Program Pendidikan Dokter Spesialis Hospital Based Resmi Diluncurkan, Peserta Tak Ditanggung Biaya
Menkes Budi Gunadi Sadikin menyampaikan pentingnya pemanfaatan bonus demografi dalam target Indonesia Emas 2045 dalam kick off Indonesia Future Network. (Istimewa)
20:23
6 Mei 2024

Program Pendidikan Dokter Spesialis Hospital Based Resmi Diluncurkan, Peserta Tak Ditanggung Biaya

- Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Berbasis Rumah Sakit Pendidikan Penyelenggara Utama (RSP-PU) atau Hospital Based resmi diluncurkan hari ini, Senin (6/5). Program itu ditujukan untuk mengatasi kurangnya dokter spesialis di Indonesia. 

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan, kendala sedikitnya dokter spesialis di Indonesia adalah karena biaya pendidikan dokter yang mahal.   Oleh karena itu, dalam PPDS Hospital Based ini, ia mengatakan bahwa peserta yang mengikutinya tidak akan dipungut biaya pendidikan.  

  "Jadi pendidikan dokter spesialis ini sama seperti pendidikan dokter spesialis di dunia, tidak usah bayar uang kuliah, tidak usah bayar uang pangkal," ujar Budi saat meluncurkan PPDS Hospital Based, Senin (6/5).   Selain itu, nantinya ia mengatakan bahwa para peserta yang sudah menjadi dokter spesialis ini akan menjadi tenaga kontrak dari rumah sakit.   "Sehingga mereka mendapatkan benefit yang normal seperti tenaga kerja lainnya," ucap Budi.  

  "Mereka akan mendapat perlindungan kesehatan, perlindungan hukum, jam kerja yang wajar, dan statusnya bukan status di bawah, bukan status pesuruh, bukan status pembantu, bukan status sebagai ksset atau sebagai untul, tapi mereka memang statusnya sama," pungkas Budi.   Sebelumnya, Presiden Joko Widodo resmi meluncurkan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Berbasis Rumah Sakit Pendidikan Penyelenggara Utama (RSP-PU) atau Hospital Based, Senin (6/5). Ia berharap dengan diluncurkannya program ini dapat mengatasi masalah kekurangan dokter spesialis di Indonesia.    "Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, pada pagi hari ini secara resmi saya luncurkan pendidikan dokter spesialis berbasis rumah sakit pendidikan sebagai penyelenggara utama," ujarnya di Rumah Sakit Harapan Kita, Senin (6/5).

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #program #pendidikan #dokter #spesialis #hospital #based #resmi #diluncurkan #peserta #ditanggung #biaya

KOMENTAR