Noa Argamani Kecam Media Israel, Hamas Tidak Melukai Dirinya, Dia Terluka karena Serangan Udara IDF
Tahanan Israel Noa Argamani. Tidak seperti tahanan Palestina di penjara Israel yang mendapat siksaan dengan sel yang terisolasi, Noa juga mengaku tidur di kamar keluarga Palestina tempat dia ditampung selama berstatus sebagai sandera. 
23:20
23 Agustus 2024

Noa Argamani Kecam Media Israel, Hamas Tidak Melukai Dirinya, Dia Terluka karena Serangan Udara IDF

Pengakuan jujur diungkapkan oleh Noa Argamani, wanita yang pernah menjadi sandera Israel oleh pejuang Hamas dari Brigade Al Qassam.

Dia mengecam media Israel yang menurutnya terlalu berlebihan kalau mengatakan dia terluka karena dipukul Hamas. Melainkan karena dinding yang roboh karena serangan udara Israel ke Gaza.

Noa Argamani kecam media Israel: 'Hamas tidak melukai saya, tapi serangan udara yang melakukannya'

Gadis poster tawanan Israel di Gaza, yang dibebaskan melalui operasi yang menewaskan ratusan warga sipil, baru-baru ini diarak keliling Kongres selama kunjungan Netanyahu ke Washington.

Noa Argamani, tawanan Israel yang dibebaskan melalui operasi militer yang menewaskan ratusan warga sipil Palestina, mengecam media karena salah melaporkan komentar yang dibuatnya tentang waktunya di penangkaran.

"Saya tidak bisa mengabaikan apa yang terjadi di media dalam 24 jam terakhir. Segala sesuatunya diambil di luar konteks," kata Argamani dalam sebuah cerita Instagram yang diunggah di akunnya pada 23 Agustus.

“Saya tidak dipukuli dan rambut saya tidak dipotong. Saya berada di sebuah gedung yang dibom oleh Angkatan Udara (Israel). Kutipan persisnya adalah:

'Akhir pekan lalu, setelah penembakan, seperti yang saya katakan, saya mengalami luka di seluruh kepala dan cedera di sekujur tubuh.' Saya tegaskan bahwa saya tidak dipukuli, tetapi cedera di sekujur tubuh akibat runtuhnya sebuah gedung yang menimpa saya,” tambah Argamani.

Ia melanjutkan dengan mengatakan bahwa sebagai “korban 7 Oktober, saya tidak akan membiarkan diri saya menjadi korban lagi.”

Media Israel secara keliru mengutip pernyataan mantan tawanan Israel tersebut yang mengatakan bahwa Hamas memukulinya di sekujur tubuh dan memotong rambutnya saat ia ditawan selama pertemuan dengan perwakilan kedutaan G7 di Tokyo.

Sebelum diperbarui, sebuah artikel di Jerusalem Post yang menggambarkan pengalaman Argamani di penangkaran diterbitkan dengan judul: “Hamas memukuli saya di sekujur tubuh saya.”

Pada awal Juni, Israel melancarkan operasi penyelamatan di kamp pengungsi Nuseirat di Gaza bagian tengah untuk menyelamatkan Argamani dan tiga tawanan lainnya. Hampir 300 warga Palestina dibantai dalam proses tersebut.

Argamani secara khusus diarak oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu selama pidatonya di Kongres AS pada bulan Juli.

Kesaksiannya pada hari Jumat menggemakan kesaksian tawanan Israel lainnya yang, sejak dibebaskan, menggambarkan pengalaman mereka dengan Hamas sebagai sesuatu yang tidak terlalu menakutkan dibandingkan serangan udara Israel yang terus-menerus menghujani di atas kepala.

"Kami berada di dalam terowongan, takut bukan Hamas, tetapi Israel, yang akan membunuh kami, dan kemudian mereka akan berkata Hamas yang membunuh Anda," kata seorang tawanan yang dibebaskan selama pertemuan yang menegangkan dengan Netanyahu pada bulan Desember.

Pasukan Israel telah membunuh banyak tawanan mereka yang ditahan oleh perlawanan Palestina di Jalur Gaza, baik melalui serangan udara maupun operasi darat.

Jenazah enam tawanan Israel dikembalikan ke Israel minggu ini setelah operasi militer yang dilakukan semalam.

Menurut situs berita Ibrani Ynet, para tawanan tersebut telah meninggal beberapa bulan yang lalu, karena kehabisan napas setelah serangan udara Israel di dekatnya membanjiri terowongan tempat mereka berada dengan gas beracun.

Postingan Argamani di media sosial muncul kurang dari dua minggu setelah Brigade Qassam Hamas mengumumkan pembunuhan tidak disengaja terhadap seorang tawanan Israel.

"Setelah menyelidiki pembunuhan tawanan musuh oleh pengawalnya, menjadi jelas bahwa prajurit yang bertanggung jawab atas pengawal tersebut bertindak dengan cara yang penuh dendam, bertentangan dengan instruksi, setelah menerima berita tentang syahidnya kedua anaknya dalam salah satu pembantaian yang dilakukan musuh," kata juru bicara Brigade Qassam Abu Obeida dalam sebuah pernyataan pada tanggal 15 Agustus.

"Kami tegaskan, kejadian tersebut tidak mencerminkan etika dan ajaran agama kami dalam menangani tawanan, dan kami akan memperketat instruksi setelah kejadian tersebut terulang kembali dalam dua kasus sejauh ini," imbuhnya.

“Kami menganggap musuh sepenuhnya bertanggung jawab atas semua penderitaan dan bahaya yang dialami tawanannya akibat pelanggaran terhadap semua aturan perlakuan manusiawi dan kemanusiaan serta praktik genosida brutal terhadap rakyat kami.”


Noa Argamani, Mantan Sandera Israel Bantah Dipukul Pejuang Al Qassam, Dia Akui Terluka Karena Ini

Mantan tahanan Israel Noa Argamani mengatakan bahwa media Israel mengambil pernyataannya di luar konteks, dan menyangkal bahwa dia telah dipukuli oleh anggota Brigade Izz al-Din al-Qassam.

Argamani menambahkan, anggota Al-Qassam tidak memukulinya saat dia ditawan, melainkan dia terluka karena tembok runtuh akibat serangan Israel tubuhnya karena penggerebekan itu.

Dia berkata, “Saya adalah korban operasi 7 Oktober dan saya tidak bisa menjadi korban lagi dari media Israel,” katanya.

Juni lalu, tentara pendudukan mengumumkan pemulihan Argamani bersama dengan 3 tahanan Israel setelah operasi militer di kamp Nuseirat di Jalur Gaza tengah, yang mengakibatkan kematian dan cederanya ratusan warga sipil Palestina.


Noa Argamani mengungkapkan kesaksiannya.

"Merupakan keajaiban saya masih hidup," kata Noa Argamani dalam kesaksian pertamanya tentang penahanannya.

Ia bertemu dengan Menteri Luar Negeri Jepang Yoko Kamikawa pada hari Kamis dan berbicara tentang kengerian yang dialaminya.

Berbicara tentang pengalamannya ditawan Hamas untuk pertama kalinya sejak diselamatkan, Noa Argamani mengatakan merupakan "keajaiban" bahwa dia masih hidup.

Setelah dia disandera pada tanggal 7 Oktober, dia mengatakan dia mengalami luka di seluruh kepalanya dan seluruh tubuhnya.

“Setiap malam, saya tertidur dan berpikir, ini mungkin malam terakhir hidup saya,” katanya dalam bahasa Inggris pada pertemuan di Tokyo. “Sampai saat saya [diselamatkan]… saya tidak percaya bahwa saya masih bisa bertahan hidup.”

Ia bertemu dengan Menteri Luar Negeri Jepang Yoko Kamikawa pada hari Kamis dan berbicara tentang kengerian yang dialaminya.

"Dan pada saat ini, saat saya masih duduk bersama Anda, sungguh sebuah keajaiban bahwa saya ada di sini. Sungguh sebuah keajaiban karena saya selamat pada 7 Oktober, dan saya selamat dari pengeboman ini, dan saya juga selamat dari penyelamatan," kata Argamani tentang pembebasan yang rumit itu.

Dia menambahkan, “Avinatan, pacarku, masih di sana, dan kita harus membawa mereka kembali sebelum terlambat.”

Meskipun media melaporkan bahwa ia dipukuli oleh Hamas, Argamani melalui media sosial pada hari Jumat mengatakan bahwa kata-katanya telah diambil di luar konteks.
Ia mengatakan bahwa ia tidak dipukuli oleh Brigade Al Qassam, dan rambutnya tidak dipotong.

"Saya katakan, kepala saya terluka dan sekujur tubuh saya terluka." Argamani menegaskan bahwa luka-lukanya berasal dari runtuhnya sebuah gedung setelah dibom oleh IAF.

"Sebagai korban 7 Oktober, saya tidak akan membiarkan diri saya menjadi korban media lagi," katanya.


Penahanan Noa Argamani

Argamani disandera selama serangan Hamas terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober dan diselamatkan pada tanggal 8 Juni.

Pertemuan tersebut, yang juga dihadiri oleh ayah Noa, Yacov Argamani, dan Duta Besar Israel untuk Jepang Gilad Cohen, berfokus pada Noa yang menceritakan pengalamannya sebagai seorang sandera.

Noa meminta bantuan Jepang untuk mengamankan pembebasan lebih dari 100 sandera yang masih ditawan oleh Hamas.

Kamikawa mengungkapkan kelegaannya atas reuni Noa dengan keluarganya dan menekankan komitmen Jepang terhadap upaya diplomatik untuk gencatan senjata dan penyelesaian situasi Gaza.

Jepang belum bertemu dengan satu pun korban Palestina dari pemboman Israel di Gaza.

Pada tanggal 8 Juni, IDF mengumumkan bahwa mereka telah berhasil menyelamatkan Argamani selama operasi di jantung Nuseirat.

Argamani yang berusia 26 tahun diselamatkan bersama tiga sandera lainnya: Almog Meir (21), Andrey Kozlov (27), dan Shlomi Ziv (40). Ajaibnya, penyelamatan Argamani terjadi pada hari yang sama dengan hari ulang tahun ayahnya.

Ibunya, Liora Argamani, didiagnosis menderita kanker stadium 4 dan telah vokal di media tentang keinginannya untuk bertemu putrinya lagi sebelum ajal menjemputnya.
Meninggalnya Liora diumumkan oleh Tel Aviv Sourasky Medical Center pada tanggal 2 Juli.

“Ibu saya adalah sahabat terbaik yang pernah ada, orang yang paling cantik dan kuat yang pernah saya kenal dalam hidup saya,” Noa memberikan penghormatan di pemakamannya.

“Saya berdiri di sini hari ini dan masih sulit mencernanya. Melawan segala rintangan, saya merasa beruntung bisa bersama Anda di saat-saat terakhir dan mendengar kata-kata terakhir Anda.”


Ibu Noa Berasal dari China

Dalam upaya untuk mengamankan kepulangannya, Netanyahu meminta dukungan China pada bulan Desember karena ibu Noa berasal dari China.

“Operasi IDF yang membebaskan dan membawa pulang Noa Argamani, Shlomi Ziv, Andrey Kozlov, dan Almog Meir Jan adalah kemenangan ajaib. Sekarang, dengan kegembiraan yang membanjiri Israel, pemerintah Israel harus mengingat komitmennya untuk membawa kembali semua 120 sandera yang masih ditahan oleh Hamas – yang hidup untuk direhabilitasi, yang dibunuh untuk dimakamkan,” kata Forum Keluarga Sandera.

“Kami terus menyerukan kepada masyarakat internasional untuk memberikan tekanan yang diperlukan pada Hamas agar menerima kesepakatan yang diusulkan dan membebaskan 120 sandera lainnya yang ditawan; setiap hari ada hari yang terlalu lama.”

SUMBER: THE CRADLE, KHABERNI, JERUSALEM POST

Tag:  #argamani #kecam #media #israel #hamas #tidak #melukai #dirinya #terluka #karena #serangan #udara

KOMENTAR