Profil dr. Helmiyadi Kuswardhana, SpOT, Sosok Dokter Humanis dari Makassar
dr. Helmiyadi Kuswardhana, M.Kes, Sp.OT
11:56
12 Juli 2024

Profil dr. Helmiyadi Kuswardhana, SpOT, Sosok Dokter Humanis dari Makassar

Dokter spesialis ortopedi dan traumatologi sekaligus konten kreator, dr. Helmiyadi Kuswardhana, SpOT, meninggal dunia pada usia 41 tahun pada Rabu (10/7/2024). Dokter kelahiran Ujung Pandang, 15 Mei 1983, ini wafat usai menjalankan tugas di RSUD Mamuju, Sulawesi Barat.

Menurut rekan sejawatnya, dr. Wachyudi Muchsin, SH, MKes, dr. Helmiyadi meninggal dunia akibat henti jantung mendadak atau sudden cardiac arrest.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun,

Allahummaghfirlahu warhamhu wa‘afihii wa‘fuanhu.

Baca Juga: Mantan Menteri BUMN Tanri Abeng Meninggal Dunia di Usia 82 Tahun

Turut berduka cita atas berpulangnya ke rahmatullah teman sejawat kami, adinda kami, dr. Helmiyadi K, SpOT, pada hari Rabu pukul 20.00 di RS Mamuju. Semoga Almarhum husnul khatimah, diterima segala amal ibadahnya, diampuni segala dosanya, dilapangkan kuburannya, diangkat derajatnya, dijadikan taman-taman surga, serta keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran. Aamiin yaa Rabbal' aalamiin," ucap dr. Wachyudi.

Beliau menjelaskan bahwa sudden cardiac arrest adalah kondisi serius di mana jantung tiba-tiba berhenti berdetak, yang dikenal juga sebagai kematian jantung mendadak. Kondisi ini sering kali merupakan komplikasi dari penyakit jantung lainnya, seperti aritmia.

Dr. Wachyudi mengaku terkejut dengan berita ini karena tiga hari sebelumnya mereka masih berkomunikasi. "Masih sempat komunikasi dengan beliau. Saya seperti tak percaya kalau beliau meninggal," ujar dr. Wachyudi. Mereka juga pernah bersama-sama menjadi relawan penanganan Covid-19 di Sulawesi Selatan.

"Almarhum banyak bekerja membantu penanganan Covid-19 di Sulsel, bekerja tanpa kenal lelah," kenang dr. Wachyudi yang juga sama-sama menjadi pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Profil dr. Helmiyadi Kuswardhana, SpOT

Baca Juga: Bisa Digunakan oleh Orang Awam, Ini Terobosan Baru dalam Pertolongan Pertama Henti Jantung

dr. Helmiyadi Kuswardhana, M.Kes, Sp.OT adalah seorang dokter spesialis ortopedi di Klinik HK Medical Center, makassar. Beliau menawarkan layanan konsultasi kesehatan tulang secara umum.

dr. Helmiyadi Kuswardhana menyelesaikan pendidikan Kedokteran Umum di Universitas Hasanuddin dan melanjutkan pendidikan spesialis ortopedi dan traumatologi di universitas yang sama. Beliau tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Ortopedi & Traumatologi Indonesia (PABOI).

Untuk diketahui, henti jantung adalah kondisi yang mengancam jiwa yang membutuhkan intervensi segera untuk menyelamatkan nyawa seseorang. Ini terjadi ketika jantung tiba-tiba berhenti berdetak atau berdetak tidak teratur, menyebabkan kurangnya aliran darah ke tubuh. 

Editor: M Nurhadi

Tag:  #profil #helmiyadi #kuswardhana #spot #sosok #dokter #humanis #dari #makassar

KOMENTAR