Wajib Tahu! Berikut 10 Makanan yang Mengandung Albumin Tinggi, Ada Daging Ayam hingga Kentang
Ikan salmon adalah salah satu makanan yang mengandung albumin tinggi (freepik)
13:04
7 Mei 2024

Wajib Tahu! Berikut 10 Makanan yang Mengandung Albumin Tinggi, Ada Daging Ayam hingga Kentang

Albumin adalah protein dalam darah yang membentuk sebagian besar plasma darah dan berperan penting dalam banyak fungsi organ tubuh.

Albumin juga dikenal sebagai protein yang dihasilkan oleh organ hati.

Protein ini berfungsi untuk menjaga cairan di pembuluh darah agar tidak bocor ke jaringan tubuh lainnya.

Tak hanya itu, albumin juga bertugas dalam membawa hormon, vitamin dan enzim ke seluruh tubuh.

Tubuh yang kekurangan albumin dikenal dengan hypoalbuminemia yang memiliki penyebab utamanya yaitu malnutrisi.

Sehingga sangat penting mengetahui makanan yang mengandung albumin tinggi terutama penderita hypoalbuminemia.

Dilansir dari laman Dokter Sehat dan Alodokter, Selasa (7/5), terdapat beberapa makanan yang mengandung albumin tinggi. Simak selengkapnya sebagai berikut.

1. Daging ayam

Daging ayam merupakan salah satu makanan berprotein tinggi yang bagus untuk meningkatkan kadar albumin dalam darah. Bahkan daging ayam dikenal makanan dengan kandungan albumin yang paling tinggi

Anda bisa memasaknya dengan dipanggang, dioven atau digoreng karena satu porsi ayam mengandung 14 hingga 28 gram protein.

2. Telur

Telur adalah salah satu sumber albumin yang baik untuk tubuh. Jika dibandingkan dengan kuningnya, putih telur justru mengandung protein lebih tinggi.

Satu butir telur mengandung 6 gram protein sedangkan putih telurnya mengandung 100 persen albumin.

3. Daging merah

Daging merah tergolong makanan tinggi albumin. Apalagi jika daging merah yang tanpa lemak mengandung tinggi zat besi, zinc, selenium, vitamin B12 dan B6.

Namun Anda perlu memperhatikan jumlah daging merah yang Anda konsumsi, karena jika terlalu banyak maka bisa menimbulkan masalah kesehatan.

4. Tahu

Makanan lain yang mengandung albumin tinggi adalah tahu. Tahu mengandung banyak sekali protein nabati. Satu porsi tahu mengandung sekitar 10 gram protein.

5. Susu

Susu dan semua makanan yang berbahan susu memiliki kandungan protein yang tinggi. Oleh sebab itu, susu sangat penting dikonsumsi setiap hari untuk menghindari tubuh kekurangan zat besi.

Beberapa produk olahan susu memiliki kandungan protein tinggi yang meningkatkan kadar albumin dalam darah meliputi yogurt dan keju.

6. Buah-buahan

Beberapa buah-buahan yang mengandung albumin tinggi seperti manggis, kurma, jambu biji merah, alpukat, pisang, jeruk keprok, markisa dan buah naga. Dalam 1 buah alpukat mengandung 3 gram protein.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga merupakan makanan dengan kandungan proteinnya yang tinggi. Salah satunya kacang kedelai.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi kacang kedelai bisa meningkatkan kadar albumin dan mengurangi peradangan dalam darah.

8. Kentang

Dalam satu kentang berukuran sedang yang dipanggang dengan kulitnya mengandung protein sebanyak 4,55 gram.

Selain protein, kentang juga mengandung vitamin C dan vitamin B6 yang berkhasiat memperbaiki kerusakan sel.

9. Brokoli

Makanan tinggi albumin yang mudah di dapat lainnya adalah brokoli. Brokoli mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh mulai dari protein, serat, vitamin C, dan vitamin K. Dalam satu tangkai brokoli mengandung protein sekitar 4,2 gram.

10. Ikan

Makanan terakhir yang memiliki kandungan albumin yang tinggi adalah ikan. Satu porsi ikan mengandung protein sekitar 15-21 gram. Ada beberapa jenis ikan yang menjadi sumber protein yang baik seperti salmon, makarel, dan ikan trout.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #wajib #tahu #berikut #makanan #yang #mengandung #albumin #tinggi #daging #ayam #hingga #kentang

KOMENTAR