Melatih Core Muscle, Upaya Mencegah Sakit Punggung
Ilustrasi sakit punggung - Orang yang mengalami sakit punggung biasanya mengalami rasa pegal, nyeri, dan kaku. Kondisi demikian tentu saja mengganggu aktivitas dan bisa membuat frustasi.  
22:40
7 Agustus 2024

Melatih Core Muscle, Upaya Mencegah Sakit Punggung

- Orang yang mengalami sakit punggung biasanya mengalami rasa pegal, nyeri, dan kaku.

Kondisi demikian tentu saja mengganggu aktivitas dan bisa membuat frustasi. 

Untuk mencegah sakit punggung ada beberapa gerakan atau latihan core muscle seperti disampaikan oleh dr. Omar Luthfi, Sp.OT (K) Spine melalui instagramnya.

Core muscle sendiri adalah otot yang membantu menopang panggul, tulang belakang, pantat, punggung, pinggul, dan perut.

Dan otot-otot tersebut harus dilatih dengan beberapa gerakan.

"Pertama plank. Ini adalah gerakan menahan badan dengan kedua lengan dan ujung jari kaki. Dapat dimulai dengan 30 detik hingga tingkatkan menjadi tiga menit," terangnya.

Kedua, bridge. Posisikan tubuh Anda terlentang dengan kedua lutut ditekuk, kemudian angkat panggul ke atas dan tahan dalam waktu dua detik. 

"Ketiga dead bug. Posisikan tubuh Anda terlentang dengan kedua lengan dan kaki menghadap ke depan, kemudian gerakkan lengan dan kaki tersebut ke atas dan ke bawah pada sisi yang berlawanan."

Terakhir, gerakan seperti superman terbang. Posisikan tubuh Anda tengkurap dengan kedua lengan direntangkan ke atas, kemudian angkat lengan dan kaki secara bersamaan.

"Dengan memiliki core muscle yang kuat, seakan-akan anda memiliki korset alami pada punggung Anda," ucapnya mengakhiri.

Dokter Omar Luthfi merupakan salah satu pembicara dengan topik "Get Your Fits Spine" di acara Round Table Discussion (RTD).

Acara tersebut sekaligus menyertai penandatanganan kesepakatan kerjasama RS Premier Bintaro dengan komunitas Alphard Vellfire Owners Club Indonesia atau Avoci.

Perjanjian kerjasama ini merupakan langkah awal dalam rangka usaha kerjasama di bidang pelayanan kesehatan rumah sakit memanfaatkan keahlian tenaga dokter atau medis, fasilitas dan administratif yang dimiliki RSPB untuk mendukung kebutuhan pelayanan kesehatan bagi anggota Avoci.

Kerjasama ini meliputi pelayanan rawat inap, rawat jalan, layanan IGD serta Medical Check Up (MCU).

Chief Executive Officer RS Premier Bintaro, dr. Relia Sari, MARS dan dr. Wiedo Saifan Adlin, M. H. Kes selaku Ketua Avoci Chapter Jabodetabek untuk menandatangani MoU.

"Bentuk kerjasama seperti ini dinilai sangat baik terutama bila dilihat dari segi media selain memberikan manfaat pelayanan juga dapat memberikan edukasi berupa health talk yang diharapkan dapat bermafaat bagi para anggota," ucap dr. Relia Sari.

Selain dr. Omar, dokter spesialis andrology dr. Nugroho Setiawan, Sp.And juga mengisi health talk dengan topik  “How To Improve Men’s Health For Quality of Life“. 

Ada pula pemaparan terkait “Basic Life Support“ dari Dr. dr. Dwi Pantja Wibowo, Sp.An, KIC, KMN, FIPM, seorang spesialis anastesi.

"Basic Life Support ini sangat penting untuk diketahui, sehingga apabila terdapat orang di sekitar kita mengalami henti napas atau henti jantung, kita dapat melakukan pertolongan pertama berupa kompresi jantung, sebelum tenaga medis tiba," terangnya.

Editor: Eko Sutriyanto

Tag:  #melatih #core #muscle #upaya #mencegah #sakit #punggung

KOMENTAR