8 Warna Urine Jadi Penanda Baik Buruknya Kesehatan
Ilustrasi urine. [Pixabay/Frolecsomepl]
09:16
15 Agustus 2024

8 Warna Urine Jadi Penanda Baik Buruknya Kesehatan

Urine dan kesehatan memiliki hubungan yang sangat penting karena urine dapat menjadi indikator kondisi kesehatan tubuh.

Warna urine dapat menjadi penanda baik buruknya kesehatan karena perubahan warna urine seringkali menunjukkan adanya masalah kesehatan dalam tubuh. Berikut adalah beberapa warna urine dan artinya:

1. Bening atau Transparan

Warna urine bening atau transparan menandakan bahwa asupan cairan dalam tubuh normal dan sudah memenuhi jumlah minimal cairan dalam tubuh. Jaga terus asupan cairanmu agar tubuh terhidrasi dengan baik.

2. Kuning Pucat

Warna urine kuning pucat masih menandakan situasi normal. Wajar saja jika urine sedikit berwarna karena urine membuang limbah dari dalam tubuh manusia yang larut dalam air.

3. Kuning Tua

Warna urine kuning tua menandakan bahwa tubuh sedang mengalami dehidrasi. Minum lebih banyak air dapat mengembalikan warna urine ke kuning muda.

4. Oranye

Warna urine oranye terjadi biasanya setelah orang mengonsumsi vitamin atau beberapa bentuk pengobatan, terutama obat yang digunakan untuk mengobati infeksi.

5. Putih Keruh

Warna putih keruh pada urine mengindikasikan adanya masalah kesehatan. Warna putih ini juga bisa terjadi akibat keluarnya nanah atau penggunaan kateter atau cairan getah bening dalam saluran kemih dalam waktu lama.

6. Merah Muda (Pink) atau Merah

Warna urine merah muda atau merah bisa disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu seperti buah bit dan jus rosella. Namun, urine berwarna merah juga bisa disebabkan oleh pendarahan internal, yang bisa menyebabkan urine berwarna merah.

7. Biru atau Hijau

Warna urine biru atau hijau mungkin bisa membuat Anda terkejut. Kondisi ini bisa terjadi akibat penyakit genetik langka yang melibatkan tingginya kadar kalsium dalam darah (hiperkalsemia).

Pewarna makanan, efek samping obat asma, antidepresan amitriptilin, obat bius propofol, dan zat warna metilen biru juga dapat menjadi pemicu perubahan warna urine menjadi biru atau hijau.

8. Cokelat Tua

Warna urine cokelat tua dan hitam kemungkinan mengindikasikan kondisi medis seperti batu ginjal atau kanker.

Dengan demikian, perubahan warna urine dapat menjadi indikator kesehatan yang penting untuk diperhatikan. Jika Anda mengalami perubahan warna urine yang tidak biasa, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Editor: Suhardiman

Tag:  #warna #urine #jadi #penanda #baik #buruknya #kesehatan

KOMENTAR