Diusir dari Wawancara Kerja karena Pakai Celana Pendek, Aksi Wanita Ini Tuai Perdebatan Netizen
Ilustrasi interview (Freepik/Yanalya)
15:36
21 Agustus 2024

Diusir dari Wawancara Kerja karena Pakai Celana Pendek, Aksi Wanita Ini Tuai Perdebatan Netizen

Seorang wanita mengaku dipulangkan dari wawancara kerja karena mengenakan celana pendek, yang dianggap tidak profesional oleh perekrut. Namun, pencari kerja bernama Tyreshia itu membela pilihan pakaiannya.

Dalam video TikTok, Tyreshia bersikeras bahwa dia tidak melakukan kesalahan apa pun dengan mengenakan celana pendek hitam saat wawancara dan memberikan gambaran lengkap tentang pakaiannya, dengan menyatakan bahwa dia diberi kode berpakaian.

"Perekrut menolakku karena ini!" tulisnya di hamparan teks, menunjukkan pakaian yang menyebabkan dia dipulangkan. Meskipun dia diberi pilihan untuk berubah dan kembali, Tyreshia pada prinsipnya menolak.

“Jadi, saya baru mendapat dress code saat wawancara,” jelasnya dalam video tersebut. "Mereka memutuskan untuk menjadwal ulang wawancaranya besok. Tapi sebelum itu, wanita itu bertanya apakah saya ingin berganti pakaian dan kembali lagi. Saya bilang tidak."

Baca Juga: Berat Badan Turun Drastis, Prilly Latuconsina Kini Pakai Celana Ukuran Anak 10 Tahun

Videonya dengan cepat menjadi viral di TikTok dan X (sebelumnya Twitter), mengumpulkan 34 juta penayangan.

Konsensus mengenai X adalah bahwa pakaiannya tidak pantas untuk wawancara kerja, meskipun beberapa orang menyuarakan dukungan mereka.

"Sesuai di kantor dan sesuai wawancara itu berbeda. Dia baru saja mempelajari pelajaran itu," tulis salah satu pengguna X. “Jangan memakai celana pendek untuk mewawancarai orang. Apa yang kita lakukan?” kata yang lain.

"Jika dia datang ke wawancara dengan saya dengan mengenakan celana pendek, tidak akan ada penjadwalan ulang," komentar seorang pengguna X. "Saya lebih khawatir tentang mengapa dia menganggap ini baik-baik saja, sampai-sampai saya membuat video tentang hal itu," kata seorang pengguna.

"Counterpoint: profesionalisme performatif adalah konsep kuno yang hanya ada untuk membuat perekrut yang haus kekuasaan merasakan sesuatu dalam keberadaan mereka yang hampa. Kecuali pakaian tersebut secara aktif menyinggung atau bersifat seksual, satu-satunya saat pakaian harus menjadi faktor adalah jika itu adalah pekerjaan yang menghadap ke depan," kata seorang pengguna X.

Baca Juga: Donald Trump Disebut Cadel dan Bicara Aneh saat Interview dengan Elon Musk: Ucapannya Tidak Jelas

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #diusir #dari #wawancara #kerja #karena #pakai #celana #pendek #aksi #wanita #tuai #perdebatan #netizen

KOMENTAR