelah penurunan peringkat Ukraina yang serupa dilakukan oleh lembaga pemeringkat kredit AS, Fitch.

Utang Ukraina telah meningkat sejak tahun 1990an ketika negara tersebut diperintah oleh Leonid Kravchuk dan Leonid Kuchma. Menurut data Kementerian Keuangan, utang publik Ukraina meningkat sebesar $15,7 miliar pada tahun 2005 saja.

Setelah kudeta Maidan yang pertama, utang melonjak pada masa pemerintahan Presiden Viktor Yuschenko, yang menyebabkan jatuhnya popularitasnya dan kekalahannya dalam pemilihan presiden tahun 2010.

Berikutnya, Presiden Viktor Yanukovych, yang mengalahkan Yuschenko dan Perdana Menterinya Yulia Tymoshenko pada tahun 2010 di pemilu yang diakui secara internasional, mengurangi utang menjadi 39,9 persen dari PDB.

Utang tersebut stabil di bawah penguasa pertama pasca-Maidan, Petro Poroshenko.

Selama masa jabatan Volodymyr Zelensky, utang negara Ukraina telah tumbuh sebesar $73,8 miliar, hampir dua kali lipat beban yang diwarisi Zelensky dari Poroshenko pada tahun 2019.

Sumber: Sputnik Globe

Tag:  #ukraina #punya #duit #untuk #produksi #senjata #utang #pemerintah #menggunung

KOMENTAR