6 Jenis Beras Terbaik Untuk Kesehatan Tubuh Berdasarkan Peringkat Ahli Diet, Beras Putih Nomor Berapa?
Jenis beras terbaik untuk kesehatan tubuh berdasarkan peringkat ahli diet (freepik)
16:21
19 Mei 2024

6 Jenis Beras Terbaik Untuk Kesehatan Tubuh Berdasarkan Peringkat Ahli Diet, Beras Putih Nomor Berapa?

 – Beras adalah makanan pokok yang ada di separuh populasi dunia yang tumbuh subur di lebih dari 100 negara. Beras dikenal mempunyai kandungan berlimpah akan karbohidrat dan berperan sebagai sumber energi utama tubuh.

Beras sendiri memiliki lebih dari 110.000 varietas yang dibudidayakan dengan kandungan dan kualitas yang unggul. Ada beberapa jenis beras yang memberikan lebih banyak nutrisi seperti lebih banyak serat, protein bahkan lebih banyak antioksidan.

Dilansir dari laman Health, Minggu (19/5), berikut urutan daftar jenis beras terbaik untuk kesehatan tubuh diantaranya:

  1. Beras merah

Beras merah dikenal karena rasa pedasnya dan aromanya yang harum. Beras ini tumbuh di Thailand, Bhutan, dan wilayah Camargue di Perancis Selatan.

Beras merah mengandung antosianin dan antioksidan lainnya yang tinggi. Bahkan ada beberapa varietas beras merah mengandung banyak zat besi dan seng. Zat besi sendiri sangat penting untuk pembentukan haemoglobin yang mengangkut oksigen dalam darah.

Sedangkan seng berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan penyembuhan luka.

  1. Beras hitam

Beras gandum utuh menawarkan warna selain beras merah yaitu beras hitam. Beras hitam dikenal dengan sebutan “beras terlarang” karena kisah sejarah tentang kelangkaannya yang menyebabkan seorang kaisar membatasi konsumsinya dan hanya menyimpannya untuk dirinya sendiri.

 

Beras hitam berasal dari Jepang dan memiliki warna hitam keunguan karena mengandung antosianin yang begitu melimpah. Selain itu, beras hitam juga mempunyai kandungan antioksidan.

Kandungan ini memiliki peranan penting untuk melindungi tubuh terhadap penyakit kardiovaskular dan kanker. Hal ini diperkuat oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa beras hitam mengungguli beras merah dan ungu dalam tingkatan antioksidan.

  1. Beras ungu

Sama seperti beras merah dan hitam, beras ungu juga mempunyai kandungan antosianin yang tinggi. Ada sebuah penelitian kecil yang mengungkapkan bahwa mengonsumsi roti yang terbuat dari beras ungu maka mengakibatkan penurunan kadar gula darah dan insulin.

 

 

  1. Beras liar

Beras liar sebenarnya bukanlah beras asli melainkan rumput semi akuatik yang berasal dari wilayah Great Lakes bagian atas yang saat ini tumbuh secara alami di sebagian besar wilayah Amerika Serikat.

Untuk membudidayakan beras ini dikenal cukup menantang dan membutuhkan biaya produksi yang lebih tinggi dibandingkan biji-biji lainnya maka sering kali dicampur dengan beras lain seperti beras merah dan beras putih.

Beras liar adalah sejenis biji-bijian dan memiliki tingkat antioksidan yang tinggi. Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kandungan antioksidan beras liar melampaui beras putih sebanyak 30 kali lipat.

 

  1. Beras putih

Beras putih adalah jenis beras yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia dan menyumbang sebagian besar produksi di AS.

Beras ini tidak kalah populer karena faktor-faktor seperti kelezatannya, umur simpan yang lebih lama dan kemudahan memasak.

  1. Beras arborio

Beras arborio memiliki bentuk yang lonjong dan tampilannya yang berwarna putih susu. Beras ini dikenal dengan kandungan amilosa yang sangat tinggi. Uniknya lagi, beras ini memiliki kandungan protein lebih tinggi daripada biji-biji lainnya.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #jenis #beras #terbaik #untuk #kesehatan #tubuh #berdasarkan #peringkat #ahli #diet #beras #putih #nomor #berapa

KOMENTAR