Mata Sehat, Hidup Semakin Cerah! Ini 5 Kebiasaan Sederhana yang Wajib Dilakukan
ilustrasi mata (freepik.com)
12:56
25 Juli 2024

Mata Sehat, Hidup Semakin Cerah! Ini 5 Kebiasaan Sederhana yang Wajib Dilakukan

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Menjaga mata agar tetap sehat sangatlah penting, karena penglihatan yang sehat akan membantu kita dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata, melansir Antara:

Membersihkan mata pada malam hari

Cuci wajah secara menyeluruh untuk menghilangkan kotoran, minyak, atau riasan yang menumpuk pada siang hari. Bersihkan area sekitar mata serta gunakan krim untuk melembapkan kulit di sekitar mata pada malam hari.

Hindari menggosok mata

Hindari menggosok mata menggunakan tangan saat bangun tidur. Pasalnya, tangan bisa saja membawa kotoran dan bakteri yang dapat menyebabkan iritasi atau infeksi pada mata. Jika mata terasa gatal atau kering, maka sebaiknya menggunakan obat tetes mata yang direkomendasikan oleh dokter mata untuk mengatasinya.

Batasi waktu layar

Cahaya biru dari layar perangkat digital dapat menimbulkan ketegangan pada mata, terutama pada pagi hari saat mata sedang beradaptasi dengan cahaya.

Jalan-jalan pagi

Menghabiskan waktu di luar ruangan pada pagi hari bermanfaat bagi kesehatan mata. Sinar matahari alami memberikan isyarat penting bagi pengaturan ritme sirkadian, yang pada gilirannya akan memengaruhi kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan mata.

Makan sarapan bergizi

Makan sarapan bergizi sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Sertakan makanan kaya antioksidan seperti beri-berian dan sayuran hijau seperti bayam dan kangkung mengandung lutein dan zeaxanthin, nutrisi yang penting untuk kesehatan mata, dalam sarapan.

Editor: Suhardiman

Tag:  #mata #sehat #hidup #semakin #cerah #kebiasaan #sederhana #yang #wajib #dilakukan

KOMENTAR