Berapa Usia Kucing Mulai Birahi? Simak Juga Tanda-tanda Serta Lama Periode Birahi Pada Kucing
gambar kucing birahi./Freepik
07:20
11 Oktober 2024

Berapa Usia Kucing Mulai Birahi? Simak Juga Tanda-tanda Serta Lama Periode Birahi Pada Kucing

 

Sebagai cat owner tentunya menginginkan yang terbaik bagi anak bulu kesayangan. Mulai dari kesehatan hingga kesenangan sang kucing semua diperhatikan dengan seksama.

Segala hal yang berhubungan dengan kucing akan diperhatikan sebaik-baiknya oleh para pemilik kucing. Termasuk masalah reproduksi kucing.

Kucing adalah hewan mamalia yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Namun, sebagai cat owner pernakah kamu bertanya-tanya berapa usia kucing pada umumnya mulai birahi?

Kucing umumnya birahi pada usia 6-10 bulan. Pada usia ini, organ reproduksi kucing siap untuk melakukan reproduksi. Lantas, bagaimana dengan tanda-tanda kucing mulai birahi?

Menurut Purina, sebuah Perusahaan pecinta hewan peliharaan di US, Berikut tanda-tanda kucing sedang hamil:

  1. Suka mencari perhatian

Kucing yang birahi akan cenderung lebih manja dan suka mencari perhatian pemiliknya. Mungkin sifatnya dapat berubah menjadi suka menempel dan meminta untuk diusap.

 Selain itu, kucing juga akan suka mengeong untuk menarik perhatian lawan jenis.

  1. Suka berguling-guling

Selain menjadi lebih manja, kucing birahi akan suka berguling-guling di lantai.

  1. Kabur dari rumah untuk mencari lawan jenis

Kucing mungkin akan kabur dari rumah jika merasa tidak nyaman atau tidak betah. Namun kucing juga akan melakukan ini ketika sedang birahi untuk mencari pasangan di luar.

  1. Menaikkan tubuh bagian belakang

Pada kucing betina yang sedang birahi, kucing akan menaikkan bagian belakang tubuhnya sebagai bentuk bahwa ia siap dikawini oleh sang Jantan.

  1. Kucing betina melengkungkan ekor

Tanda kucing birahi yang terakhir adalah kucing yang suka melengkungkan ekornya ke atas atau ke samping. Hal ini biasa dilakukan oleh kucing betina

Masa birahi kucing akan berlangsung selama 4-5 hari. Pada hari-hari tersebut, kucing akan menunjukkan tanda-tanda birahi seperti di atas.

Jika kucingmu menunjukkan tanda-tanda sedang birahi, kamu bisa mencarikan pasangannya berupa kucing lawan jenis yang sedang birahi juga.

Tidak mengawinkan kucing yang birahi dapat beresiko bagi kesehatan fisik dan mental kucing. Maka sebaiknya, kamu mengawinkan kucingmu yang sedang birahi ya.

Jika kamu merasa sudah cukup memiliki kucing, kamu dapat melakukan steril kucing. Kamu dapat membawa kucing ke dokter hewan terdekat untuk melakukan steril.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #berapa #usia #kucing #mulai #birahi #simak #juga #tanda #tanda #serta #lama #periode #birahi #pada #kucing

KOMENTAR