Epic Mengumumkan Kembalinya Game Fortnite ke iOS, Tapi Sayang Baru untuk Pasar Eropa
Ilustrasi: Game Fortnite di perangkat iOS. (MakeRumors).
09:36
29 Januari 2024

Epic Mengumumkan Kembalinya Game Fortnite ke iOS, Tapi Sayang Baru untuk Pasar Eropa

- Buat para penggemar game Fortnite pasti sudah tidak asing dengan nama Epic Games. Nama pengembang game tersebut menjadi berita utama di kalangan gamers dengan pengumumannya bahwa Fortnite kembali ke platform iOS di Uni Eropa (UE), hampir empat tahun setelah penghapusannya.   Ini lebih dari sekedar permainan populer yang kembali populer melainkan adalah peristiwa penting dalam dunia distribusi aplikasi seluler. Mengutip IGN, perkembangan menarik ini adalah akibat langsung dari penyesuaian Apple baru-baru ini terhadap kebijakan App Store, yang dipengaruhi oleh Digital Markets Act (DMA) Uni Eropa.    Perubahan ini penting karena memungkinkan pengguna iPhone di UE mengunduh aplikasi dari sumber selain Apple App Store. Hal ini pada akhirnya menantang status quo distribusi aplikasi.  

  Epic Games memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkenalkan kembali Fortnite ke pasar yang selama ini merindukan game tersebut. Caranya, ya dengan mendistribusikannya melalui Epic Games Store.   Kemudian, Epic tidak hanya memperluas audiensnya tetapi juga mengguncang model distribusi aplikasi konvensional. Seperti sudah disinggung di atas, hal ini pada akhirnya membuat dunia games bergembira, khususnya di pasar Eropa.   Kemudian, implikasi kembalinya Fortnite melampaui batas-batas UE. Peristiwa ini mengisyaratkan masa depan dimana monopoli toko aplikasi besar dapat dipatahkan, sehingga menghasilkan pasar yang lebih bervariasi dan kompetitif.    Ini akan menjadi kemenangan bagi pengembang aplikasi dan pengguna, karena menawarkan lebih banyak pilihan dan nilai lebih baik. CEO Epic Games Tim Sweeney memiliki rencana ambisius untuk Epic Games Store, membayangkannya sebagai toko multi-platform papan atas yang menawarkan biaya kompetitif dan game eksklusif seperti Fortnite.  

    Pengenalan kembali Fortnite di iOS merupakan langkah strategis untuk mewujudkan visi ini. Meskipun berita ini merupakan kemenangan besar bagi para penggemar Fortnite di UE, hal ini membuat para gamer di wilayah lain menantikannya.    Namun, gambaran yang lebih besar menunjukkan bahwa perubahan kebijakan Apple mungkin membuka jalan bagi pasar aplikasi yang lebih terbuka secara global.   Sudah pernah diulas sebelumnya, permasalahan hukum antara Epic Games dengan Apple dimulai ketika Epic Games memasang sistem pembayarannya sendiri di permainan video, Fortnite. Hal ini dianggap melanggar aturan yang telah dibuat Apple.    Tindakan tersebut itu dinilai melanggar kebijakan Apple. Akibatnya, App Store melarang Fortnite dan Epic Games ada di platform iOS terbuka. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #epic #mengumumkan #kembalinya #game #fortnite #tapi #sayang #baru #untuk #pasar #eropa

KOMENTAR