Prabowo Subianto Dijenguk Jokowi Usai Operasi Kaki, Berapa Lama Perlu Masa Pemulihan?
Presiden RI Joko Widodo (kiri) menjenguk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) di RSPPN Bintaro, Jakarta, selepas Prabowo menjalani operasi kaki kirinya yang lama cedera. ANTARA/HO-Tim Media Prabowo Subianto. (Antara)
21:40
1 Juli 2024

Prabowo Subianto Dijenguk Jokowi Usai Operasi Kaki, Berapa Lama Perlu Masa Pemulihan?

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tengah masa pemulihan pasca jalani operasi besar di bagian kaki kirinya. Operasi itu untuk penanganan luka cedera akibat kecelakaan yang dialaminya saat bertugas sebagai TNI pada tahun 1980-an.

Prabowo jalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Sudirman. Melalui unggahannya di Instagram, presiden terpilih 2024-2029 itu menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim dokter serta perawat yang telah memberikan pengobatan kepadanya. Tidak lupa juga Prabowo mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas doa dan dukungan moril yang diberikannya.

"Seperti sudah diketahui banyak pihak, saya pernah mengalami 2 kali kecelakaan terjun payung saat bertugas di TNI pada tahun 80an di kaki kiri saya, cedera ini selama ini masih saya rasakan," kata Prabowo melalui unggahannya dikutip pada Senin (1/7/2024).

Prabowo mengatakan jika tindakan medis yang dijalaninya tersebut mengandung risiko bahkan hingga mempertaruhkan nyawa. Setelah meyakinkan diri, Prabowo akhirnya yakin untuk jalani operasi. Ketua Umum Partai Gerindra itu memaatikan kalau kondisinya saat ini sehat. 

Baca Juga: PDN Diobok-obok Hacker, Jokowi Ngotot Perintahkan Ini ke Menko Polhukam Hadi Tjahjanto

"InsyaAllah dengan kondisi sehat walafiat ke depan saya semakin siap untuk berbakti dan mengabdi untuk Negara dan Rakyat Indonesia," ujar Prabowo.

Prabowo Subianto dijenguk Presiden Jokowi pascaoperasi (Instagram/prabowo)Prabowo Subianto dijenguk Presiden Jokowi pascaoperasi (Instagram/prabowo)

Meski begitu, Prabowo tentu perlu waktu untuk pemulihan hingga bisa aktivitas normal seperti biasa. Dikutip dari Halodoc, pemulihan setelah operasi bagian ortopedi biasanya membutuhkan waktu sekitar beberapa minggu hingga beberapa bulan. Hal itu tergantung pada jenis operasi yang dijalani dan area yang dirawat.

Lamanya masa pemulihan pasca operasi itu bisa dipengaruhi banyak faktor. Termasuk kondisi kesehatan secara keseluruhan, kondisi kesehatan pasien, dan jenis operasi. 

Mungkin butuh waktu sekitar beberapa minggu hingga beberapa bulan untuk pulih sepenuhnya. Namun, biasanya pasiem dapat pulang pada hari yang sama atau sehari setelah operasi tergantung dari skala tindakan yang dilakukan.

Proses pemulihan itu bisa berjalan dengan cepat bila pasien lakukan pola hidup sehat, tubuh yang kuat dan aktif, nutrisi yang tepat, serta sikap mental yang baik.

Baca Juga: Sempat Rasakan Sakit Luar Biasa, Begini Kondisi Prabowo Pascaoperasi

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #prabowo #subianto #dijenguk #jokowi #usai #operasi #kaki #berapa #lama #perlu #masa #pemulihan

KOMENTAR